Sukses

Nutrisi Seimbang untuk Diet Turunkan Berat Badan

Ingin mendapatkan berat badan yang ideal? Terapkan pola diet dengan asupan nutrisi yang seimbang!

Klikdokter.com, Jakarta Menjalani pola diet sehat dan seimbang merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, bila dilakukan secara berkelanjutan, pola diet yang sehat dan seimbang juga dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal.

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan pola diet yang sehat dan bergizi seimbang? Ya, ini adalah aturan untuk mengonsumsi berbagai variasi makanan dan minuman dengan proporsi serta jumlah yang tidak lebih maupun kurang.

Diet untuk berat badan ideal

Mendapatkan atau menjaga berat badan ideal bukan hanya tentang penampilan. Hal ini juga turut membuat Anda terhindar dari risiko berbagai penyakit berbahaya.

Lantas, apa yang harus dilakukan dalam menerapkan diet sehat dan seimbang?

  • Perbanyak porsi buah dan sayuran

Buah dan sayur merupakan sumber penting vitamin maupun mineral, yang sebaiknya dikonsumsi sebanyak sepertiga porsi dari menu sehari-hari. Para ahli menyarankan bahwa buah dan sayuran sebaiknya dikonsumsi tidak kurang dari lima porsi setiap hari. Selain dapat menurunkan berat badan, pola konsumsi yang demikian juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, maupun kanker.

Agar menjadi sebuah kebiasaan, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran secara bertahap. Misalnya: Saat makan pagi, Anda bisa mulai mencicil asupan buah dan sayur dengan menambahkan potongan pisang ke dalam mangkuk serealia Anda. Lalu di siang hari, Anda bisa menambahkan menu salad atau gado-gado untuk porsi sayuran.

  • Pilih karbohidrat kompleks

Karbohidrat sebaiknya dipenuhi sepertiga dari jumlah menu harian Anda. Dalam memilih menu karbohidrat, pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang tinggi serat dan memiliki indeks glikemik lebih rendah.

Misalnya, Anda bisa memilih nasi merah ketimbang nasi putih. Atau, dalam pemilihan roti, Anda juga bisa mengganti roti putih dengan roti gandum.

Dalam hal penyajian juga sebaiknya Anda perhatikan. Ketimbang memilih kentang goreng sebagai sumber karbohidrat, akan lebih baik bila Anda memilih kentang rebus.

  • Pemilihan protein

Protein dibutuhkan tubuh untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Beberapa sumber protein adalah kacang-kacangan, ikan, telur, daging ayam, dan daging merah.

Daging merah merupakan sumber protein yang baik, karena juga mengandung vitamin B, mineral, termasuk zat besi dan zinc. Selain itu, daging merah juga merupakan sumber vitamin B12 yang tinggi.

Tidak suka daging merah? Anda dapat menggantinya dengan ikan atau ayam. Namun, jika ingin mengonsumsi daging ayam, pastikan Anda memisahkan bagian kulitnya karena mengandung kadar lemak yang tinggi.

Dalam hal penyajian, tetaplah ingat untuk tidak mengolah sumber protein pilihan Anda dengan cara digoreng menggunakan banyak minyak (deep fried). Karena metode memasak yang demikian bisa meningkatkan kadar lemak jenuh dan lemak trans di dalam makanan.

  • Air putih

Ingin mendapatkan berat badan ideal? Jangan lupa minum air putih yang cukup, yakni sebanyak delapan gelas sehari. Faktanya, air putih tak hanya mampu mengembalikan cairan tubuh, tapi juga membantu menekan rasa lapar.

Usahakan untuk minum satu atau dua gelas air putih sebelum makan, agar porsi makanan yang hendak Anda konsumsi menjadi sedikit berkurang.

Mendapatkan berat badan ideal tidak bisa instan. Pola diet sehat dan bernutrisi seimbang seperti di atas wajib Anda terapkan secara berkelanjutan. Di samping itu, jangan lupa juga meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin dan teratur, ya!

(NB/ RH)

Sumber:

0 Komentar

Belum ada komentar