HomeGaya hidupDiet dan NutrisiAwas, Ini 5 Bahaya Makanan dengan Nitrogen Cair
Diet dan Nutrisi

Awas, Ini 5 Bahaya Makanan dengan Nitrogen Cair

Siti Putri Nurmayani, 09 Jan 2023

Ditinjau Oleh dr. Devia Irine Putri

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ciki ngebul memang terlihat menarik. Namun, kandungan nitrogen cair di dalamnya sangat berbahaya. Ini 5 bahaya nitrogen cair bagi kesehatan.

Awas, Ini 5 Bahaya Makanan dengan Nitrogen Cair

Sebanyak 28 anak di Tasikmalaya dan Kota Bekasi mengalami keracunan setelah mengonsumsi chiki ngebul. Beberapa anak mengalami gejala mual, muntah, dan perut begah usai menyantap jajanan yang dicampur dengan nitrogen cair tersebut.

Berdasarkan Food & Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, nitrogen cair adalah bentuk nitrogen yang mampu mempertahankan suhu sangat rendah dengan titik didih hingga -196 derajat Celsius.

Nitrogen cair mulanya digunakan untuk membekukan dan mengawetkan bahan makanan. Namun, seiring perkembangannya, bahan kimia ini juga digunakan untuk meningkatkan daya tarik makanan dan minuman ringan, termasuk chiki ngebul atau yang dikenal dengan ice smoke.

Nitrogen cair memunculkan efek asap yang terasa dingin pada makanan dan minuman. Meski unik, ada sejumlah bahaya nitrogen cair yang mengintai kesehatan. Di bawah ini bahaya makan nitrogen cair yang perlu kamu waspadai.

1. Sulit Bernapas

Menghirup terlalu banyak uap dari makanan atau minuman yang diproses dengan nitrogen cair dapat memicu sesak napas yang cukup parah. Hal ini makin berbahaya bila dialami penderita asma.

Nitrogen cair yang terhirup dapat menggusur oksigen di dalam tubuh sehingga mengakibatkan kamu kesulitan bernapas.

2. Sakit Perut

Bahaya chiki ngebul dapat menimbulkan sakit perut yang parah. Kondisi ini dilaporkan pernah dialami seorang anak laki-laki berusia 13 tahun. Penelitian mengenai kasus ini diterbitkan lewat Clinical Endoscopy.

Anak laki-laki tersebut dilaporkan mengalami sakit perut parah secara mendadak disertai dengan sesak napas. Kondisi ini terjadi setelah dia makan camilan yang mengandung nitrogen cair.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, anak itu mengalami perforasi lambung alias dinding lambungnya berlubang dengan diameter sekitar 4 cm.

3. Lambung Berlubang

Menelan nitrogen cair untuk makanan dalam jumlah besar memang bisa menyebabkan lambung mengalami perforasi alias robek. Hal ini dibenarkan oleh dr. Devia Irine Putri.

Lambung robek terjadi akibat nitrogen cair bersuhu sangat dingin memenuhi isi lambung dengan cepat. Dinding lambung pun mengalami kerusakan sehingga berlubang.

4. Luka Bakar

Nitrogen cair biasanya digunakan dokter kulit untuk membakar hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit. Hal ini disampaikan oleh dr. Reed Caldwell, seorang asisten profesor di Ronald O. Perelman Department of Emergency Medicine di NYU Langone Health, AS.

“Karena itu, jaringan kulit yang terkena nitrogen cair dapat mengalami kerusakan,” katanya.

Menurut National Capital Poison Center, luka bakar, lepuh, dan cedera radang dingin (frostbite) yang parah bisa terjadi usai kulit terkena nitrogen cair.

5. Kematian

Bahaya makan nitrogen cair juga bisa menyebabkan kematian. Hal ini mungkin terjadi ketika kamu menghirup nitrogen cair di ruang tertutup tanpa ventilasi yang baik.

Konsentrasi oksigen dalam tubuhmu bisa menjadi sangat rendah sehingga menyebabkan pusing, sesak napas, tidak sadarkan diri, hingga kematian.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Makanan Dicerna oleh Tubuh?

Perhatikan gejala yang muncul apabila kamu atau orang terdekat baru saja mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nitrogen cair. Bila mengalami sakit perut maupun mual dan muntah hebat, dr. Devia menyarankan agar segera mengunjungi rumah sakit terdekat.

Pertanyaan mengenai bahaya makanan dan minuman dengan nitrogen cair juga bisa kamu konsultasikan secara online lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan yang aman dan sehat agar terhindar dari efek samping yang merugikan.

Hindari mengonsumsi chiki ngebul dan makanan bernitrogen cair lainnya, ya!

(ADT/JKT)

Nitrogen Cairkulit terbakarKerusakan KorneaKesulitan BernapasLiquid NitrogenInfeksi Kulit

Konsultasi Dokter Terkait