Sukses

Musim Hujan Datang, Atasi Badan Lemas dengan Mengonsumsi Ini!

Meski hujan mulai tiba, jangan biarkan badan Anda lemas tak bertenaga. Konsumsilah makanan ini agar lebih bugar!

Klikdokter.com, Jakarta Ketika musim hujan tiba, biasanya kegiatan yang dilakukan sehari-hari terasa  berkurang. Selain karena tidak bisa beraktivitas di luar ruangan, kondisi yang dingin pun membuat Anda mengalami kondisi badan lemas dan tak bertenaga. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya, simak penyebabnya terlebih dahulu.

Dilansir Liputan6.com, ahli kronobiologi dari Central Queensland University, Naomi Rogers, mengatakan bahwa sinar matahari dapat memicu tubuh untuk menghentikan produksi hormon melatonin yang biasanya menyebabkan Anda mengantuk pada malam hari. Sementara itu, matahari akan jarang tampak bila cuaca mendung. Itu sebabnya orang-orang akan mengantuk dan lemas bila musim hujan tiba.

Selain karena matahari dan hormon melatonin, adanya pengaruh dari frekuensi suara hujan turut memengaruhi kondisi badan lemas yang Anda alami. Bunyi air yang jatuh ke permukaan tanah rupanya membentuk sebuah pola ritmis yang dinamakan pink noise dan mampu meningkatkan kualitas tidur.

Konsumsi ini untuk cegah badan lemas

Meski ada kaitan antara hujan dan mengantuk atau lemasnya tubuh, tetap cermatilah apakah badan lemas yang Anda alami itu benar-benar karena efek musim hujan atau faktor lain. Sebab penyebab badan lemas ada beberapa, antara lain kurangnya makanan bergizi, anemia, tekanan darah rendah, dehidrasi, gangguan elektrolit tubuh, dan adanya gangguan tiroid.

Untuk mengatasi hal itu, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter merekomendasikan kelima makanan di bawah ini agar tubuh kembali bertenaga:

1. Makanan yang mengandung zat besi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu penyebab tubuh lemas adalah anemia. Nah, untuk mengatasi gangguan tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti daging merah dan sayuran hijau.

2. Makanan yang mengandung protein

Selain zat besi, protein juga berperan penting dalam pembentukan hormon, pertumbuhan sel, serta pembentukan otot. Protein pun nyatanya diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar Anda tidak gampang sakit. Maka, konsumsilah makanan seperti tahu, tempe, daging, telur, ikan, kacang-kacangan, keju, ataupun susu.

3. Karbohidrat kompleks

Penggemar karbohidrat, jangan langsung senang dulu. Sebab, karbohidrat yang dibutuhkan saat ini adalah karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat sederhana. Makanan seperti permen, cokelat, atau minuman bersoda termasuk karbohidrat sederhana yang hanya membuat Anda mudah lapar kembali. Berbeda halnya dengan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah dan roti gandum, yang akan membuat Anda berenergi.

4. Vitamin dan mineral

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh Anda, terutama dari penyakit flu! Mengonsumsi vitamin C nyatanya juga bisa membantu  penyerapan zat besi lebih optimal. Untuk mendapatkan vitamin dan mineral dengan mudah, konsumsilah sayur dan buah secara teratur.

5. Air

Yang paling tak boleh dilewatkan ialah air. Perbanyaklah konsumsi air karena dua pertiga dari tubuh Anda terdiri atas air. Kekurangan cairan hanya akan membuat Anda makin lemas dan mudah lelah. Ingat, minumlah air setidaknya 2 liter per hari jika ingin memiliki tubuh yang selalu sehat.

Makanan dan minuman di atas sangat mudah untuk Anda jumpai. Jadi, meski musim penghujan tiba, perbanyaklah asupan makanan tersebut supaya badan tetap kuat dan aktivitas harian Anda tak akan terganggu. Selain itu, jangan lupakan sarapan karena sarapan dapat memberi Anda cadangan energi sehingga mencegah kondisi badan lemas.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar