Sukses

Bunda, Ini Cara Sterilisasi Botol Susu Anak yang Benar

Kebersihan botol susu anak perlu diperhatikan dengan baik. Agar tidak terkena penyakit, yuk, ketahui cara sterilisasi botol susu yang benar.

Demi kesehatan tubuh anak, Anda harus benar-benar memerhatikan kebersihan alat makan anak, termasuk botol susu. Ada bahaya kesehatan yang mengancam kalau sampai botol susu tidak steril. 

Mungkin banyak yang terkadang suka asal saja membersihkan botol susu. Padahal tidak seperti itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan secara telaten agar botol susu bisa dalam keadaan bersih.

1 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Botol Susu yang Benar

Berikut tips membersihkan botol susu dari dr. Devia Irine Putri yang bisa Anda ikuti: 

  1. Lepaskan Semua Bagian

"Lepas semua bagian botol susu, termasuk dot-nya," kata dr. Devia. Dengan cara ini, semua bagian botol susu bisa terjangkau dengan baik saat mencuci. Jika semua sudut bersih sempurna, maka kuman dan bakteri bisa hilang.

  1. Pakai Cairan Pembersih dan Sikat Pencuci Botol

Gunakan spons atau sikat pencuci botol dengan cairan khusus pencuci botol susu untuk membersihkan setiap bagiannya. Biasanya, sikat memiliki sifat lentur yang bisa menjangkau bagian yang sulit dibersihkan.

  1. Cuci Bersih dengan Air Mengalir

Ini juga salah satu hal yang penting. Sebaiknya tidak pakai air yang sudah disimpan sebelumnya dalam wadah (ember). Hal ini karena air berpotensi terpapar kuman dan bakteri, apalagi kalau tidak ditutup.

  1. Keringkan di Rak Pengering

Setelah dicuci, biarkan botol susu kering di rak pengering. Biarkan airnya menetes terlebih dahulu.

  1. Pakai Alat Steril

"Setelah kering, bisa disterilkan dengan alat steril yang pakai uap, UV sterilizer, atau disiram pakai air panas," jelas dr. Devia. Beberapa cara di atas dapat mendukung kebersihan botol susu dan alat makan anak lainnya.

Artikel Lainnya: Minum Susu Setiap Hari, Benarkah Bermanfaat untuk Si Kecil?

2 dari 4 halaman

Pentingnya Membersihkan Alat Makan Anak dengan Benar

Anda mau si Kecil terkena penyakit? Tentu tidak! Kebersihan alat makan anak perlu diperhatikan sangat detail. Ini karena ada risiko kesehatan yang bisa terjadi pada kesehatan anak.

Menurut paparan dr. Devia, alat makan dan botol susu yang tidak dibersihkan maka akan menyisakan kotoran di makanan.

"Kalau misalnya tidak bersih, bisa jadi sarang kuman. Misalnya ada kotoran masih menyisa di botol, terus disimpan, bisa membuat lembap, tumbuh jamur dan bakteri. Sama halnya alat makan, juga harus bersih," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Risiko Kesehatan Bila Botol Susu Kurang Bersih

Menurut dr. Devia, botol yang kotor membuat anak rentan terkena infeksi di saluran cerna. Satu-satunya cara adalah membersihkannya sampai benar-benar bersih.

"Anak-anak rentan kena infeksi di saluran cerna. Jadi, salah satu cara mencegahnya, ya, kita wajib mencuci dengan bersih semua alat makan dan botolnya," tegas dr. Devia.

Jadi, tidak bisa asal-asalan dalam kebersihan alat makan dan botol susu ya Bunda. Kalau ceroboh, anak bisa terkena bahaya penyakit.

Bila ingin konsultasi dengan dokter seputar higienitas anak, pakai fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar