Sukses

Pilihan Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung dan Begah

Perut kembung dan begah bisa diatasi dengan pilihan makanan berikut. Apa saja minuman dan makanan untuk perut kembung? Simak di sini.

Perut kembung merupakan gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja. Meski terkesan sepele, keluhan ini bisa saja mengganggu aktivitas. Bahkan, dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan perut kembung. Beberapa di antaranya, yaitu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas, sembelit atau konstipasi, efek samping obat atau suplemen, kehamilan, dan kegemukan.

Secara garis besar, perut kembung bukanlah keluhan yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Meski begitu, akan lebih baik jika keluhan ini segera diatasi. 

Salah satu cara mengatasi perut kembung yang bisa dicoba adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Apa saja makanan untuk perut kembung yang direkomendasikan? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1 dari 7 halaman

1. Jahe

Dianggap sebagai salah satu obat herbal tertua di dunia, sifat antiradang yang dimiliki jahe ternyata dapat membantu mengatasi perut kembung yang terjadi akibat produksi gas berlebih di dalam perut.

Jahe tergolong sebagai makanan untuk perut kembung dan mual karena mengandung enzim pencernaan bernama zingibain. Senyawa ini dapat membantu tubuh memecah protein.

Artikel Lainnya: Perut Kembung Disertai Nyeri Pinggang Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini!

Efek relaksasi setelah mengonsumsi jahe juga dapat menenangkan usus, mengurangi peradangan usus besar, dan membantu proses pencernaan makanan. Dengan demikian, produksi gas dalam perut bisa berkurang. 

Nikmati manfaat jahe sebagai minuman untuk perut kembung dengan meraciknya dalam secangkir teh buatan sendiri. Sangat baik untuk dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

2. Pisang

Makanan penghilang perut kembung berikutnya adalah buah pisang dengan kandungan kalium di dalamnya. 

Senyawa tersebut dapat membantu mengeluarkan sodium dan air dari dalam tubuh. Keluhan perut kembung pun dapat berkurang secara perlahan dan bertahap.

2 dari 7 halaman

3. Lemon

Tak hanya memiliki rasa asam dan segar, lemon atau jeruk nipis ternyata juga dapat membantu meredakan perut kembung dan gejala gangguan pencernaan lainnya. 

Dengan meminum jus lemon, Anda bahkan dapat menggandakan hidrasi sekaligus mendapatkan asam untuk membantu saluran pencernaan bergerak lebih cepat.

4. Alpukat

Alpukat adalah sumber potasium dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Buah dengan biji tunggal ini juga dapat bermanfaat sebagai makanan penghilang perut kembung, lho!

Anda dapat mengonsumsi alpukat dalam berbagai cara. Mulai dari dimakan langsung setelah dikupas dan dibuang bijinya, atau dijadikan sebagai jus.

3 dari 7 halaman

5. Pepaya

Pepaya digolongkan sebagai makanan untuk perut kembung berkat kandungan enzim papain di dalamnya. Senyawa tersebut dapat membantu memecah makanan, sehingga mengurangi kemungkinan produksi gas berlebihan dalam perut.

Makan pepaya secara rutin dan teratur bahkan dapat membantu menenangkan sistem pencernaan, terutama selama siklus menstruasi. 

Artikel Lainnya: Perut Kembung Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Ini

6. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran hijau yang terbukti dapat membawa manfaat sehat apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur.

 Bahkan, kandungan di dalam sayuran ini dianggap dapat mengikat air berlebih untuk nantinya dikeluarkan sehingga dapat membantu mengurangi sensasi begah dan kembung di perut.

4 dari 7 halaman

7. Tomat

Tomat tak hanya terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah berwarna merah ini juga juga mengandung kalium dosis tinggi yang dapat membantu mengatasi begah dan perut kembung.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber omega-3, yang ternyata juga memiliki kandungan oleic acid di dalamnya. 

Meski belum terbukti secara pasti, penelitian menduga bahwa konsumsi minyak zaitun porsi kecil dapat membantu mengatasi keluhan perut kembung dan begah.

 

5 dari 7 halaman

9. Roti Gandum

Roti gandum terkenal akan kandungan serat, yang dapat membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan. 

Dengan mengonsumsi roti gandum secara rutin dan teratur, Anda akan terhindar dari keluhan perut kembung dan konstipasi. 

10. Yoghurt

Yoghurt adalah susu fermentasi yang memiliki bakteri baik. Dikatakan dalam penelitian bahwa bakteri baik dalam yoghurt dapat membantu menjaga fungsi saluran pencernaan dan mengurangi penumpukan gas di dalam perut. 

Artikel Lainnya: 5 Cara Atasi Perut Kembung Jelang Haid

 

6 dari 7 halaman

11. Timun

Mentimun terdiri dari sekitar 95 persen air. Kandungan airnya yang tinggi membuat sayuran yang satu ini bagus untuk menghilangkan kembung.

Makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu memastikan Anda tetap terhidrasi sekalian memenuhi kebutuhan cairan harian.

Hal tersebut dapat mencegah retensi air dan mengurangi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi.

Itu dia beberapa makanan untuk perut kembung yang dapat Anda jadikan pilihan. Agar manfaatnya dalam mengatasi keluhan benar-benar optimal, pastikan untuk memperhatikan porsi saat mengonsumsi supaya tidak berlebihan. 

Dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

1 Komentar