Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaanPilihan Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung dan Begah
Pencernaan

Pilihan Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung dan Begah

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 25 Jan 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Perut kembung dan begah bisa diatasi dengan pilihan makanan berikut. Apa saja minuman dan makanan untuk perut kembung? Simak di sini.

Pilihan Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung dan Begah

Perut kembung merupakan gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja. Meski terkesan sepele, keluhan ini bisa saja mengganggu aktivitas. Bahkan, dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Banyak hal yang dapat memicu terjadinya perut kembung. Beberapa di antaranya, yaitu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas, sembelit, efek samping obat atau suplemen, kehamilan, serta kegemukan.

Secara garis besar, perut kembung bukanlah keluhan yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Meski begitu, akan lebih baik jika keluhan ini segera diatasi.

Salah satu cara mengatasi perut kembung yang bisa dicoba adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa mengeluarkan gas dalam perut. 

Apa saja makanan untuk perut kembung dan mual yang direkomendasikan? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Jahe

Jahe dianggap sebagai salah satu obat herbal tertua di dunia. Jahe juga termasuk makanan penghilang perut kembung.

Sifat antiradang yang dimiliki jahe ternyata dapat mengatasi perut kembung yang terjadi akibat produksi gas berlebih di dalam perut.

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Efek relaksasi setelah mengonsumsi jahe juga dapat menenangkan usus, mengurangi peradangan usus besar, dan membantu proses pencernaan makanan. Dengan demikian, produksi gas dalam perut bisa berkurang. 

Anda bisa menikmati manfaat jahe sebagai minuman untuk perut kembung dan mual dengan meraciknya dalam secangkir teh. Minuman ini baik dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

2. Pisang

Salah satu makanan yang baik untuk mengatasi perut kembung adalah buah pisang. Khasiat ini ada berkat kandungan kalium di dalamnya. 

Senyawa tersebut dapat membantu mengeluarkan sodium dan air dari dalam tubuh. Keluhan perut kembung pun bisa berkurang secara perlahan dan bertahap.

Artikel lainnya: Cara Membuang Angin dalam Perut

3. Lemon

Tak hanya memiliki rasa asam dan segar, lemon ternyata juga dapat membantu meredakan perut kembung dan gejala gangguan pencernaan lainnya.

Dengan meminum jus lemon, Anda dapat menggandakan hidrasi sekaligus mendapatkan asam untuk membantu saluran pencernaan bergerak lebih cepat. 

4. Alpukat

Alpukat juga termasuk makanan untuk atasi perut kembung. Buah dengan biji tunggal ini merupakan sumber kalium dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Anda dapat mengonsumsi alpukat dalam berbagai cara. Mulai dari dimakan langsung setelah dikupas dan dibuang bijinya, hingga dijadikan jus.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil, Apa Saja?

5. Pepaya

Pepaya digolongkan sebagai makanan untuk perut kembung berkat kandungan enzim papain di dalamnya. Senyawa tersebut dapat membantu memecah makanan, sehingga mengurangi kemungkinan produksi gas berlebihan dalam perut. 

Makan pepaya secara rutin bahkan dapat membantu menenangkan sistem pencernaan, terutama selama siklus menstruasi.

6. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran hijau yang terbukti dapat membawa manfaat apabila dikonsumsi secara teratur.

Bahkan, kandungan di dalam sayuran ini dianggap dapat mengikat air berlebih untuk nantinya dikeluarkan, sehingga bisa mengurangi sensasi begah di perut.

7. Tomat

Tomat tak hanya terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. 

Buah berwarna merah ini juga mengandung kalium dosis tinggi yang dapat membantu mengatasi begah serta perut kembung.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber omega-3, yang ternyata memiliki kandungan oleic acid di dalamnya. 

Meski belum terbukti secara pasti, peneliti menduga bahwa konsumsi minyak zaitun porsi kecil dapat membantu mengatasi keluhan perut kembung dan begah.

9. Roti Gandum

Roti gandum terkenal akan kandungan serat, yang dapat membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Jenis roti ini juga termasuk makanan yang bisa mengeluarkan gas dalam perut.

Dengan mengonsumsi roti gandum secara rutin, Anda akan terhindar dari keluhan perut kembung dan sembelit. 

Artikel Lainnya: Ini Penyebab Perut Kembung setelah Makan Salad Buah!

10. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi, seperti kefir, kimchi, pickles, umumnya mengandung probiotik yang relatif tinggi. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala perut kembung dan begah.

11. Yogurt

Yoghurt adalah susu fermentasi yang memiliki bakteri baik. Menurut penelitian, bakteri baik dalam yoghurt dapat menjaga fungsi saluran pencernaan dan mengurangi penumpukan gas di dalam perut. 

12. Timun

Mentimun terdiri dari sekitar 95 persen air. Kandungan airnya yang tinggi membuat sayuran yang satu ini bagus untuk menghilangkan kembung.

Apalagi, makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat membuat Anda tetap terhidrasi. Hal tersebut bisa mencegah retensi air dan mengurangi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi.

Demikian beberapa makanan untuk perut kembung yang dapat Anda jadikan pilihan. Agar manfaatnya dalam mengatasi keluhan benar-benar optimal, pastikan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. 

[WA]

makananPerut Kembung

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter