Sukses

Ingin Tubuh Bugar ala Aprilia Manganang, Lakukan Latihan Ini

Atlet voli Aprila Manganang memiliki tubuh bugar dan tegap. Lakukan latihan berikut agar bisa bugar sepertinya.

Klikdokter.com, Jakarta Nama atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang mencuri perhatian masyarakat pecinta olahraga pada Asian Games 2018. Selain karena mampu membawa tim voli putri ke babak perempat final, smesnya yang keras dan staminanya yang mengagumkan, membuatnya menjadi pusat perhatian. Tubuh bugar dan tegap Aprilia Manganang tidak diperoleh dalam semalam. Aprilia memerlukan latihan yang rutin dan nutrisi memadai.

Tidak mengherankan fisiknya menjadi tampak sangat tegap dan terlatih. Meski demikian hal ini adalah wajar dalam dunia olahraga. Seorang atlet wanita yang menekuni suatu olahraga akan mengalami perubahan pada berat badan, bentuk tubuh, dan penampilan, sesuai olahraga yang ditekuni. Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMed Sc dari KlikDokter, berbagai komponen pada tubuh juga ikut menentukan perawakan seseorang. Sebut saja persentase kandungan lemak dalam tubuh, massa otot, serta perawakan secara umum.

Tips tubuh bugar

Jika Anda ingin mendapatkan tubuh bugar dengan stamina mengagumkan separti Aprilia Manganang, berolahragalah secara rutin. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, olahraga rutin membuat lemak dalam tubuh berkurang dan membentuk otot tertentu.

Selain olahraga, diet secara seimbang juga menghasilkan tubuh yang bugar. Nantinya, diet membuat metabolisme tubuh akan cepat terbentuk, dan otot-otot yang aus karena olahraga akan segera tergantikan.

Tapi perlu diingat, mendapatkan tubuh yang bugar bukan hasil yang instan. Perlu diperhatikan juga aktivitas fisik berkala serta nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk mendapatkan tubuh bugar karena olahraga yang rutin, Anda bisa melakukan olahraga jenis kardio. Pilihlah olahraga kardio berupa lari (joging) atau jalan kaki selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam sepekan.

Bersepeda juga bisa dijadikan pilihan jika Anda ingin jarak yang lebih jauh tapi tidak seberat olahraga lari. Tapi untuk ini, perhatikan durasi dan jarak dalam bersepeda. Sesuaikan dengan kemampuan fisik Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan latihan angkat beban. "Dengan melatih otot Anda melalui angkat beban, Anda dapat menghindari tampilan lengan atau kaki yang menggelambir, serta dapat memperoleh gambaran tubuh yang kencang dan padat," ujar dr. Atika dari KlikDokter.

Untuk yang satu ini, lebih baik bila Anda saat berlatih mendapat bimbingan dari instruktur yang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera dan supaya olahraga menjadi maksimal.

Lengkapi dengan nutrisi yang cukup

Selain olahraga, untuk mendapatkan tubuh bugar bisa dengan melengkapi nutris harian Anda. Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, nutrisi yang harus dilengkapi sehari-hari adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Khusus untuk karbohidrat, dr. Rio Aditya menyarankan jangan berlebihan menyantap makanan yang berhubungan dengan karbohidrat. Karbohidrat setidaknya mencapai 45-65 persen dari total kalori harian Anda.

Karbohidrat bisa didapatkan dari gandum, nasi, serta beberapa jenis sayur dan buah. Coba ganti nasi putih Anda dengan nasi merah. Selain itu, kentang juga bagus untuk Anda yang suka berolahraga. Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat di dalamnya membuat Anda tak kehilangan tenaga saat berolahraga.

Selain beberapa hal di atas yang harus dipenuhi, asupan air juga perlu diperhatikan. Tubuh manusia 60 persennya adalah air. Air dapat membantu pembagian nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh.

Tubuh bugar dengan stamina kuat seperti Aprilia Manganang saat ini sedang menjadi dambaan. Jika Anda salah satu yang ingin memiliki tubuh sehat ala atlet voli putri ini, ikuti saran di atas. Lakukan olahraga secara rutin dan penuhi nutrisi harian Anda. Selain itu, istirahat yang cukup dan hentikan kebiasaan tidak sehat  seperti merokok dan minuman keras.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar