HomeGaya hidupSehat dan BugarIngin Tubuh Bugar ala Jonatan Christie, Penuhi Nutrisi Ini
Sehat dan Bugar

Ingin Tubuh Bugar ala Jonatan Christie, Penuhi Nutrisi Ini

Krisna Octavianus Dwiputra, 29 Agu 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Memiliki tubuh bugar seperti Jonatan Christie adalah impian setiap orang. Penuhi nutrisi ini untuk membangun tubuh bugar Anda.

Ingin Tubuh Bugar ala Jonatan Christie, Penuhi Nutrisi Ini

Setelah dipastikan meraih poin terakhir, poin yang memastikannya mendapat medali emas Asian Games 2018, Jonatan Christie langsung membuka baju dan memperlihatkan tubuhnya yang atletis. Seketika juga penonton - terutama yang wanita - histeris melihat tubuh bugar atlet kelahiran Jakarta tersebut. Jika Anda ingin sepertinya, ada nutrisi yang harus dipenuhi.

Atlet yang akrab disapa Jojo tersebut berhasil mendapatkan medali emas dengan mengalahkan Chou Tien Chen (Taiwan) dalam pertandingan ketat tiga gim dengan skor 21-18, 20-22, 21-15. Sebagai bentuk perayaan, dia langsung membuka bajunya dan memperlihatkan tubuhnya yang bertotot. Dia tampak lega setelah menjalani laga selama 1 jam 13 menit.

Tubuh bugar bukan hasil instan

Tubuh yang bugar seperti Jonatan Christie tidak didapat secara instan. Bahkan, sejak kecil, dia dikabarkan sudah mendapat asupan nutrisi bagus yang diusahakan oleh sang ayah. Setiap makanan yang masuk selalu diperhatikan oleh sang ayah yang memang menginginkannya menjadi atlet kelas dunia.

Nutrisi memang sangat perlu diperhatikan jika menginginkan bentuk tubuh yang bugar. Dengan memperhatikan setiap kandungan nutrisi, maka tubuh mendapatkan asupan yang terjaga kualitasnya.

Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, di samping untuk menjaga kesehatan dan memelihara status gizi serta kebugaran, pengaturan nutrisi berguna supaya seseorang dapat mencapai bentuk tubuh spesifik. Untuk hal ini, nutrisi harus terpenuhi dengan sangat baik.

Perhatikan nutrisi yang Anda konsumsi

Anda tidak perlu bingung, nutrisi jenis apa yang harus Anda penuhi setiap harinya agar mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, bahkan maksimal. Berikut ini jenis nutrisi yang harus benar-benar diperhatikan, jika Anda menginginkan tubuh seperti Jonatan Christie:

Karbohidrat

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, karbohidrat berperan penting sebagai sumber tenaga tubuh manusia. Karbohidrat setidaknya mencapai 45-65 persen dari total kalori harian Anda. Karbohidrat banyak didapatkan dari gandum, nasi, serta beberapa jenis sayur dan buah.

Protein

Protein merupakan jenis nutrisi yang sangat penting untuk membangun struktur tubuh. Tidak hanya otot, setiap sel mulai dari tulang, kulit, hingga rambut mengandung protein. dr. Rio juga mengatakan, selain untuk pembentuk struktur tubuh, protein juga berfungsi untuk membentuk antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap kuman penyakit. Protein bisa didapatkan dari daging, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Lemak

Lemak ternyata sangat diperlukan tubuh anda untuk melarutkan vitamin dan mineral. Selain itu, lemak berperan dalam pembentukan dinding sel dan berfungsi untuk otak. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa asupan lemak yang baik atau lemak tidak jenuh (seperti omega-3 dan omega-6) harus lebih banyak dibandingkan dengan lemak jenuh.

Vitamin

Vitamin yang merupakan mikronutrien juga diperlukan tubuh. Menurut dr. Rio, terdapat 13 vitamin esensial yang diperlukan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Setiap vitamin memiliki peran masing-masing. Sumber vitamin terbanyak ada pada sayur dan buah-buahan.

Mineral

Sama seperti vitamin, mineral merupakan mikronutrien yang sangat penting. Contoh dari mineral adalah kalsium, besi, dan zink. Selain berfungsi untuk kepadatan tulang, kalsium juga berfungsi untuk mengontrol tekanan arah dan kontraksi otot.

Selain lima nutrisi di atas yang harus dipenuhi, asupan air juga perlu diperhatikan. Tubuh manusia 60 persennya adalah air. Air dapat membantu pembagian nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh.

Jika tubuh Anda ingin bugar seperti Jonatan Christie, jangan lupa perhatikan asupan nutrisi seperti yang dijelaskan di atas. Akan tetapi, harus diingat juga, nutrisi sudah lengkap tidak akan berguna jika Anda tidak berolahraga secara rutin. Jika keduanya bisa berjalan beriringan, Anda pun bisa mendapatkan tubuh yang bugar. 

[RVS]

Jonatan ChristieKarbohidratAtletproteinNutrisivitaminAsian GamesTubuh Bugar

Konsultasi Dokter Terkait