Sukses

Diet Seimbang untuk Tubuh Bugar dan Ideal

Diet seimbang yang dilakukan secara berkelanjutan terbukti dapat membuat tubuh bugar dan ideal. Simak tips diet seimbang di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa saja pasti ingin memiliki tubuh bugar dan ideal. Anda juga, bukan? Untuk mewujudkan ini, salah satu tindakan yang wajib Anda terapkan adalah diet seimbang.

Fakta menyebutkan, diet seimbang terbukti bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menurunkan berat badan ke rentang normal. Di samping itu, diet seimbang juga efektif untuk menurunkan risiko penyakit seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Mengenal diet seimbang

Pada prinsipnya, diet seimbang merupakan penerapan pola konsumsi yang terdiri dari kombinasi makanan dengan komposisi seimbang dan beragam. Mulai dari sumber karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, mineral, serat, dan air.

Menurut British Dietetic Association, pola konsumsi pada diet seimbang adalah: karbohidrat 45-65 persen, protein 10-20 persen, dan lemak 25-35 persen.

  • Karbohidrat

Jenis karbohidrat yang dikonsumsi dalam pola diet seimbang (balanced diet) adalah karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini mengandung serat tinggi, sehingga memberikan sensasi kenyang yang lebih lama.

Contoh dari karbohidrat kompleks adalah gandum utuh, serealia, oat, sayur dan buah-buahan.

  • Protein

Jenis protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam diet seimbang adalah protein nabati dan lean protein, seperti daging tanpa lemak, polong-polongan, tahu, susu rendah lemak, kedelai, ikan, dan putih telur.

  • Lemak

Dalam penerapan pola diet seimbang, Anda diharuskan untuk mengganti konsumsi lemak jenuh menjadi lemak tidak jenuh. Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi trans fat

Misalnya, menghentikan konsumsi ikan goreng dan menggantinya dengan ikan rebus atau kukus.

Bagaimana dengan jenis makanan lainnya, seperti makanan yang tinggi gula, tinggi garam, atau tinggi lemak jenuh? Makanan tersebut dikategorikan dalam jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Ini berarti, jika ingin tubuh bugar dan ideal, Anda perlu menjauhi biskuit, kue, sosis, bakso, susu dengan perasa manis, es krim, cokelat, gorengan, keripik, minuman berpemanis dan beralkohol. Sebab, makanan dan minuman tersebut akan diubah menjadi lemak di tubuh apabila dikonsumsi berlebih, sehingga dapat meningkatkan berat badan dan risiko penyakit di kemudian hari.

Diet seimbang vs diet keto

Banyak diet populer lain yang saat ini berkembang di masyarakat. Namun beberapa di antaranya terbukti tidak bermanfaat, bahkan memiliki efek samping. Salah satu jenis diet yang saat ini paling berkembang adalah diet ketogenik.

Diet ketogenik merupakan salah satu jenis diet yang pada pelaksanaannya tidak dianjurkan tanpa adanya pengawasan dokter. Pasalnya, diet jenis ini dapat menyebabkan efek samping sesaat, maupun efek samping penyakit di masa mendatang.

Bagaimana dengan diet seimbang? Ternyata, diet seimbang memberikan manfaat yang mirip dengan diet ketogenik. Bedanya, diet seimbang tidak memiliki efek samping seperti diet ketogenik.

Penelitian menyebutkan, hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada perbedaan yang bermakna antara perubahan berat badan, risiko penyakit kardiovaskular, dan risiko diabetes pada orang yang melaksanakan diet seimbang dan diet ketogenik.

Jadi, apakah Anda tertarik menerapkan diet seimbang (balanced diet) untuk mendapatkan tubuh bugar dan ideal? Jika ya, ingatlah untuk melakukannya secara berkelanjutan dan sesuai aturan agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

1 Komentar

  • Cristian Greitfal

    Awas, Diet Rendah Karbohidrat Dapat Memperpendek Umur https://akurat.co/gayahidup/id-289967-read-awas-diet-rendah-karbohidrat-dapat-memperpendek-umur, Diet rendah karbohidrat seperti Atkins menjadi semakin populer untuk menurunkan bobot tubuh dan berpotensi menurunkan risiko beberapa penyakit......