Sukses

4 Bahaya Buah Nangka bagi Ibu Hamil

Buah nangka memberikan sejumlah manfaat bagi ibu hamil.Namun buah ini juga dapat menyebabkan efek tertentu selama kehamilan.

Anda pasti sudah tidak asing dengan buah nangka, bukan? Buah berukuran besar dengan daging berwarna kekuningan ini menjadi favorit sebagian orang karena memiliki rasa manis yang khas.

Saking nikmatnya buah nangka, tak sedikit pula ibu hamil yang tertarik untuk mencobanya. Anda salah satunya?

Buah nangka memang memiliki kandungan magnesium serta kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

Selain itu, zat besi yang ada di dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko anemia selama kehamilan.

Sayangnya, di balik manfaat tersebut, buah nangka dapat memberikan efek samping merugikan bagi ibu hamil. Hal ini khususnya dirasakan jika buah tersebut dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Artikel Lainnya: Mitos Hamil Muda yang Tak Boleh Anda Percaya

1 dari 4 halaman

Efek Samping Konsumsi Buah Nangka saat Hamil

Segala yang menyehatkan bila dikonsumsi berlebihan dapat memberikan efek samping merugikan, tak terkecuali dengan buah nangka.

Berikut ini adalah beberapa bahaya buah nangka bagi ibu hamil, khususnya jika dikonsumsi berlebihan:

1. Menyebabkan Alergi

Terlalu banyak konsumsi buah nangka selama kehamilan dapat meningkatkan risiko alergi. Kondisi ini utamanya terjadi jika ibu hamil memiliki tubuh yang sensitif terhadap zat-zat yang terkandung di dalam buah berukuran besar tersebut.

Gejala yang timbul akibat alergi saat hamil, misalnya batuk, bersin, sakit kepala, dan hidung tersumbat.

Dalam kasus yang parah, alergi makanan, dalam hal ini nangka, dapat menyebabkan syok anafilaksis yang mematikan.

2. Menimbulkan Gangguan Pencernaan

Konsumsi nangka dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare. Hal ini dapat terjadi karena buah nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Diare yang terjadi berkelanjutan tanpa pengobatan dapat mencetuskan dehidrasi atau kekurangan cairan. Gejalanya adalah merasa haus berlebih, wajah pucat, hingga penurunan kesadaran.

3. Koagulasi Darah

Bila Anda menderita gangguan darah, kehamilan bukanlah momen yang tepat untuk mengonsumsi buah nangka.

Sebab, buah tersebut dapat meningkatkan koagulasi darah atau pembekuan darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Nangka adalah salah satu sumber gula alami, yang dapat dengan mudah meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi berlebihan.

Oleh sebab itu, konsumsi nangka saat hamil sebaiknya dibatasi atau dihindari agar tidak mengalami diabetes gestasional.

Artikel lainnya: Makan Nangka Bisa Sebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?

2 dari 4 halaman

Apakah Nangka Sebabkan Keguguran?

Buah nangka mengandung gas, glukosa, kolesterol, dan alkohol. Berbagai kandungan tersebut dapat membuat Ibu hamil merasa kembung, sehingga dapat memicu kontraksi, terutama pada trimester pertama.

Lantas, bagaimana dengan anggapan mengenai nangka dapat menyebabkan keguguran?

Hingga saat ini, belum ada penelitian atau pernyataan sahih mengenai hal tersebut. Dengan kata lain, buah nangka belum terbukti dapat menyebabkan keguguran.

Satu hal yang pasti, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi nangka saat hamil dalam jumlah berlebih.

Jika sangat ingin mencobanya, konsumsilah makanan terlebih dahulu agar kondisi perut tidak kosong. Cicipi pula buah tersebut hanya dalam jumlah sedikit.

Artikel lainnya: Kenapa Penderita Mag Tak Boleh Makan Buah Nangka?

3 dari 4 halaman

Lebih Baik Konsumsi Ini saat Hamil

Daripada makan nangka, lebih baik ibu hamil mengonsumsi asupan sehat dan bergizi seimbang. Contohnya, sayur, buah, daging, telur, dan dilengkapi dengan susu ibu hamil.

Susu ibu hamil yang dapat dijadikan sebagai pilihan utama adalah PRENAGEN mommy emesis.

PRENAGEN mommy emesis mengandung formula PRENAGEN PRENAPRO, yang dirancang khusus untuk bantu penuhi kebutuhan gizi selama kehamilan dan menjaga kesehatan si kecil selama 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

PRENAGEN mommy emesis juga memiliki kandungan asam folat, protein, kalsium, fosfor, vitamin D, vitamin B6, magnesium, omega-3 dan inulin. Kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf dan mencegah pendarahan saat melahirkan.

Tidak berhenti di situ, kombinasi gizi yang ada di dalam PRENAGEN mommy emesis juga bantu mengoptimalkan tumbuh kembang otak janin sehingga ia akan lahir dengan kondisi sehat dan cerdas.

Lengkapi kebutuhan gizi selama kehamilan dengan mengonsumsi PRENAGEN mommy emesis secara rutin dan teratur. Dengan demikian, kesehatan ibu dan janin akan senantiasa terjaga.

Jika Anda punya kendala atau ingin bertanya mengenai kehamilan dan kandungan, tak perlu ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

Anda bisa mendapatkan produk-produk kesehatan untuk ibu hamil di Belanja Sehat Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar