Sukses

4 Bahaya Buah Nangka bagi Ibu Hamil

Buah nangka memberikan sejumlah manfaat bagi ibu hamil.Namun buah ini juga dapat menyebabkan efek tertentu selama kehamilan.

Klikdokter.com, Jakarta Masa kehamilan adalah masa yang paling penting bagi para ibu hamil yang menantikan kehadiran buah hatinya. Menjaga asupan bergizi pun dilakukan untuk menjaga kualitas janin yang dikandungnya, salah satunya dengan mengonsumsi buah nangka.

Dilansir dari Babyologist, kandungan magnesium serta kalsium dalam buah nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Selain itu, zat besi yang ada di dalam buah tersebut juga dapat mencegah ibu hamil terkena anemia.

Namun, tahukah Anda, di balik segala manfaatnya, buah nangka dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan ibu hamil?

Dampak konsumsi buah nangka saat hamil

Segala sesuatu yang menyehatkan bila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat memberikan efek negatif, tak terkecuali dengan buah nangka. Berikut ini adalah beberapa dampak dari mengonsumsi buah nangka secara berlebihan bagi ibu hamil:

1. Menyebabkan alergi

Seperti dilansir dari Mom Junction, terlalu banyak makan buah nangka dapat membuat ibu hamil mengalami alergi. Jadi, bila sebelumnya tidak pernah mengonsumsi buah nangka, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

2. Menimbulkan gangguan pencernaan

Konsumsi nangka dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare pada ibu hamil. Hal ini dapat terjadi karena buah nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

3. Koagulasi darah

Menurut situs kesehatan Foods for Better Health, bila Anda menderita gangguan darah, kehamilan bukanlah momen yang tepat untuk mengonsumsi buah nangka. Sebab, nangka dapat meningkatkan koagulasi darah atau pembekuan darah dalam tubuh.

4. Meningkatkan kadar gula darah

Nangka sebagai salah satu sumber gula alami dapat dengan mudah meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil. Oleh sebab itu, konsumsi nangka perlu untuk dihindari bagi ibu hamil yang memiliki keluhan diabetes gestasional.

1 dari 2 halaman

Apakah nangka sebabkan keguguran?

Berdasarkan situs kesehatan Baby Center, buah nangka tidak berpotensi menyebabkan keguguran. Jadi, Anda tak perlu cemas saat terlanjur mengonsumsinya. Buah nangka sebagai sumber vitamin A sangat berguna untuk membantu produksi sel, membuat penglihatan bayi lebih baik, serta mendukung perkembangan janin selama kehamilan.

Selain itu, zat niacin (vitamin B3) di dalamnya juga membantu mengatur hormon, meningkatkan kekebalan, dan mengontrol tingkat stres.

Menurut dr Nitish Basant Adnani BMedsc dari KlikDokter, hingga kini memang belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan dampak dari mengonsumsi buah nangka pada ibu hamil. Meski demikian, cara terbaik untuk menjaga kehamilan tetap sehat adalah dengan menghindarinya.

“Buah nangka mengandung gas, glukosa, kolesterol, dan alokohol. Berbagai kandungan tersebut dapat membuat Ibu hamil merasa kembung, sehingga dapat memicu kontraksi, terutama pada trimester pertama. Jika Anda ingin mengonsumsinya saat hamil, sebaiknya dibatasi dan konsumsilan setelah makan,” jelasnya.

Selain makan buah nangka, dr. Alvin Nursalim menjelaskan kepada KlikDokter bahwa bagi ibu hamil, asupan makanan harus diperhatikan.

“Konsumsi makanan yang kaya akan gizi seperti ikan, daging, dan telur sebagai sumber protein dapat meningkatkan kesehatan kehamilan. Untuk pilihan buah lain yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah jeruk, apel, dan pepaya,” ujar dr. Alvin.

Konsumsi buah nangka pada ibu hamil memang baik untuk mendukung kehamilan yang sehat. Namun, makan buah nangka secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes gestasional, sangat disarankan untuk menghindari konsumsi buah nangka. Yuk, makan sehat untuk kehamilan yang sehat! Baca artikel bertema sejenis di sini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar