Sukses

6 Camilan Sehat untuk Atlet Asian Games

Atlet yang sedang bertanding di Asian Games juga perlu ngemil. Ini enam camilan sehat yang bisa mereka konsumsi.

Klikdokter.com, Jakarta Makan camilan alias ngemil adalah salah satu kegiatan yang cukup mengasyikkan, entah saat sedang sendiri atau bersama teman-teman. Ya, siapa pun bisa ngemil, tak terkecuali para atlet yang sedang berlaga di Asian Games 2018.

Tentu, para atlet Asian Games akan memilih berbagai asupan sehat sebagai camilan. Hal ini bertujuan agar makanan ringan yang mereka konsumsi tidak membawa dampak kesehatan yang menurunkan performa di lapangan.

Pilihan camilan sehat

Camilan sehat dapat membantu menekan rasa lapar di sela-sela jam makan. Hal ini tak hanya berlaku untuk atlet Asian Games yang sedang berlaga di Jakarta maupun Palembang, tapi juga untuk orang kebanyakan.

Berikut adalah beberapa camilan sehat yang bisa dijadikan sebagai pilihan:

1.  Serealia

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, serealia tak hanya enak dikonsumsi, tapi juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh.

“Serealia dapat dikombinasikan dengan potongan buah untuk menambah rasa dan manfaatnya bagi kesehatan,” kata dr. There.

2. Buah potong

Selain bikin kenyang, makan buah potong juga mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Selain kaya akan serat yang penting bagi sistem pencernaan, buah juga mengandung segudang vitamin dan zat gizi penting lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3. Snack bar

Snack bar sudah terkenal sebagai camilan sehat untuk para pelaku diet. Dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat, camilan ini pun tak bikin berat badan meningkat.

4. Oatmeal

Berdasarkan penjelasan dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

“Oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, menekan risiko tekanan darah tinggi, serta mencegah obesitas atau kelebihan berat badan bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat,” ungkap dr. Alvin.

5. Kacang almond

Profesor dari Boston University, Joan Salge Blake, menyebut bahwa kacang almond merupakan salah satu jenis pilihan camilan yang baik ketika seseorang merasa lapar di sela-sela jadwal makan.

Pada salah satu penelitian yang dipublikasikan oleh European Journal of Clinical Nutrition, sekitar 1,5 ons kacang almond mampu menahan rasa lapar dengan efektif. Kandungan serat, protein, dan lemak baik yang ada di dalam kacang sehat ini juga bisa mendatangkan sederet efek positif bagi tubuh.

6. Plain yoghurt

Yoghurt baik untuk menunda lapar, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Agar manfaatnya lebih terasa, jadikanlah yoghurt tanpa rasa (plain) dan rendah lemak sebagai pilihan utama.

Satu hal yang perlu diperhatikan, hindari mengonsumsi camilan terlalu berlebih meski itu adalah makanan yang sehat.

“Camilan sehat memang mudah ditemukan dan tergolong praktis. Tetapi, jika dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah berlebih, dampak buruk kesehatan tetap bisa terjadi,” jelas dr. There.

Jadi, camilan sehat mana yang jadi favorit Anda? Tetap ingat bahwa itu hanyalah makanan kecil, yang bertujuan untuk mengganjal perut di antara waktu makan besar. Jadi, jangan sampai dikonsumsi terlalu banyak, ya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar