Sukses

Tips Perlindungan bagi Anak Saat Nonton Pembukaan Asian Games

Kerumunan orang yang menyaksikan pembukaan perhelatan akbar Asian Games tak lepas dari risiko penularan berbagai penyakit, termasuk pada anak.

Klikdokter.com, Jakarta Hari ini akan digelar acara pembukaan Asian Games 2018. Masyarakat dari berbagai kalangan akan berkumpul di Gelora Bung Karno untuk menjadi menyaksikan pesta olahraga terbesar di Asia. Jika mengajak anak, pastikan Anda sudah mempersiapkan perlindungan terbaik agar ia tidak tertular penyakit yang mengintai di tengah kerumunan orang.

Menurut Dr. Athena P. Kourtis, penulis buku Keeping Your Child Healthy in a Germ-Filled World, pertemuan dan perkumpulan merupakan salah satu cara utama kuman dapat beredar dengan mudah.

Beberapa hal yang mendukung penyebaran kuman tersebut adalah anak yang belum mampu mengembangkan kebiasaan sehat seperti menutup mulut saat ada orang yang bersin atau batuk serta makan tanpa cuci tangan setelah memegang benda kotor.

Selain itu, daya tahan tubuh anak yang lebih lemah dibanding orang dewasa memungkinkan lebih mudah tertular penyakit. Untuk berjaga-jaga, ketahui cara untuk melindungi si Kecil dari berbagai serangan penyakit menular seperti meningitis, diare, tuberkulosis (TB), dan lain sebagainya.

Tips melindungi si Kecil dari penyakit menular

Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan bahwa 1 dari 10 anak meninggal dunia akibat terinfeksi meningitis. Golongan usia yang berisiko terserang penyakit akibat infeksi pneumokokus ini adalah anak-anak dan lansia dengan kondisi sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Penularan penyakit ini terjadi lewat percikan ludah penderita yang telah terinfeksi bakteri Streptococcus pneumoniae. Bisa jadi, jenis bakteri ini ada di antara ribuan orang yang datang.

Untuk melindungi si Kecil di tengah kerumunan orang banyak, lakukan upaya berikut ini:

1. Vaksinasi

Pastikan anak telah menjalani berbagai vaksinasi yang dibutuhkan di usianya. Sebab, vaksinasi dapat mencegah penyakit dan menyelamatkan si Kecil dari berbagai penyakit berbahaya seperti cacar air dan campak.

2. Rajin cuci tangan

Cuci tangan secara teratur melupakan hal termudah dan paling efektif untuk mencegah infeksi kuman. Ajak anak Anda untuk melakukannya juga, terutama saat menyaksikan acara pembukaan Asian Games.

Menurut dr. Atika kepada KlikDokter, mencuci tangan dengan sabun telah dibuktikan oleh penelitian dapat memutus penyebaran penyakit. Sayangnya, hasil penelitian menyebutkan hanya 50 persen anak yang rutin mencuci tangan usai menggunakan kamar kecil.

“Meskipun sulit, tetap biasakan anak untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan, setelah dari kamar kecil, dan sebelum menyentuh mata, mulut, serta hidung,” kata dr. Atika.

3. Hindari kebiasaan menggigit kuku

Jari-jari di tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling kotor dan menjijikkan. Kuman dan bakteri yang tak dapat dilihat dengan mata telanjang dapat hidup di bagian bawah kuku jari selama berbulan-bulan. Memasukkan jari ke mulut akan menjadi media penularan penyakit pada anak.

Jika anak memiliki kebiasaan menggigit kuku atau memasukkan tangan ke mulut, siasati dengan memberikan dot yang telah disterilkan.

4. Bawa cairan disinfektan

Tak bisa dipungkiri, stadion Gelora Bung Karno yang ramai diserbu untuk berbagai aktivitas bisa jadi membuat fasilitas di dalamnya terkontaminasi kuman.

Saat sampai di area tempat duduk, usahakan semprot disinfektan ke kursi tempat si Kecil akan duduk. Pastikan area tersebut juga terhindar dari sampah yang bisa jadi sumber kuman penyakit.

5. Siapkan bekal dari rumah

Meski larut di tengah euphoria Asian Games, asupan bergizi untuk anak tentunya tak boleh dilupakan. Daripada membeli makanan yang belum jelas kebersihannya, akan lebih baik bila Anda menyempatkan waktu untuk menyiapkan bekal anak.Lengkapi bekal si Kecil dengan buah dan sayuran yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Jaga si Kecil tetap terhidrasi

Bawalah botol minuman untuk anak dan pastikan kebutuhan cairannya terpenuhi agar anak terhindar dari dehidrasi. Sebab bila kekurangan cairan, daya tahan tubuh anak akan menurun dan kuman penyakit akan lebih mudah masuk.

Merupakan sebuah ide yang bagus untuk mengenalkan anak dengan Asian Games sebagai pentas olahraga terbesar di Asia. Terlebih lagi, tahun ini Indonesia menjadi tuan rumahnya. Lakukan berbagai kiat di atas saat membawa serta si Kecil ke acara pembukaan Asian Games agar terlindungi dari penyakit menular yang mengintai.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar