Sukses

Cara Mengajarkan Arti Perjuangan dan Kemerdekaan pada Anak

Penting bagi Anda untuk mengajarkan arti dari perjuangan dan kemerdekaan kepada anak. Ini alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-73 pada Jumat 17 Agustus besok. Bagi Anda yang memiliki anak, penting untuk mengajarkan arti dari perjuangan dan kemerdekaan yang berhasil diraih para pahlawan terdahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemerdekaan berarti keadaan bebas, lepas, dan tidak terjajah lagi. Dalam hal ini, sebuah negara sudah berdiri sendiri tanpa belenggu atau aturan dari negara lain.

Mengajarkan arti merdeka pada anak

Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia, Anda sebagai orang tua sebaiknya berinisiasi untuk mulai mengajarkan arti kemerdekaan dan perjuangan pada anak. Selama ini mungkin anak-anak masih belum tahu makna sebenarnya dari kata-kata tersebut. Bahkan, berbagai macam kegiatan yang anak ikuti pada 17 Agustus, seperti upacara atau lomba-lomba, mungkin hanya dianggap sebagai ajang seremonial saja, tanpa ada makna yang mereka ketahui di balik itu semua.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, orang tua perlu mengajarkan makna kemerdekaan pada anak sejak usia dini. Berikan pengertian kepada anak bahwa ia juga bisa merasakan kemerdekaan menurut versinya sendiri. Anda bisa mengajarkan pada anak bahwa kemerdekaan yang dirasakannya bisa berupa hal-hal ini:

  • Kasih sayang penuh dari orang tua
  • Pendidikan yang baik
  • Tempat tinggal yang layak
  • Makanan maupun minuman yang sehat dan bergizi
  • Hak untuk tidak dipaksa bekerja di bawah umur
  • Hak untuk bebas bermain
  • Perlindungan dari kekerasan fisik maupun psikis
  • Bebas berpendapat
  • Bebas bercita-cita tanpa paksaan dari orang tua
  • Bebas berkarya tanpa ada tekanan dari siapa pun.

Mengajarkan arti kemerdekaan dan perjuangan membuat anak-anak bisa memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Hal ini dilakukan agar anak bisa mencintai negara tempat mereka tinggal saat ini.

Selain itu, anak-anak juga perlu diajarkan untuk menghargai jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Sikap itu membuat anak-anak siap bertumbuh menjadi pribadi yang disiplin, serta bangga dengan negara dan para pahlawannya.

Tips mengajarkan arti merdeka pada anak

Ajak anak Anda untuk melakukan kegiatan aktif mulai dari hal kecil. Masa tumbuh kembang anak adalah waktu yang tepat untuk mengajarinya arti kemerdekaan yang sebenarnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Ajak anak pasang bendera Merah Putih

Ketika Anda ingin menyemarakkan hari Kemerdekaan dengan memasang bendera Merah Putih di rumah, libatkan anak Anda juga. Ini penting agar anak Anda makin paham dan bisa menghargai bendera Merah Putih sebagai lambang negara Indonesia.

2. Menyanyikan lagu kebangsaan

Ajari anak Anda untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang biasanya mereka nyanyikan saat upacara sekolah, atau lagu-lagu nasional seperti Maju Tak Gentar, Hari Merdeka, Ibu Kita Kartini, dan lain sebagainya.

Untuk para orang tua yang bisa bermain musik, bantulah mereka dengan iringan musik yang sesuai. Jika tidak, itu bukan masalah, Anda masih bisa bernyanyi bersama si Kecil.

3. Dorong anak untuk ikut upacara

Mungkin perlu kesabaran ekstra ketika mendorong anak untuk mengikuti kegiatan upacara Kemerdekaan, baik yang berlangsung di sekolah atau di lingkungan rumah. Tapi tak ada salahnya dengan hal itu. Anda bisa menjelaskan setiap makna di balik setiap prosesi upacara ketika si Kecil sudah selesai mengikuti upacara tersebut.

Makna kemerdekaan dan perjuangan diajarkan kepada anak agar mereka semakin terpacu untuk mencintai Tanah Air, Indonesia. Jangan biarkan sikap positif tersebut luntur gara-gara kemajuan zaman yang semakin pesat.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar