Sukses

Tips Atasi Badan Lemas Saat Ikut Kirab Obor Asian Games

Anda merasakan kondisi badan lemas saat ikut kirab obor Asian Games? Atasi dengan tips ampuh sebagai berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Kirab obor Asian Games 2018 telah sampai di Jakarta. Sebelumnya, obor tersebut diarak di sejumlah daerah di Indonesia. Perasaaan antusias tentu membakar semangat para peserta kirab yang membawa obor maupun warga masyarakat yang menonton. Namun dalam perhelatan yang memerlukan ketahanan fisik tersebut, baik peserta maupun penonton bisa mengalami kondisi badan lemas.

Dilansir dari Liputan6.com, sejumlah ruas jalanan di Jakarta menjadi lintasan bagi pelari pembawa obor Asian Games 2018. Rekayasa lalu lintas hingga penutupan jalan dipersiapkan guna melancarkan perjalanan obor menuju Balai Kota DKI Jakarta.

Tentunya, peristiwa kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 jadi pemandangan langka dan tidak bisa disaksikan tiap tahun. Maka dari itu, banyak warga yang turun ke jalan untuk melihat langsung.

Nah, agar tidak mengalami kondisi badan lemas dalam berpartisipasi dalam momen langka tersebut – baik sebagai peserta kirab maupun sebaga penonton – Anda bisa melakukan langkah-langkah antisipasi.

Kenali penyebab badan lemas

Ada beragam penyebab kondisi badan lemas yang bisa Anda alami. Bahkan sebenarnya jika Anda saat ini tidak sedang menjadi peserta kirab atau penonton, kondisi ini bisa menyerang Anda.

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, kondisi tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti:

  • Kurang mengonsumsi makanan bergizi

Nutrisi yang seimbang sangat penting sebagai sumber energi bagi tubuh. Energi ini digunakan untuk menjalankan fungsi sel-sel dalam tubuh. Ketika tidak ada sumber energi maka tubuh akan terasa lemas.

  • Kurang darah (anemia)

Anemia merupakan kondisi ketika hemoglobin dalam tubuh lebih rendah dari nilai normal. Hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk menjalankan fungsi sel-sel.

“Ketika tidak ada pasokan oksigen maka tubuh kehilangan energinya sehingga menjadi lemas. Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang mengalami perdarahan hebat,” kata dr. Rio.

  • Tekanan darah rendah

Berbeda dengan kurang darah, tekanan darah rendah diukur dengan menggunakan alat tensimeter. Tekanan darah normal berkisar anrara 110–120 per 70–80 mmHg.

Jika tekanan darah terlalu rendah, tubuh pun akan ikut lemas. Bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan syok hingga berujung pada kematian.

  • Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan menyebabkan Anda dehidrasi. Kondisi ini sering menyebabkan badan lemas, bahkan hingga pingsan.

  • Gangguan elektrolit tubuh

Gangguan elektrolit sering terjadi saat mengalami diare atau muntah-muntah. Selain menyebabkan badan lemas, kondisi ini juga dapat menimbulkan kejang dan gangguan irama jantung.

1 dari 2 halaman

Taklukkan kondisi badan lemas

Kondisi badan lemas yang dijabarkan dr. Rio Aditya di atas, sejatinya dapat diatasi dengan beragam cara. Lakukan kiat-kiat di bawah ini untuk menaklukkan badan lemas yang Anda alami:

  1. Selalu cukupi kebutuhan cairan

Salah satu penyebab badan lemas adalah kurang minum. Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

“Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu pula bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi,” ujar dr. Alvin Nursalim.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Bila dirasa perlu, Anda bisa mengonsumsi cairan yang mengandung elektrolit seperti air kelapa murni.

  1. Hindari makanan tak sehat

Sebelum melahap sesuatu, pertimbangkan apakah makanan tersebut baik untuk tubuh Anda. Tak hanya jenis makanan yang dipilih, memperhatikan jumlah atau porsinya juga sangat penting. Batasi konsumsi makanan berminyak seperti gorengan dan yang mengandung pemanis buatan.

  1. Istirahat cukup

Bagaimana pun sibuknya, Anda wajib untuk selalu menyediakan waktu beristirahat yang mencukupi waktu tidur dalam sehari. Tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang.

Kondisi badan lemas bisa terjadi pada semua orang mulai dari anak hingga lansia. Gejala-gejalanya yang sangat umum membuat gangguan kesehatan ini sering diabaikan, padahal jika tidak segera mendapat pertolongan bisa berakibat lebih buruk.

Nah, bagi Anda peserta yang akan turut serta dalam kirab obor Asian Games 2018, atau bagi Anda yang akan menonton, cara di atas bisa Anda terapkan. Dengan mengonsumsi cukup cairan, makanan bernutrisi dan cukup istirahat, Anda bisa menghindari terjadinya kondisi badan lemas.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar