Sukses

5 Gejala di Kulit Pertanda Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan bisa menimbulkan berbagai gejala pada kulit. Ini lima perubahan kulit yang patut Anda waspadai.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit merupakan organ terbesar yang ada pada tubuh manusia. Layaknya bagian lain, organ ini juga akan mengalami perubahaan atau gejala ketika tubuh Anda sedang mengalami gangguan kesehatan.

Inilah beberapa perubahan yang terjadi pada kulit beserta gangguan kesehatan yang ada di baliknya:

  1. Kulit kering dan gatal

Salah satu gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kulit kering dan gatal adalah eksim atau dermatitis. Ini adalah proses peradangan yang terjadi di kulit.

Dermatitis terbagi menjadi beberapa tipe. Dalam kasus eksim, yang terjadi adalah dermatitis atopi. Keadaan ini adalah kondisi yang disebabkan oleh alergi, seperti asma dan rhinitis alergi. Jadi, jika Anda mengalami eksim, bisa jadi Anda juga berpotensi mengalami asma atau rhinitis alergi yang memberikan gejala seperti sering pilek atau bersin.

  1. Pertumbuhan bulu-bulu halus

Pada wanita, pertumbuhan bulu-bulu halus di area dagu, mulut, atau bawah pusar bisa menjadi pertanda kondisi PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

PCOS merupakan suatu kelainan hormonal yang memiliki beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada indung telur (ovarium) penderitanya. Keadaan ini terjadi pada 5–10% wanita, dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas).

Gejala utama dari penderita PCOS adalah: gangguan siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen) yang akhirnya menimbulkan keluhan jerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutisme), dan lainnya.

  1. Wajah mudah merah

Saat sedang malu, wajah sering kali memerah. Namun, kemerahan kronis pada wajah (termasuk area dahi dan pipi) yang muncul setiap saat bisa disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah. Keadaan ini juga dikenal dengan sebutan penyakit rosacea.

Di sisi lain, wajah yang sering merah juga dapat menjadi pertanda adanya gejolak hormonal di dalam tubuh. Keadaan ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang memasuki masa menopause.

  1. Mata panda

Tak hanya menimbulkan masalah penampilan, mata panda juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada tubuh. Beberapa gangguan yang dimaksud, misalnya dermatitis atopik (eksim), dermatitis kontak, kurang tidur atau kelelahan, genetik (faktor keturunan), kelainan pigmen, paparan sinar matahari, proses penuaan.

Waspadalah apabila kulit kehitaman di sekitar mata hanya muncul di satu sisi saja. Segera hubungi dokter apabila hal ini terjadi.

  1. Ruam merah pada kulit

Penyebab timbulnya ruam merah pada kulit bisa bermacam-macam. Salah satu penyebab tersering adalah dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit yang terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit (alergen). Keadaan ini akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, timbul ruam yang besar, gatal, dan terasa seperti terbakar.

Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut, atau kondisi lain yang memicu timbulnya gejala.

Sebenarnya, gejala yang terjadi di kulit tak terbatas hanya pada penyakit yang sudah disebutkan di atas. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter apabila mengalami perubahan, gejala, atau muncul keluhan yang aneh pada kulit. Dengan demikian, penyebab sebenarnya dari keadaan tersebut bisa segera diketahui dan diatasi.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar