Diet dan Nutrisi

Ini Alasan Mengapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 27 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi para pria, waspadai timbulnya perut buncit setelah menikah. Risikonya juga patut diketahui agar Anda terhindar dari penyakit.

Ini Alasan Mengapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah

Perut buncit menjadi problem bagi para pria, terutama setelah mereka menikah. Istilah lainnya adalah “dad body”.

Istilah tersebut menggambarkan kondisi tubuh pria yang makin mirip "bapak-bapak" dengan perut membuncit, setelah statusnya berubah menjadi suami atau ayah.

Lalu, kenapa perut bisa buncit setelah menikah? Apa penyebab dari penambahan berat badan pria setelah menikah? Yuk, baca pembahasannya pada artikel berikut ini.

Penyebab Pria Buncit Setelah Menikah

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Families, Systems & Health menemukan adanya peningkatan berat badan pada pria yang sudah menikah. Sekitar 25 persen pria yang sudah menikah akan menjadi gemuk dibandingkan pria lajang.

Lalu, apa penyebab perut buncit setelah menikah?

Menurut para peneliti dari University of Bath, Inggris, pria lajang tidak mengalami perut buncit karena menjaga tubuh tetap bugar dan langsing untuk mencoba menarik pasangan.

Artikel Lainnya: Perut Buncit, Keturunan atau Tidak?

Namun setelah itu, mereka akan membiarkan tubuh mereka menjadi gemuk karena sudah mendapatkan pasangan yang mereka inginkan.

Ini seperti sikap masa bodoh terhadap apa yang akan terjadi karena sudah sukses menggaet wanita idaman mereka.

Di sisi lain, pria yang sudah menikah memiliki kewajiban finansial yang tinggi karena harus membiayai keluarga. Hal ini berimbas pada waktu olahraga yang berkurang bagi para pria. 

Pola makan juga jadi berantakan karena terlalu fokus bekerja. Lalu, aktivitas fisik dan ketidakseimbangan nutrisi juga jauh dari perhatian. Hal-hal inilah yang bisa menjadi penyebab perut buncit pada pria setelah menikah.

Cara Mengatasi Perut Buncit pada Pria

Anda bisa mengetahui perut Anda tergolong buncit atau tidak dengan mengukur lingkar pinggang. Jika ukuran pinggang sudah lebih dari 90 cm, maka dipastikan perut Anda buncit.

Namun, akan lebih akurat bila diperiksakan langsung ke dokter. Pemeriksaan yang paling dipercaya adalah dengan menggunakan CT scan atau MRI.

Sebagai informasi juga, perut buncit memiliki dua bentuk. Pertama, lemak yang di bawah kulit. Lalu, yang kedua dan paling berbahaya adalah saat lemak berada di dalam perut sehingga tak terlihat.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Menyebabkan Perut Cepat Buncit

Bagi pria yang sudah telanjur memiliki perut buncit, ada dua hal yang wajib dilakukan, yakni:

  • Menjaga Asupan Makanan

Untuk mengatasi perut buncit setelah menikah, perhatikan asupan makanan sehari-hari Anda. Kurangilah makanan yang mengandung gula tinggi. 

Dengan menghindari makanan tersebut, insulin bisa menjadi rendah dan akhirnya lemak dalam tubuh bisa dibakar.

Selanjutnya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, dengan kandungan protein, lemak sehat, dan sayur. Khusus untuk lemak sehat, bisa didapatkan dari minyak zaitun, minyak kelapa, dan alpukat. 

  • Berolahraga Secara Rutin

Penurunan berat badan dapat lebih mudah dicapai jika disertai dengan olahraga rutin. 

Selain untuk mengatasi perut buncit, olahraga juga baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Guna mencegah berbagai komplikasi kesehatan terkait metabolik, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Hal ini sangat penting untuk skrining faktor risiko penyakit jantung, seperti diabetes dan kolesterol

Demikian penyebab perut buncit pada pria setelah menikah. Jadi, para pria yang sudah menikah, jangan abai terhadap makanan sehat dan olahraga rutin. Dengan perut yang tidak membuncit, kesehatan tubuh Anda akan terjaga sampai tua nanti.

Bila membutuhkan saran dari dokter terkait penurunan berat badan, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

[WA]

Perut BuncitPria

Konsultasi Dokter Terkait