Sukses

Cegah Badan Lemas Saat Ikut Turnamen Piala AFF U-16

Atlet yang berkompetisi dalam turnamen Piala AFF U-16 harus paham mengatasi badan lemas, agar selalu tampak bugar dan fit di lapangan.

Klikdokter.com, Jakarta Keluhan badan lemas bisa saja menghinggapi para pemain Tim Nasional Indonesia U-16, yang saat ini sedang bertanding di ajang Piala AFF U-16 2018 di Sidoarjo dan Gresik. Pasalnya, panitia pertandingan Piala AFF U-16 tahun ini merancang jadwal pertandingan setiap dua hari sekali. Padatnya jadwal turnamen tentu saja rentan mengakibatkan para pemain mengalami kondisi badan lemas.

Timnas U-16 asuhan Fachry Husaini sudah bermain dua kali, yakni pada 29 dan 31 Juli lalu. Mereka dituntut untuk kembali berlaga di pertandingan fase grup pada tanggal 2, 4, dan 6 Agustus mendatang.

Jika Timnas Indonesia U-16 lolos ke pertandingan semifinal dan final, mereka akan kembali bermain pada 9 Agustus dan 11 Agustus. Itu menandakan bahwa mereka akan memainkan tujuh pertandingan dalam waktu 14 hari. Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan badan lemas di kemudian hari.

Badan lemas dan cara mencegahnya

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, badan lemas terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena kurang mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, gangguan elektrolit tubuh, kurang darah atau anemia, serta kurang cairan atau dehidrasi.

Dalam mengatasi keluhan itu, dr. Rio menganjurkan untuk banyak minum air putih dan cukup tidur.

“Minum banyak dianjurkan karena biasanya badan mengalami dehidrasi. Sedangkan, tidur cukup bisa membuat seseorang kembali fokus,” ungkap dr. Rio.

Melengkapi penjelasan di atas, dr. Sepriani Trimurtini Limbong dari KlikDokter memberikan beberapa pilihan makanan yang dapat membantu mengatasi badan lemas. Berikut beberapa di antaranya:

● Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks yang bisa dimakan untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan cepat adalah: kentang, nasi merah, roti gandum, dan serealia gandum. Semua bahan makanan tersebut mengandung serat, yang berguna untuk mencegah dan mengatasi keluhan badan lemas.

● Protein yang cukup

Protein berhubungan dengan pembentukan hormon, regenerasi sel, dan pembentukan otot. Jadi, dengan memenuhi kebutuhan protein setiap hari, badan lemas tak akan terjadi lagi. Protein bisa didapatkan dari makanan, seperti daging merah, telur, ikan, kacang kedelai, keju, dan susu.

● Vitamin dan mineral

Badan lemas tidak hanya bisa dialami oleh atlet sepakbola maupun masyarakat pada umumnya. Bagi Anda yang sedang mengalami badan lemas,  konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi, seperti sayur dan buah-buahan.

● Zat besi

Zat besi berhubungan dengan darah. Seperti telah disinggung di atas, badan lemas bisa terjadi akibat kurang darah alias anemia. Karena itu, dengan memenuhi kebutuhan zat besi setiap hari, risiko anemia bisa menghilang sama sekali, dan badan lemas juga tak akan terjadi.

Selain melakukan tips di atas, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Jauhi rokok atau minuman beralkohol, lakukan olahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, dan hindari stres. Dengan ini semua, badan lemas maupun masalah kesehatan lainnya niscaya tak akan terjadi, dan kondisi tubuh Anda diharapkan bisa sebugar atlet yang ikut Turnamen AFF U-16.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar