Sukses

Cara Ampuh Mengatasi Maag saat Hamil

Maag merupakan salah satu penyakit yang bisa mengganggu kehamilan. Bagaimana cara mengatasi maag saat hamil? Mari ketahui tipsnya di sini.

Saat hamil, ibu banyak mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah maag atau mag. Ibu hamil rentan mengalami maag karena adanya desakan ke bagian atas akibat rahim yang semakin hari semakin membesar. Alhasil, asam lambung mudah sekali naik ke atas dan menimbulkan gejala maag

Untuk mengatasi maag saat hamil, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut cara mengatasi maag yang ampuh dan aman. 

1 dari 4 halaman

1. Makan Tepat Waktu

Makan tepat waktu merupakan cara sederhana namun ampuh untuk menghindari maag saat hamil. Makan besar sebanyak tiga kali dan konsumsi snack (makanan selingan) dua kali dalam porsi sedang, merupakan aturan makan yang baik bagi ibu hamil. 

Jarak antara waktu makan besar dan snack selingan sebaiknya dilakukan sekitar 2 hingga 3 jam. Apabila ibu hamil mudah merasa begah dan mual, maka dianjurkan untuk makan lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil.

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Maag?

2. Hindari Makanan Asam dan Pedas

Sebaiknya ibu hamil menghindari makan makanan pedas dan asam karena dapat memicu pengeluaran asam lambung dalam jumlah berlebihan. Kedua makanan ini juga perlu dihindari apabila ibu hamil memiliki riwayat maag sebelumnya.

Kendati begitu, bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan asam dan pedas sama sekali, ya. Tingkat keasaman, kepedasan, serta frekuensi makan makanan tersebut perlu dikurangi terlebih dahulu agar ibu tidak mengalami gejala mag saat hamil. 

3. Hindari Kafein

Mengonsumsi minuman berkafein juga dapat memicu tubuh mengeluarkan asam lambung dalam jumlah banyak. Selain itu, kafein tidak hanya terdapat di dalam kopi, melainkan juga terkandung di minuman seperti teh dan coklat. 

Bila mengonsumsi minuman berkafein terlalu sering, dikhawatirkan gejala maag dapat muncul. 

Artikel Lainnya: Ibu Hamil, Lakukan Ini Saat Alami Nyeri Ulu Hati

2 dari 4 halaman

4. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di dalam lambung. Waktu transit yang lebih lama ini memicu pengeluaran asam lambung berlebihan sehingga dapat menyebabkan ibu merasakan gejala maag.

Oleh karena itu, sebaiknya makanan berlemak perlu dihindari atau dikurangi konsumsinya saat sedang hamil.

5. Hindari Paparan Asap Rokok

Asap rokok merupakan polusi yang berbahaya, terutama untuk ibu hamil. Menghirup asap rokok terus menerus, berisiko menimbulkan berbagai masalah kehamilan dan gangguan kesehatan janin.

Salah satu dampak menghirup asap rokok saat hamil adalah mag. Maka itu, ibu perlu menghindari paparan asap rokok sebisa mungkin saat hamil. 

6. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Saat hamil, umumnya ibu sering merasa lemas dan kelelahan. Karena kondisi tersebut, tak jarang ibu kerap langsung berbaring setelah makan untuk mengistirahatkan tubuhnya.  

Hal ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan atau dikenal dengan istilah gastroesofageal reflux (GERD). Apabila sering dilakukan, berbaring setelah makan dapat menimbulkan gejala maag. 

Jika mau berbaring, sebaiknya tunggu 30 menit hingga 1 jam setelah waktu makan. 

Artikel Lainnya: 5 Cara Aman Atasi Asam Lambung Saat Hamil

3 dari 4 halaman

7. Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur telentang, terutama saat usia kehamilan trimester tiga, dapat membuat lambung tertekan oleh desakan rahim dan menyebabkan ibu mengalami maag. 

Guna mencegah hal tersebut, ibu hamil disarankan tidur dalam posisi kepala lebih tinggi 30-45 derajat. Caranya, ibu bisa meletakkan beberapa tumpuk bantal saat tidur agar posisi kepala lebih tinggi dari perut. Posisi tidur ini dapat menghindari aliran balik asam lambung ke tenggorokan.

8. Minum Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

Jika dengan berbagai cara di atas maag yang dialami ibu hamil tidak membaik atau justru merasakan nyeri ulu hati hebat, sebaiknya segera berobat ke dokter. Dokter akan memberikan obat-obatan penekan asam lambung dan antimual yang aman untuk ibu hamil. 

Obat dari dokter dapat mengatasi gejala maag dan tentunya aman untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Kini Anda telah mengetahui cara mengatasi gejala maag saat hamil. Bila ingin tahu cara mengatasi masalah kesehatan lain saat hamil, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Sementara itu, jika ingin berkonsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur Live Chat.

(OVI-JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar