Kesehatan Umum

Tips Pertolongan Pertama Korban Bencana seperti Gempa Lombok

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 30 Jul 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lakukan hal-hal berikut sebagai langkah pertolongan pertama saat menghadapi bencana alam, seperti gempa Lombok yang terjadi baru-baru ini.

Tips Pertolongan Pertama Korban Bencana seperti Gempa Lombok

Gempa bumi mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bali pada Minggu (29/7) lalu. Gempa Lombok berkekuatan 6,4 SR tersebut menyebabkan kerusakan rumah warga dan membuat banyak korban berjatuhan.

Tak berhenti sampai di situ, hingga sore pun warga dikabarkan masih merasakan gempa susulan. Sejauh ini, diketahui ada 14 korban jiwa akibat bencana alam ini.

Kiat pertolongan pertama

Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Hal tersebut membuat Indonesia rentan mengalami gempa bumi.

Karena bencana ini dapat terjadi kapan saja, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai langkah pertolongan pertama saat menghadapi gempa bumi. Berikut ini beberapa kiat yang dapat Anda lakukan.

  1. Tetap tenang. Hal ini memang sulit untuk dilakukan, terutama bila sedang dalam kondisi bencana alam. Namun, dengan tetap tenang, Anda dapat menyelamatkan diri dan keluarga.
  2. Kenali lokasi Anda. Tindakan pertama yang dilakukan saat gempa bergantung pada lokasi Anda berpijak.
    1. Jika di dalam ruangan, berlindunglah di bawah meja atau lindungi kepala dengan bantal maupun papan agar tidak terkena benda yang berjatuhan. Bila Anda sedang berada di pusat perbelanjaan atau perkantoran, bergeraklah menuju jalur evakuasi dan titik kumpul saat terjadi bencana
    2. Jika berada di luar rumah, merunduklah dan lindungi kepala Anda dengan penutup. Menjauhlah dari gedung atau tiang, sebaiknya Anda berjalan menuju daerah terbuka.
  3. Bergerak dengan cara merangkak atau merunduk serta lindungi kepala dan leher. Posisi tersebut akan mengurangi risiko Anda terjatuh ataupun terkena benda-benda yang membahayakan.

Selanjutnya

  1. Hindari area yang tidak stabil. Jendela dan pintu yang terbuat dari kaca harus dihindari. Gempa dapat menyebabkan kaca pecah, dan Anda berisiko terkena pecahan kaca.
  2. Segera lakukan pertolongan pada luka. Setelah gempa terjadi, Anda mungkin akan mengalami beberapa luka atau kondisi medis lainnya. Hal berikut dapat Anda lakukan bila mengalami luka
    1. Luka terbuka. Bila Anda mengalami luka terbuka dan berdarah, tutuplah luka dengan kain sambil menekannya sedikit agar aliran darah melambat dan kemudian berhenti.
    2. Patah tulang. Bila Anda merasa sulit menggerakkan salah satu anggota tubuh karena terasa sangat nyeri, ada kemungkinan Anda mengalami patah tulang. Pada kondisi ini, mintalah bantuan orang lain untuk mempertahankan posisi badan Anda. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak bergerak untuk menghindari cedera lebih lanjut.
    3. Luka akibat benda asing. Bila terdapat benda asing yang tertancap pada tubuh, seperti batu, besi, logam, dan sebagainya, jangan segera mencabut benda tersebut. Minta bantuan orang lain untuk memindahkan Anda ke tempat yang aman hingga petugas datang dan menanganinya.
    4. Bila Anda sulit bergerak atau terhimpit puing bangunan, gunakan benda terdekat yang dapat menimbulkan bunyi untuk memanggil petugas atau orang di sekitar.
  3. Hubungi nomor penting. Anda perlu menyimpan atau mengingat nomor penting seperti kantor polisi, rumah sakit, dan ambulans. Hubungi nomor-nomor tersebut dan jelaskan dengan tenang kondisi yang terjadi.

Saat bencana alam gempa bumi terjadi, sangat wajar bila Anda merasa panik. Hal ini jugalah yang pastinya dialami warga sekitar saat terjadi gempa Lombok. Meski demikian, usahakanlah untuk tetap tenang dan lakukan berbagai langkah pertolongan pertama di atas agar Anda dapat bertahan dan menolong orang lain.

[NP/ RVS]

Bencana AlamGempa BumiGempagempa lombokPertolongan Pertama

Konsultasi Dokter Terkait