Sukses

Wajib Tahu, Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Para ahli kesehatan mengatakan, 1000 hari pertama kehidupan adalah periode emas bagi tumbuh kembang anak. Apa yang harus dipersiapkan?

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mendengar tentang 1000 hari pertama kehidupan (HPK)? Kampanye mengenai pentingnya 1000 HPK belakangan ini kian gencar. Untuk itu, sebagai orang tua yang memiliki anak, akan memiliki anak, atau berencana memiliki anak, harus mengetahui seluk-beluk 1000 HPK untuk optimalisasi tumbuh kembang anak. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Mengapa 1000 hari pertama kehidupan penting?

Seribu hari pertama kehidupan bukan dimulai sejak bayi lahir, melainkan sejak pertama kali terjadinya pembuahan. Seribu hari pertama kehidupan terdiri dari 9 bulan dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Perkembangan massa otak 70-80% terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan. Itu sebabnya, masa kritis pertumbuhan dan perkembangan seorang anak sangat ditentukan pada masa 1000 hari pertama kehidupan. Jika pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak optimal pada 1000 hari pertama kehidupan, berbagai masalah dapat terjadi pada usia remaja hingga dewasa.

Sebaliknya, keberhasilan pada 1000 hari pertama kehidupan anak dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, masa 1000 hari pertama kehidupan sangatlah penting dan tidak boleh terlewatkan.

1 dari 3 halaman

Apa peran nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan?

Salah satu aspek yang di-highlight pada program 1000 hari pertama kehidupan adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi secara optimal. Kebutuhan nutrisi anak harus dipenuhi dengan baik sejak masih berada dalam kandungan. Pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik selama kehamilan dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Bayi yang lahir prematur atau berat lahir rendah tentunya memiliki risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi setelah lahir. Hal ini karena sistem imunitas tubuh sangat berkaitan dengan status nutrisi.

Setelah lahir, periode 2 tahun pertama merupakan masa yang sangat vital dalam perkembangan kemampuan makan anak. Itu sebabnya, praktik infant feeding practice selama 2 tahun pertama kehidupan haruslah benar,  meliputi:

  • Benar jenis makanan yang diberikan
  • Benar bentuk (konsistensi) makanan yang diberikan
  • Benar jumlah makan yang diberikan
  • Benar frekuensi makan yang diberikan

Selain itu, aspek keamanan makanan juga sangat penting untuk diperhatikan.

2 dari 3 halaman

Bahaya malnutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan

Kekurangan nutrisi dapat menimbulkan berbagai dampak bagi anak, seperti mudah sakit akibat rendahnya daya tahan tubuh, perkembangan tidak optimal, perawakan pendek, anemia, kecerdasan yang kurang, serta kapasitas kerja yang kurang akibat massa otot yang kurang saat dewasa.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi malnutrisi adalah praktik pemberian makanan pada bayi yang salah, kemiskinan, akses kesehatan yang sulit, kurangnya sumber air bersih, serta higienitas yang buruk. Sebaliknya, pemberian nutrisi yang berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Obesitas pada anak juga dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Risiko penyakit metabolik meliputi tekanan darah tinggi, kadar lemak dalam darah yang tinggi, penyakit kencing manis (diabetes) meningkat pada anak yang mengalami obesitas. Akibatnya, risiko kesehatan seperti penyakit jantung koroner serta stroke juga meningkat pada kemudian hari.

Tak hanya itu, berbagai komplikasi kesehatan lain dapat muncul pada anak dengan obesitas, seperti risiko asma, sumbatan jalan napas saat tidur, masalah tulang, perlemakan hati, dan gangguan psikologis.

Cara mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan

Kondisi tersebut harus didukung dengan menjaga pemenuhan nutrisi seimbang selama kehamilan. ASI eksklusif juga harus diberikan selama 6 bulan pertama. Selain itu,  untuk mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan perlu ditambah makanan pendamping ASI (MPASI) yang tepat untuk bayi di atas 6 bulan.

Selain nutrisi, aspek penting lainnya yang sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang anak berjalan lancar adalah pemberian stimulasi, imunisasi, kasih sayang, dan terjaganya higienitas.

Mengingat pentingnya 1000 hari pertama dalam kehidupan Anak, orang tua perlu mempersiapkan hal ini dengan baik dan saksama. Karena kualitas 1000 hari pertama inilah yang akan memengaruhi kesehatan anak di kemudian hari.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar