Sukses

Tips Agar Anak Makin Cerdas dan Kreatif

Beberapa orang tua hanya memperhatikan aspek kecerdasan dari aspek ilmu berhitung atau sains. Padahal, aspek kreativitas juga sangat penting untuk diperhatikan.

Tanggal 23 Juli 2020 bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Banyak orang tua yang hanya memperhatikan aspek kecerdasan anak dari aspek ilmu pasti seperti berhitung, sains, atau ilmu pengetahuan sosial dan umum. Padahal tidak hanya sebatas pintar dalam pelajaran sekolah, anak juga harus memiliki kreativitas.

Kreativitas merupakan bekal bagi anak dalam menghadapi kehidupan yang sebenarnya nanti. Dalam praktik dunia kerja, tidak semua akan berjalan sesuai dengan teori. Itulah mengapa orang yang memiliki kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya yang ada yang akan lebih sukses dalam dunia kerja. 

Nah, untuk mendapatkan kemampuan kreativitas tersebut, anak perlu dilatih sejak usia dini. Kreativitas yang dilatih sejak kecil akan terbawa hingga anak dewasa kelak. Berikut beberapa cara meningkatkan kreativitas anak Anda.  

1 dari 2 halaman

Tips Mengasah Kecerdasan dan Kreativitas Anak

Berikut ini adalah cara mengasah kreativitas anak yang bisa orang tua lakukan:

  1. Ajak Anak untuk Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang sangat lazim dan disenangi oleh anak. Selain melatih anak belajar mengenal warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga dapat melatih kreativitas anak. 

Biarkan anak mengeksplorasi diri dengan menggambar hal-hal yang ia senangi sesuai dengan imajinasinya. 

Artikel Lainnya: 4 Hal yang Menghambat Kreativitas Anak

  1. Lakukan Permainan Mainan Susun atau Rakit

Bermain mainan susun seperti lego atau mainan yang dapat dirakit juga dapat melatih kreativitas anak mengenai bentuk dan abstraksi ruang tiga dimensi. 

Berikan contoh kepada anak mengenai bentuk-bentuk dasar, kemudian biarkan anak bereksplorasi membuat bentuk-bentuk yang ia senangi. Dengan demikian, anak akan lebih kreatif dalam menciptakan sesuatu. 

  1. Bernyanyi dan Bermain Alat Musik

Cara meningkatkan kreativitas anak juga bisa melalui musik. Dengarkan lagu-lagu ceria kepada anak Anda. Musik dan lagu akan melatih daya dengar anak. 

Setelah mendengar, ajarkan anak untuk menyanyi. Alat musik juga dapat mulai diperkenalkan sejak kecil. Biarkan anak memilih sendiri mana jenis alat musik yang digemarinya. 

  1. Eksplorasi Alam bersama Anak

Mengeksplorasi alam juga dapat menjadi kegiatan kreatif untuk anak. Dengan mengeksplorasi alam, anak dapat mengerti bagaimana cara menyiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk mengeksplorasi alam. 

Jika ada kesempatan, ajak anak untuk mengikuti kegiatan Pramuka untuk lebih memperdalam hal tersebut. 

Artikel Lainnya: Punya Banyak Mainan Bikin Anak Tidak Kreatif?

  1. Kenalkan Buku-Buku Menarik

Saat ini banyak sekali buku-buku anak yang menarik untuk anak. Ada buku mengenai pengenalan benda, buku mewarnai, dan jenis buku lainnya yang dapat melatih keterampilan si Kecil. Mengenalkan buku bacaan sejak dini dapat Anda manfaatkan untuk merangsang imajinasi sekaligus kreativitas anak. 

  1. Berikan Motivasi dan Pujian Terhadap Hasil Karya Anak

Memberikan pujian terhadap karya-karya anak sangat penting untuk meningkatkan motivasi anak dalam membuat karya-karya baru. Hargai sesederhana apapun karya-karya yang dihasilkan oleh anak agar ia senang. 

  1. Berikan Nutrisi Seimbang untuk Anak

Salah satu cara meningkatkan kreativitas anak adalah dengan memberikan nutrisi seimbang. Ingatlah bahwa kreativitas membutuhkan kemampuan otak yang baik. Agar tumbuh kembang otak anak optimal, pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi seimbang yang meliputi makronutrien dan mikronutrien. 

Berikan nutrisi sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Monitor secara rutin pertumbuhan dan perkembangan anak di fasilitas-fasilitas kesehatan. 

  1. Pastikan Waktu Tidur Anak Cukup

Tidur juga merupakan aktivitas yang penting untuk anak. Saat tidur, hormon pertumbuhan anak akan dikeluarkan. Tidur juga mengembalikan energi anak untuk kembali aktif setelah bangun tidur. 

Jadi, jangan sampai banyaknya aktivitas anak mengurangi waktu tidur anak. Waktu tidur untuk anak usia 0-3 bulan adalah 15-18 jam; 4-11 bulan adalah 15 jam; 1-2 tahun selama 11-14 jam; 3-5 tahun selama 11-13 jam; 6-13 tahun selama 9-11 jam; 13-18 tahun selama 8-9 jam.

Itu dia beberapa tips sederhana untuk menunjang tingkat kecerdasan dan kreativitas anak. Yuk, terapkan kebiasaan baik di atas sebagai upaya memeriahkan Hari Anak Nasional!

Untuk informasi menarik lainnya seputar tumbuh kembang anak, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

2 Komentar