Sukses

Tak Ingin Alami Kebutaan, Rajinlah Makan Jeruk

Menghindari kebutaan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, salah satunya rajin makan jeruk. Ikuti ulasan selengkapnya di sini.

 

Klikdokter.com, Jakarta Mata adalah salah satu organ yang sangat vital bagi kehidupan. Oleh karenanya, merawat mata dengan baik adalah hal yang sangat penting. Nah, katanya salah satu cara mudah untuk merawat mata dan menghindari kebutaan di kemudian hari adalah dengan makan jeruk. Benarkah?

Kebutaan adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), seseorang dikatakan mengalami kebutaan bila memiliki tajam penglihatan kurang dari 3/60. Hilangnya lapang pandang hingga kurang dari 10 derajat pada mata yang lebih sehat dengan koreksi terbaik juga termasuk kebutaan.

Sederet penyebab kebutaan

Kebutaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yang dipaparkan oleh dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter sebagai berikut:

1. Katarak

Katarak terbentuk ketika lensa mata yang jernih berubah menjadi berawan. Ini menyebabkan cahaya sulit masuk ke dalam mata, sehingga penglihatan menjadi kabur. Kondisi ini sebagian besar berhubungan dengan penuaan.

2. Kelainan refraksi yang tidak terkoreksi

Rabun jauh, rabun dekat, dan mata silindris yang tidak terkoreksi dapat menyebabkan kebutaan. Salah satu yang menjadi perhatian ialah rabun jauh. Kondisi ini dapat berkembang pesat pada masa kanak-kanak. Kelainan ini lebih berisiko terjadi pada anak yang membaca lebih dari dua buku dalam seminggu, dan hanya menghabiskan sedikit waktu bermain di luar ruangan.

3. Glaukoma (peningkatan tekanan bola mata)

Glaukoma merusak saraf optikus mata. Hal ini biasanya terjadi ketika cairan di dalam mata terakumulasi. Akibatnya, terjadi peningkatan tekanan bola mata sehingga merusak saraf mata. Sering kali pasien tidak merasakan gejala pada awalnya, tapi dapat terdeteksi melalui pemeriksaan mata yang komprehensif.

4. Degenerasi makula terkait usia

Penyakit ini menyerang makula, yaitu bagian mata yang memungkinkan Anda untuk melihat sesuatu secara detail. Degenerasi makula terkait usia merusak penglihatan sentral yang tajam, yang berguna untuk melihat objek secara jelas. Hal tersebut dapat mengganggu kemampuan membaca, mengemudikan kendaraan, menonton televisi, dan melakukan aktivitas harian.

5. Retinopati diabetikum

Seperti namanya, kondisi ini disebabkan oleh penyakit diabetes. Retinopati diabetikum memengaruhi retina, yaitu jaringan mata yang sensitif terhadap cahaya dan terdapat di belakang mata.

Mungkin saat ini Anda tidak memiliki gangguan pada mata. Namun, harus diingat bahwa gaya hidup dan bertambahnya usia dapat menyebabkan penurunan fungsi penglihatan, bahkan tak jarang hingga mengalami kebutaan. Terdengar mengerikan, bukan?

Nah, supaya hal terburuk tersebut tidak terjadi, ternyata Anda dapat mencegah penurunan fungsi organ mata lewat asupan nutrisi. Salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi buah jeruk.

1 dari 2 halaman

Mencegah kebutaan dengan konsumsi jeruk

Dilansir dari laman Newsweek, ada penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi jeruk bisa membawa manfaat baik terhadap kesehatan mata. Penelitian ini mengungkapkan bahwa orang-orang yang makan jeruk secara rutin cenderung tidak mengalami salah satu penyebab utama kebutaan.

Tim peneliti di Westmead Institute for Medical Research, Australia, melakukan pendataan pada lebih dari 2.856 orang dewasa Australia yang berusia rata-rata 49 tahun, selama periode waktu 15 tahun.

Data tersebut diambil dari Blue Mountains Eye Study, salah satu studi epidemiologi terbesar di dunia yang diterbitkan pada tahun 1992. Ini termasuk informasi tentang faktor-faktor seperti gaya hidup dan penyakit partisipan yang telah mereka miliki.

Makan setidaknya satu buah jeruk setiap hari dikaitkan dengan penurunan dalam keseluruhan risiko pengembangan degenerasi makula 15 tahun kemudian hingga 60 persen. Penelitian yang diterbitkan di jurnal “American Journal of Clinical Nutrition” ini percaya bahwa flavonoid yang dikandung dalam jeruk dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Sebagai informasi, flavonoid adalah antioksidan bersifat kuat yang ditemukan di sebagian besar buah dan sayuran yang memiliki sifat antiinflamasi.

"Bahkan makan jeruk seminggu sekali tampaknya menawarkan manfaat yang signifikan,” kata Bamini Gopinath, penulis utama studi ini dan profesor epidemiologi di Universitas Sydney, Australia.

Turut membenarkan, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter mengatakan bahwa jeruk (dan buah-buahan sitrus lainnya) kaya akan vitamin C yang penting untuk kesehatan mata.

“Vitamin C membantu menjaga kondisi pembuluh darah yang ada di mata, dan mencegah berbagai penyakit mata degeneratif seperti katarak dan degenerasi makular. Jeruk juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga penting untuk kesehatan mata,” kata dr. Astrid.

Buah jeruk memang bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata dan terhindar dari kebutaan. Namun, Anda tetap harus menjaga kesehatan mata dengan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga secara teratur, serta menghindari berbagai kebiasaan buruk yang merusak mata. Selain itu, periksa ke dokter mata secara rutin juga tak kalah penting, lho!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar