Sukses

Inilah Efek Kolesterol Tinggi Terhadap Mata Anda

Tak hanya menyebabkan penyakit jantung dan stroke, kolesterol tinggi juga mengganggu fungsi mata Anda. Ini dampak kesehatan mata akibat kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi seakan menjadi musuh bebuyutan bagi siapa saja. Ini karena kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung hingga stroke. Tak hanya itu, kolesterol tinggi ternyata juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada mata, lho!

Seperti diketahui, kolesterol tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan terbentuknya plak (sumbatan) di pembuluh darah arteri. Kondisi ini membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah akan mengalami gangguan.

Buruknya, sumbatan kolesterol di pembuluh darah arteri tak hanya terjadi di bagian jantung dan sekitarnya. Diketahui bahwa kondisi tersebut juga dapat terjadi di pembuluh darah arteri seluruh tubuh, termasuk di mata.

Artikel Lainnya: Lawan Kolesterol Tinggi dengan Makan Alpukat

 

1 dari 2 halaman

Gangguan Mata karena Kolesterol Tinggi

Pembuluh darah sekitar mata yang mengalami sumbatan lantaran kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat mencetuskan terjadinya berbagai masalah berikut ini:

  • Oklusi Arteri Retina

Sumbatan pada pembuluh darah arteri retina atau oklusi arteri retina dikenal dengan istilah ‘stroke’ mata. Faktor risiko dari peristiwa tersebut adalah diabetes, merokok, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Karena oklusi arteri retina memengaruhi saraf mata yang menghubungkannya dengan otak, maka gejala utama yang timbul adalah kehilangan atau penurunan kemampuan penglihatan secara mendadak tanpa adanya rasa nyeri pada mata.

 

  • Arkus Kornea

Arkus kornea yang juga sering disebut dengan arkus senilis sering ditemukan pada orang berusia lanjut. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya juga bisa terjadi pada usia 40 tahunan akibat tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Arkus kornea yang terjadi pada usia muda bahkan berkaitan erat dengan penyakit jantung koroner!

Perlu diketahui bahwa kornea seharusnya terlihat jernih secara keseluruhan. Namun pada kasus arkus kornea, akan tampak sebuah cincin putih atau abu-abu yang berada di sekeliling kornea. Kondisi ini disebabkan oleh endapan lemak dan kolesterol.

Jenis gangguan mata karena kolesterol yang satu ini umumnya tidak memengaruhi tajam penglihatan penderita. Meski demikian, kondisi ini tetap perlu diobati untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Artikel Lainnya: Efektifkah Konsumsi Suplemen Penurun Kolesterol?

  • Xanthelasma

Xanthoma adalah endapan lemak di bawah kulit. Jika endapan tersebut terjadi di kelopak atau kulit sekitar mata, maka namanya berubah menjadi xanthelasma.

Xanthelasma terjadi akibat kolesterol tinggi yang tidak terkendali. Endapan lemak ini membentuk bintik atau benjolan kecil berwarna kekuningan di bagian dalam kelopak mata atas dan bawah.

Xanthelasma dapat terjadi pada kedua mata secara bersamaan dan tidak memengaruhi fungsi kelopak mata untuk berkedip, membuka atau menutup. Namun, semakin lama xanthelasma dibiarkan, ukurannya bisa semakin membesar dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Secara umum, gangguan mata karena kolesterol tinggi yang satu ini tidak memerlukan tindakan medis apapun. Akan tetapi, jika dirasa cukup mengganggu, penderita sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan tindakan penanganan yang paling tepat.

  • Retinopati

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kondisi kadar kolesterol yang terlalu tinggi (atau terlalu rendah) dapat menjadi faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya retinopati.

Hal ini khususnya dialami oleh pasien yang mengalami riwayat diabetes.

Artikel Lainnya: 5 Obat Alami untuk Kolesterol Tinggi

Itu dia dampak kesehatan mata akibat kolesterol tinggi yang bisa terjadi pada siapa saja. Anda tentu tak ingin mengalaminya, bukan? Jika memang demikian, mulailah untuk lebih peduli terhadap kadar kolesterol di dalam tubuh sendiri.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol, misalnya dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Di samping itu, terapkan juga gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin dan teratur, menghindari rokok, alkohol, dan stres, serta cukup istirahat setiap hari.

Hindari efek kolesterol tinggi terhadap mata dan organ penting lainnya dengan menerapkan gaya hidup sehat sekarang juga. Jangan ragu untuk periksa ke dokter jika Anda curiga mengalami masalah kesehatan akibat kolesterol tinggi. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter secara online lewat Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar