Sukses

Rahasia Awet Muda Halle Berry Ada dalam Makanan Ini

Halle Berry masih terlihat menakjubkan di usianya yang ke-51. Ternyata, makanan ini jadi andalannya untuk tampak awet muda!

Klikdokter.com, Jakarta Setelah melihat foto Halle Berry yang terpampang, Anda tentunya setuju bahwa ia tak terlihat seperti sudah berusia 51 tahun. Iri dengan penampilannya boleh, tapi jangan patah semangat. Ternyata, salah satu rahasia awet muda aktis film Catwoman ini ada dalam makanan yang bisa Anda segera masak!

“Anda bisa dengan mudah membuatnya di rumah! Tinggal pergi ke tukang daging dan beli tulang untuk Anda jadikan kaldu,” ungkap Halle dalam sebuah wawancara kepada Extra. “Rebus tulang selama 24 jam, lalu minum kaldunya. Kaldu tersebut sangat kaya akan kolagen,” lanjutnya.

Mengenai kaldu tulang yang dikonsumsi aktris peraih Oscar ini, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter membenarkannya.

“Untuk memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit agar tetap lembut dan kenyal, kolagen bisa Anda andalkan. Ibarat bangunan, kolagen adalah lem atau semen yang menyatukan bata yang menyusun bangunan tersebut. Karena itu, kolagen sangat penting untuk menjaga keutuhan kulit,” kata dr. Astrid.

Pertahankan produksi kolagen selepas usia 25 tahun

Kolagen merupakan protein yang dapat ditemukan di seluruh tubuh. Hampir 30 persen dari tubuh manusia terdiri dari kolagen. Tak hanya di kulit, tapi juga di kuku, rambut, dan sendi. Tubuh manusia dapat memproduksi kolagennya sendiri. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami di tubuh akan menurun. Inilah masa tanda-tanda penuaan, terutama penuaan dini, kerap muncul.

Kandungan kolagen dalam tubuh kita  menurun sebanyak 1,5 persen setiap tahunnya mulai usia 25 tahun. Sehingga diperlukan bantuan asupan dari luar untuk membentuk kolagen dalam tubuh. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen.

Ada banyak sumber kolagen. Dikatakan oleh dr. Astrid, “Untuk membantu tubuh memenuhi kebutuhan kolagen, Anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi akan kolagen seperti kaldu tulang sapi atau ayam, sayuran hijau, ikan salmon, telur, dan alpukat.”

1 dari 2 halaman

Selain kolagen, nutrisi ini juga diperlukan untuk bisa tampak awet muda

Menurut penelitian yang dipublikasikan di “International Journal of Cosmetics”, disebutkan bahwa vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh. Konsumsi kolagen bersama dengan vitamin C dan glikosaminoglikan telah diteliti dapat membantu kesehatan kulit. Makanan yang kaya akan vitamin C adalah blueberry, stroberi, kiwi, jambu, grape seed, dan beragam jenis jeruk.

Dikatakan lagi oleh dr. Astrid, yang juga diperlukan untuk kecantikan kulit adalah antioksidan seperti dari teh hijau; vitamin E dari sumber makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan seperti almond, biji bunga matahari, bayam, asparagus, dan alpukat; serta zink yang sumbernya bisa dari daging sapi, tiram, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk olahan susu.

Ingin tampak awet muda? Lakukan cara-cara ini

Jika menurut Anda usaha Halle Berry untuk sehat, bugar, dan awet muda terlalu merepotkan, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana yang dipaparkan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter ini.

  • Gunakan tabir surya. Paparan sinar ultraviolet dapat merusak kolagen, sehingga menimbulkan kerutan, flek, dan masalah penuaan lainnya. Untuk mencegahnya, gunakan tabir surya setiap akan keluar rumah.
  • Cukup tidur. Kurang tidur akan membuat kulit cenderung bermasalah, seperti kulit kering dan berjerawat. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan munculnya “mata panda”, alias lingkaran hitam di sekitar mata! Oleh karena itu, cukupi kebutuhan tidur paling tidak 8 jam setiap harinya.
  • Hindari merokok dan asap rokok. Rokok mengandung racun yang dapat mengakibatkan kulit keriput, kering, kusam, dan hilang kekenyalannya. Jika ingin tampil awet muda, pastikan Anda selalu terhindar dari rokok maupun paparan asapnya (perokok pasif).
  • Minum banyak air putih. Minum banyak air putih mampu menjaga kelembapan kulit, yang nantinya turut membuat Anda terhindar dari penuaan dini. Minumlah minum air putih sebanyak delapan gelas per hari.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Makanan atau suplemen yang mengandung kolagen vitamin C, vitamin E, dan antioksidan dapat mencegah proses penuaan dini.

Nah, selain dengan memasak kaldu tulang untuk mendapatkan manfaat dari kolagen untuk kulit, lakukan juga tips di atas. Kombinasikan dengan komitmen gaya hidup sehat serta semangat untuk berolahraga secara teratur. Maka, tampak awet muda seperti Halle Berry tidak lagi sekadar angan. Selamat mencoba!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar