Sukses

Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Apa tanda dan gejala dari kondisi ini? Cari tahu di sini.

Kolesterol tinggi merupakan gangguan metabolik yang cukup umum ditemui. Jika keadaan ini tidak dikendalikan dengan baik, risiko penyakit jantung dan stroke akan menjadi semakin tinggi.

Menurut banyak ahli, kolesterol tinggi adalah keadaan yang kerap hadir tanpa disadari. Seseorang biasanya baru akan sadar bahwa dirinya mengalami kolesterol tinggi saat timbul gejala yang berarti. 

1 dari 2 halaman

Apa Saja Gejala Kolesterol Tinggi?

Saat terjadi pengendapan kadar kolesterol yang berlebihan, akan terjadi hambatan ada aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa gejala kolesterol tinggi yang cukup umum ditemui:

  1. Rasa Tidak Nyaman di Tengkuk

Tanda kolesterol  tinggi yang pertama adalah rasa tidak nyaman di tengkuk. Salah satu keluhan yang cukup sering terjadi akibat kolesterol tinggi adalah rasa pegal atau kaku di tengkuk. Mekanisme yang diduga mendasari keluhan ini adalah adanya gangguan aliran darah pada otot.

Namun demikian, rasa tidak nyaman di tengkuk bukanlah gejala pasti kolesterol tinggi. Ini karena keluhan tersebut juga dapat disebabkan oleh kondisi lain, seperti radang sendi, fibromyalgia, kejang otot, dan lainnya.

Artikel Lainnya: 5 Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner Secara Alami

  1. Kesemutan

Ciri-ciri kolesterol tingggi selanjutnya adalah kesemutan. Apakah tangan Anda sering terasa kebas atau kesemutan? Jika ya, Anda patut curiga adanya kolesterol tinggi di dalam tubuh. Ini karena penelitian menyebutkan bahwa kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.

Meski demikian, kolesterol tinggi bukanlah satu-satunya penyebab tangan kebas atau kesemutan. Banyak kondisi medis lain yang juga dapat menyebabkan keluhan tersebut, seperti rematik, infeksi tulang belakang, diabetes mellitus, dan lain-lain.

  1. Nyeri Dada

Kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi turut meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ini karena LDL adalah salah satu komponen yang berperan pada terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis).

Plak itu dapat menyumbat pembuluh darah jantung dan menyebabkan peredaran darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan. Salah satu keluhan yang kerap timbul akibat hal tersebut adalah nyeri dada.

  1. Xanthelasma

Xanthelasma adalah kolesterol yang mengendap di bawah jaringan kulit. Keluhan yang terjadi akibat kondisi ini biasanya berupa noda berwarna kuning muda di ujung kelopak mata atau muncul bentolan kecil padat pada bagian lipatan tubuh, seperti siku, tumit, atau lutut.

Artikel Lainnya: Seberapa Besar Pengaruh Minyak Goreng pada Kolesterol Tinggi?

  1. Perlemakan Hati

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan perlemakan hati. Keluhan yang timbul akibat keadaan tersebut dapat berupa rasa tidak nyaman, begah, atau mual.

Sesuai dengan namanya, perlemakan hati adalah keadaan ketika hati manusia dipenuhi dengan lemak dengan kadar yang lebih tinggi. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko Anda menderita sirosis dan kanker hati.

  1. Gejala Stroke

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan terjadinya plak di pembuluh darah otak. Kondisi ini membuat otak tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup, sehingga seseorang dapat mengalami gejala berupa kelemahan di satu sisi tubuh, nyeri kepala, atau muntah menyemprot.

Itulah beberapa tanda-tanda kolesterol tinggi yang dapat kami jabarkan. Jika Anda merasa pernah mengalami salah satunya, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. Jangan biarkan kolesterol tinggi membunuh Anda secara perlahan dan diam-diam.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar