Sehat dan Bugar

7 Tips Olahraga untuk Orang Pemalas

Rieke Saras, 29 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda selalu merasa malas untuk berolahraga? Atau kata “olahraga” terdengar sangat membosankan? Coba, deh, trik ini supaya lebih semangat.

7 Tips Olahraga untuk Orang Pemalas

Semua orang sudah tahu manfaatnya olahraga. Tapi tak semua orang mau berolahraga rutin. Alasannya banyak, bisa karena Anda memang seorang pemalas, merasa olahraga sebagai hal paling membosankan di dunia, tidak punya waktu cukup, dan sebagainya.

Sebenarnya, sayang sekali jika Anda melewatkan hari tanpa berolahraga. Menurut para ahli, beraktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik serta jiwa. Metabolisme akan lancar, begitu juga dengan pikiran dan mood Anda.

Jika belum terbiasa berolahraga, Anda tidak perlu terlalu ambisius dalam memulainya. Langsung melakukan olahraga yang berat untuk mencapai 150 menit per minggu hanya akan membuat Anda jatuh ke lubang yang sama: kemalasan.

Sebagai permulaan, lakukan kegiatan yang sederhana dan tampak mudah terlebih dulu. Lama-lama Anda bisa meningkatkan frekuensi dan intensitasnya. Dilansir berbagai sumber, ini caranya agar Anda bisa mendapatkan tubuh yang fit tanpa merasa susah payah:

  1. Naik tangga. Jika Anda kerja di gedung bertingkat, misalnya, cobalah naik tangga ketimbang lift untuk mencapai kantor. Apalagi jika lantai tempat Anda bekerja tak tinggi-tinggi amat.
  2. Jalan kaki. Anda terbiasa ke mana-mana naik mobil atau motor? Mulai sekarang, gunakan kaki Anda untuk melangkah ke tempat yang ingin dituju. Awalnya mungkin terasa aneh, tapi sebenarnya ini adalah cara yang paling mudah untuk membuat Anda bergerak.
  3. Tidak duduk berlama-lama. Tahu, kan, kalau sitting is the new smoking? Jadi jangan duduk di depan laptop terus. Angkat pantat Anda dari kursi setiap setengah jam sekali dan keluarlah berjalan-jalan (meski itu hanya ke toilet atau dapur untuk bikin kopi).
  4. Sit-up & push-up. Ya, coba lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up setiap harinya. Karena menggerakkan tubuh sedikit saja lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan? Jika Anda sudah terbiasa, bisa ditingkatkan menjadi 20 kali dan seterusnya.
  5. Setel musik dan coba lari-lari kecil. Bagi orang pemalas, berlari selama setengah jam mungkin akan terasa seperti di neraka 10 tahun. Tak perlu repot, Anda bisa memasang satu lagu kesukaan Anda lalu cobalah lari-lari kecil sepanjang alunan musik. Lakukan dengan sepenuh hati dan tahu-tahu 3-5 menit sudah berlalu begitu saja.
  6. Gerakkan tubuh di sela iklan TV. Orang pemalas pastinya suka nonton TV. Jadi kenapa tidak menggabungkannya dengan olahraga? Jika acara favorit Anda sedang dijeda iklan, mari gunakan waktu tersebut untuk bergerak. Misalnya: burpee, skipping, squat, atau melompat-lompat bersama anjing peliharaan Anda. Selain bagus untuk diri Anda, juga melatih anjing Anda untuk lebih aktif, kan?
  7. Bercinta. Setuju, kan, kalau seks adalah salah satu jenis aktivitas fisik yang menyenangkan? Penelitian di Universitas Quebec, Kanada, menunjukkan bahwa bercinta bisa sama efektifnya dalam membakar energi dengan olahraga intensitas sedang. O, ya, wanita bahkan bisa membakar sebanyak 90 kalori saat berhubungan intim!

Untuk Anda seorang pemalas, olahraga mungkin adalah kata yang paling mengerikan di dunia ini. Anda tentu sudah sering mendengar tips dan trik tentang olahraga, tapi apa daya, itu semua tak terlaksana karena Anda terlalu malas.

Tapi tak perlu khawatir. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk lebih bergerak aktif, seperti naik tangga ketimbang lift, berjalan kaki ke supermarket dekat rumah, dan sebagainya.

Intinya, jangan terlalu mengagungkan kemalasan Anda sebagai alasan untuk tidak bergerak sama sekali. Ayo, angkat pantat Anda dan bergeraklah meski hanya kecil-kecilan – siapa tahu dari hal kecil ini Anda bisa jadi lebih berdedikasi untuk benar-benar berolahraga.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RVS]

tubuhOlahragadudukmalasMetabolisme

Konsultasi Dokter Terkait