Sukses

Tips Detoksifikasi Tubuh Setelah Berhenti Pakai Narkoba

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam rangka detoksifikasi tubuh setelah berhenti dari narkoba.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak dapat disangkal bahwa narkoba adalah sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Terlebih lagi jika digunakan bertahun tahun, sehingga kadarnya melebihi kapasitas tubuh untuk beradaptasi. Walaupun membahayakan, narkoba dapat dibersihkan dari dalam tubuh lewat detoksifikasi tubuh.

Ketika Anda sudah bertekad untuk berhenti menggunakan narkoba, artinya tiba saatnya untuk melakukan detoksifikasi agar tubuh dapat kembali sehat dan sistem organ dapat berfungsi sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Apa itu detoksifikasi?

Manusia hidup tidak dapat lepas dari zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Terlebih lagi pada para pengguna narkoba. Zat racun baik yang berasal dari dalam tubuh itu sendiri ataupun yang berasal dari luar tubuh dalam kadar tertentu dapat dinetralisisr sendiri oleh tubuh lalu dibuang oleh tubuh melalui proses detoksifikasi.

Detoksifikasi adalah proses normal dari tubuh untuk membuang atau menetralkan racun melalui hati, usus besar, ginjal, paru, dan kulit. Hati atau liver merupakan organ terpenting yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh.

Tanpa fungsi hati yang baik, zat racun dalam tubuh akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan kerusakan pada otak serta bagian tubuh lainnya. Bahkan dalam keadaan kerusakan hati yang berat, racun bisa saja tidak dapat dikeluarkan, sehingga dapat menyebabkan kematian.

Tips detoksifikasi tubuh

Selain fungsi hati yang baik, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk detoksifikasi tubuh, terutama setelah Anda menggunakan narkoba:

1. Minum air lebih banyak

Langkah pertama yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air. Minum air dapat membantu fungsi ginjal dan hati dalam membuang racun dalam tubuh. Konsumsi 2,5 hingga 3 liter air per hari akan membantu Anda mengurangi racun dalam tubuh.

2. Asupan makanan yang bergizi seimbang

Saat Anda memasukkan racun dalam tubuh, maka tubuh akan bekerja keras untuk mendorong keluar racun tersebut. Saat inilah organ Anda akan mengalami kelelahan.

Jika Anda menambah  beban dengan mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan berlemak lainnya, maka beban organ dalam tubuh pun akan  bertambah, sehingga akan membuat organ semakin pendek umurnya.

Jadi, konsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral akan dapat membantu Anda meringankan kerja  organ tubuh yang sedang berupaya untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

3. Olahraga

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa racun dalam tubuh dapat keluar melalui semua bagian tubuh, salah satunya dari pori-pori kulit. Olahraga adalah salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari pori-pori kulit dengan mengeluarkan keringat.

Jadi, saat Anda ingin mengeluarkan racun dari dalam tubuh, lakukan olahraga teratur minimal 4 kali dalam seminggu dengan durasi selama minimal 30 menit.

Detoksifikasi tubuh setelah berhenti mengonsumsi narkoba sangat perlu dilakukan untuk kelangsungan hidup pengguna setelahnya. Jadi, coba tips di atas agar tubuh Anda kembali sehat dan bugar usai terlepas dari jeratan narkoba. Dengan demikian, Anda dapat melanjutkan keseharian dengan kualitas hidup yang lebih baik.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • andika jones

    permisi dok , saya mau tnya ... cara cepat menghilangkan racun dalam tubuh yg diakibatkan oleh narkoba itu katanya bisa dihilangkan dg meminum degan setiap hari dan makan mentimun ... apakah benar itu dok?