Sukses

Porsi Minum Kopi untuk Jantung yang Sehat

Kopi dapat memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

 

Kopi memang diyakini bisa menambah semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, mengonsumsi kopi terkadang menimbulkan kekhawatiran, terutama terkait kesehatan jantung.

Kopi cukup sering mendapat predikat kurang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kopi diasosiasikan dengan gejala berdebar-debar, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Karenanya tak sedikit orang yang bertanya, apakah minum kopi baik untuk jantung?

Faktanya, penelitian mengungkapkan bahwa kopi bisa bermanfaat untuk jantung. Terutama jika Anda minum kopi sesuai anjuran yang sehat. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Kopi untuk Jantung

Konsumsi kopi memang dapat memberikan serangkaian gejala pada organ jantung. Namun, terdapat hasil studi yang menarik seputar manfaat kopi untuk jantung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kopi secara rutin memiliki risiko gagal jantung yang lebih rendah. Ini didasarkan pada penelitian Framingham Heart Study, Atherosclerosis Risk in Communities Study dan Cardiovascular Health Study.

Artikel Lainnya: Waspada, Merokok Sambil Minum Kopi Dobel Bahayanya Bagi Jantung!

Ketiga penelitian tersebut melibatkan lebih dari 21.000 orang usia dewasa yang mengonsumsi 3 cangkir kopi per hari dan mengikuti mereka selama 10 tahun.

Hasil analisis data dari ketiga studi populer ini juga dipublikasikan di jurnal Circulation yang dikeluarkan oleh American Heart Association. Info tambahannya, hasil penelitian ini berlaku bagi peminum kopi yang mengandung kafein.

Dalam penelitian lain, minum kopi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner yang lebih rendah. 

2 dari 3 halaman

Anjuran Minum Kopi yang Baik untuk Jantung

Hasil studi terkait manfaat kopi untuk jantung mungkin bisa membuat para penikmat kopi berbangga hati.

Kendati demikian, minum kopi tetap tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena konsumsi kopi yang berlebihan berkaitan dengan serangkaian keluhan kesehatan.

Artikel Lainnya: Minum Kopi Setelah atau Sebelum Minum Obat, Amankah?

Beberapa efek samping kopi, yaitu insomnia, jantung berdebar-debar, kecemasan, dan risiko kecanduan. Ketika telah mengalami adiksi kopi, Anda dapat mengalami gejala nyeri kepala hebat saat tidak mengonsumsinya (withdrawal symptom).

Karena itu, penting bagi Anda untuk menjalani aturan minum kopi yang baik. Berikut adalah tips minum kopi yang sehat demi mendapatkan manfaatnya untuk jantung:

  • Batasi konsumsi Anda hingga 3-5 cangkir kopi setiap harinya. Satu cangkir kira-kira setara dengan 150 mililiter.
  • Maksimal kafein yang dikonsumsi dalam kopi adalah 400 miligram. Kandungan kafein dalam tiap kopi berbeda, maka ini perlu menjadi perhatian. Kopi hitam kira-kira mengandung 40-120 mg kafein dalam 1 cangkirnya.
  • Jenis kopi yang sebaiknya dipilih adalah kopi hitam.
  • Hindari mengonsumsi kopi dengan campuran krim dan gula yang berlebihan. Tingginya asupan lemak dan gula yang terkandung di dalamnya memiliki efek samping terhadap kesehatan.
  • Untuk ibu hamil dan menyusui, asupan kafein perlu dibatasi di bawah 200 miligram per hari.

Manfaat kopi untuk kesehatan jantung memang sudah terbukti secara ilmiah. Namun, jangan lupa bahwa untuk menurunkan risiko penyakit jantung, tetap perlu bergantung pada pola hidup seperti berhenti merokok, memilih makanan sehat, dan rutin berolahraga.

Terakhir, terapkan tips minum kopi yang sehat di atas. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat kopi tanpa perlu mengalami efek samping yang tidak diharapkan.

Punya pertanyaan seputar asupan yang baik untuk kesehatan jantung? Gunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi dengan dokter.

[WA]

1 Komentar