Sukses

5 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat

Liburan mudik lebaran belum tentu Anda bisa beristirahat secara cukup.. Coba perhatikan lima tanda tubuh Anda perlu istirahat.

Klikdokter.com, Jakarta Masih dalam rangka libur Lebaran, padatnya kegiatan mulai dari mudik, berbagai aktivitas Lebaran, hingga begadang nonton Piala Dunia 2018, bisa membuat Anda lupa untuk beristirahat. Faktanya, tubuh dapat menunjukkan tanda-tanda bahwa ia butuh istirahat yang tak boleh Anda abaikan begitu saja.

Berdasarkan penjelasan dari dr. Rio Aditya, tubuh lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, jarang berolahraga, kurang beristirahat, adanya kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah, dan lain-lain.

“Dengan banyaknya penyebab, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, baru mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin nantinya akan diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap,” kata dr. Rio.

Meski demikian, jauh sebelum pemeriksaan dimulai, Anda harus lebih cermat dalam mendeteksi kondisi tubuh. Bagaimana caranya? Dilansir dari laman CNN, inilah tanda-tanda tubuh Anda perlu istirahat.

1. Nyeri otot

Nyeri otot bisa terjadi saat Anda jarang atau bahkan terlalu banyak olahraga. Namun, jika berolahraga secara teratur, Anda seharusnya tak bakal merasakan ini. Berikanlah waktu relaksasi untuk otot selama 24-48 jam untuk bisa pulih di antara sesi latihan. Jika masih merasakan sakit, itu tandanya Anda belum benar-benar memberikan waktu istirahat untuk tubuh. Pemulihan dapat dilakukan selama beberapa hari.

2. Lelah dan suasana hati tak menentu

Perubahan suasana hati, depresi, dan kelelahan adalah indikasi bahwa Anda mungkin terlalu banyak bergerak, beraktivitas, atau berolahraga. Anda pasti sering mendengar bahwa olahraga dapat membuat seseorang lebih bahagia karena diproduksinya endorfin, yaitu zat kimia penangkal stres di otak. Namun, endorfin juga disertai dengan kortisol, yang mana ketika kadar tersebut tinggi dalam jangka waktu yang lama, maka ini dapat berdampak terhadap kesehatan mental.

3. Detak jantung tidak normal

Salah satu cara terbaik untuk memberikan istirahat pada tubuh adalah memeriksa detak jantung Anda. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Rice, Amerika Serikat, denyut jantung yang lebih rendah dari normal dapat menunjukkan hal tersebut. Cobalah mengukur detak jantung Anda setiap harinya. Catat bila suatu saat iramanya tidak menentu.

4. Tubuh terasa kaku

Jika tubuh terasa kaku dan sulit digerakkan, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk bersantai sejenak. Melakukan aktivitas yang sama berulang kali seperti lari, bersepeda, atau angkat beban, jika tidak disertai pemulihan yang tepat akan menyebabkan cedera. Lakukanlah peregangan agar tubuh tetap lentur sehingga terhindar dari cedera.

5. Urine berwarna kuning gelap

Warna urine adalah salah satu indikasi apakah Anda mengalami dehidrasi atau tidak. Diperlukan setidaknya 45 menit bagi tubuh untuk bisa pulih dari dehidrasi ringan. Untuk menghindari kondisi ini, cobalah untuk selalu membawa botol air minum ke mana pun Anda pergi.

Sebagai tips, Anda dapat melakukan sejumlah hal jika tubuh terasa lelah seperti mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu yang bergizi seimbang, banyak minum air putih, serta berolahraga teratur minimal 3x per minggu. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen, tapi lebih baik adalah tetap memprioritaskan asupan nutrisi yang bergizi. Perbanyaklah makan sayur dan buah. Ketahui batasan diri Anda dan jangan terlalu memaksakan diri. Pahamilah lima tanda tubuh Anda perlu beristirahat dengan mengikuti tips di atas demi tubuh senantiasa sehat dan bugar.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar