Sukses

Agar Lebaran Tak Ngantuk Usai Begadang Nonton Piala Dunia 2018

Anda begadang untuk nonton pertandingan sepak bola Piala Dunia 2018? Ikuti tips di bawah ini agar tak ngantuk saat Lebaran bersama keluarga.

Klikdokter.com, Jakarta Pertandingan Piala Dunia 2018 malam ini tentu menjadi keseruan tersendiri bagi Anda yang gemar akan olahraga sepak bola. Tapi jangan lupa, besok adalah saatnya Lebaran. Jadi, usahakan Anda tak ngantuk usai begadang!

“Jam tidur yang tidak teratur membuat waktu istirahat Anda menjadi berantakan juga. Tidak hanya waktu istirahat, waktu makan pun kerap menjadi korban. Sehingga tak heran bila tubuh terasa lelah,” ujar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

Begadang merupakan ketidakteraturan seseorang dalam mengatur jam tidurnya, termasuk ketika menonton Piala Dunia 2018. Berdasarkan jadwal, pertandingan ada yang bisa berlangsung dari pukul 9 malam hingga sekitar 3 dini hari.

Lalu, bagaimana agar Lebaran Anda tak ngantuk usai begadang nonton Piala Dunia 2018? Simak tipsnya sebagai berikut:

1. Penuhi waktu tidur sebelumnya

Mencukupi waktu untuk beristirahat alias tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang. Anda dapat mencoba tidur siang terlebih dahulu sebelum menonton Piala Dunia 2018 pada malam nanti.

“Penelitian yang ada membuktikan bahwa tidur dengan durasi yang sesuai dapat meningkatkan kesigapan sepanjang hari. Karena itu, usahakanlah untuk tidur selama 8 jam dalam sehari,” kata dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

2. Rajin olahraga

Biasakanlah berolahraga dengan frekuensi tiga kali seminggu masing-masing 30 menit. Jika Anda rutin berolahraga, tubuh akan terasa segar dan suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, berolahraga rutin sudah terbukti memberikan keuntungan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Lakukan olahraga yang juga menjadi hobi Anda, misalnya berenang atau bermain bulu tangkis. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa terpaksa atau malas-malasan untuk melakukannya. Supaya lebih semangat, Anda juga dapat mengajak teman atau pasangan.

3. Penuhi kebutuhan cairan setiap hari

Sering kali ketika seseorang begadang sambil menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi, asupan cairan menjadi kurang dan tidak cukup. Bagaimana kita tahu bahwa kebutuhan cairan sudah cukup?

“Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu juga bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi. Berbagai tanda ini bisa menjadi petunjuk bahwa Anda kekurangan cairan dan membutuhkan tambahan cairan,” ujar dr. Alvin Nursalim.

Isi kebutuhan cairan Anda dengan air putih yang cukup. Bila perlu, konsumsi cairan mengandung ion agar lebih baik.

4. Berjemur di bawah matahari

Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk bangun pada pagi hari, sempatkan diri untuk berjemur dan menikmati sinar matahari pagi. Sambil berjemur, ada baiknya Anda menyempatkan berjalan kaki di pagi hari selama 30 menit.

“Berjemur dapat membantu Anda menstabilkan ritme sirkadian dalam tubuh, sehingga tidur dapat menjadi nyenyak pada malam harinya. Berjemur juga baik untuk menjaga kadar vitamin D tubuh Anda, karena aktivasi vitamin D memerlukan sinar matahari,” ujar dr. Alvin.

Vitamin D sendiri penting untuk penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk bangun pagi dan berjemur.

Berencana begadang menyaksikan Piala Dunia 2018 di malam Lebaran? Yuk, ikuti tips di atas agar saat Lebaran Anda tak mengantuk. Dukung tim sepak bola kesayangan boleh, tapi jangan sampai Anda melewatkan momen Idul Fitri bersama keluarga, ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar