Sukses

Menu Lebaran Sehat untuk Keluarga, Lezat dan Bergizi!

Pilihan menu lebaran sehat bisa jadi pilihan untuk disajikan pada keluarga. Mari simak rekomendasi menu lebaran yang sehat dan bergizi di sini.

Setelah satu bulan berpuasa, umat Islam merayakan Lebaran dengan bersilaturahmi dan saling meminta maaf kepada sanak saudara. Momen ini tentunya selalu dilengkapi dengan hidangan khas Lebaran di setiap rumah.

Agar kesehatan Anda dan keluarga senantiasa terjaga, maka Anda perlu menghidangkan beragam menu sehat saat perayaan tersebut Pasalnya, hidangan Lebaran umumnya mengandung santan, lemak, tinggi kalori, serba manis, dan gurih. 

Apabila jenis makanan tersebut dikonsumsi berlebihan, hal itu dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Akibatnya, risiko penyakit jantung dan stroke pun akan ikut meningkat. 

Sebaiknya Anda tetap menjaga kesehatan selama libur Lebaran dengan mengonsumsi hidangan lebaran yang nikmat, tetapi tetap sehat. Berikut sepuluh daftar menu Lebaran sehat yang bisa disajikan di rumah.

1 dari 11 halaman

1. Kurma

Kurma mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh Anda. Dari vitamin B1, B2, B3, B5, A, dan C, protein, hingga mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, magnesium, dan zinc

Dengan berbagai kandungan tersebut, kurma dapat menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Selain itu, kurma juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, stroke, sembelit, serta menurunkan risiko diabetes. 

Artikel Lainnya: Berbagai Pilihan Bahan Makanan Pengganti Santan

2 dari 11 halaman

2. Roti atau Kukis gandum

Daripada menyajikan cake atau kue kering manis berkalori tinggi saat Lebaran, lebih baik Anda menghidangkan roti atau kukis berbahan gandum yang terbukti baik bagi kesehatan.

Peneliti dari Imperial College London di Inggris menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram gandum dalam sehari, meningkatkan asupan serat alami bagi tubuh. Dengan demikian, risiko terkena kanker usus pun akan menurun sebesar 10 persen.

Bahkan, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak sekalipun, gandum mampu memberikan efek baik baik kesehatan. Memasukkan 90 gram gandum ke dalam menu makanan sehari-hari dapat menurunkan risiko terkena kanker usus sebesar 20 persen.

3 dari 11 halaman

3. Opor Ayam Tanpa Santan

Menu opor ayam saat Lebaran sudah menjadi hidangan yang wajib disediakan saat Lebaran. Sayangnya, opor ayam menggunakan banyak santan yang bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

Menghilangkan menu opor ayam dari sajian Lebaran tentunya membutuhkan adaptasi yang tidak mudah. Solusinya, Anda tetap dapat menyajikan makanan lezat ini, namun mengolahnya dengan cara yang lebih sehat.

Bahan pengganti santan yang bisa Anda gunakan antara lain kacang atau kemiri yang ditumbuk halus, susu kedelai, krim rendah lemak, atau plain yoghurt (yoghurt tanpa rasa dan tambahan gula). 

Kemiri dan kacang-kacangan dikenal dapat memberikan rasa gurih dan tekstur creamy yang berasal dari kandungan lemak tak jenuhnya. Jenis kacang lain yang biasa digunakan adalah kacang mede dan almond.

Dengan bahan-bahan pengganti ini, Anda juga dapat membuat garang asam dan sayur bobor bayam tanpa harus menggunakan santan.

4 dari 11 halaman

4. Sajian Daging Tanpa lemak

Rendang daging tentunya sangat menggoda dan menjadi salah satu menu Lebaran yang selalu dinanti. 

Tidak perlu khawatir, Anda tetap dapat menyajikan rendang atau makanan lainnya, namun pilihlah daging tanpa lemak, yaitu bagian has dalam.

Artikel lainnya: Makan Banyak saat Lebaran, Coba Minuman Penurun Kolesterol Ini, Yuk!

5 dari 11 halaman

5. Salad Sayur

Menu ini sebaiknya disajikan di meja makan Anda saat Lebaran. Sayuran dapat membantu menetralkan berbagai makanan yang Anda konsumsi saat Lebaran. 

Selain kaya vitamin, kandungan serat pada sayuran juga dapat memperlancar saluran pencernaan.

6 dari 11 halaman

6. Buah Potong

Jika ingin camilan sehat, sajikan buah-buahan potong untuk  keluarga Anda. Rasa manis alami dari buah-buahan tak akan membuat Anda khawatir berat badan naik usai libur Lebaran berakhir.

7 dari 11 halaman

7. Jus Buah

Daripada menyuguhkan minuman sirup atau soda, lebih baik Anda membuat jus dengan berbagai campuran buah atau sayuran yang sudah pasti sehat. Dengan demikian, tubuh Anda dan keluarga pun tetap bugar selama Idulfitri.

8 dari 11 halaman

8. Tekwan

Tekwan bisa menjadi salah satu pilihan menu Lebaran karena terbuat dari ikan dan berbentuk kuah. Mengonsumsi tekwan dapat  membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Selain itu,  Anda bisa mendapatkan rasa segar dari kuah sop dan ikan tanpa campuran santan. 

9 dari 11 halaman

9. Ketupat Beras Merah

Apabila tetap ingin makan ketupat, gunakan beras merah sebagai pengganti beras putih biasa.

Selain kaya akan serat, beras merah juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga berat badan tidak bertambah terlalu banyak.

Artikel lainnya: Setelah Lebaran, Kenapa Jadi Sulit untuk Kembali ke Pola Makan Sehat?

10 dari 11 halaman

10. Sayur Bayam

Sayur bayam bisa dijadikan pilihan makanan sehat saat Lebaran karena bayam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berbagai menu sehat di atas merupakan inspirasi hidangan Lebaran yang bisa Anda sajikan di rumah saat hari raya nanti. Makan enak, tetap bisa sehat juga kan? Selamat hari raya Idulfitri.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Bila butuh pendapat dokter seputar kesehatan Anda, manfaatkan juga fitur konsultasi LiveChat. 

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar