Sukses

5 Aktivitas Liburan yang Bikin Tubuh Tambah Sehat

Ingin liburan membawa segudang manfaat sehat bagi kesehatan tubuh? Ini aktivitas yang bisa Anda jadikan pilihan.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan merupakan cara yang tepat untuk melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari. Nah, jangan sampai kegiatan selama liburan justru menyebabkan tubuh kelelahan hingga kesakitan, yang berujung pada gagalnya rencana Anda berwisata.

Cobalah untuk melakukan aktivitas-aktivitas di bawah ini agar tubuh Anda semakin sehat selama liburan:

1. Istirahat cukup

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat mengisi kembali energi. Jika tubuh terlalu lelah dan tidak mendapat waktu istirahat yang cukup, daya tahan terhadap penyakit menjadi rendah. Alhasil, risiko terjadinya penyakit infeksi menjadi semakin tinggi.

Anda tak ingin sakit selama liburan, bukan? Jika ya, pastikan Anda tidur selama 7-8 jam di malam hari. Jika memungkinkan, sediakan pula waktu utuk melakukan meditasi. Menurut penelitian, meditasi mampu memberikan serangkaian manfaat kesehatan, seperti membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa cemas, mengatasi stres, hingga menstabilkan emosi.

2. Tetap berolahraga

Anda harus tetap olahraga selama liburan. Tidak perlu yang berat, berjalan kaki atau joging selama 30 menit dalam sehari juga sudah cukup, kok.

Sebisa mungkin, minimalkan penggunaan transportasi bila jarak area wisata berdekatan dengan tempat tinggal Anda. sedangkan, bila menginap di hotel atau vila yang memiliki kolam renang, manfaatkanlah fasilitas tersebut semaksimal mungkin.

Ingatlah bahwa olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar. Aktivitas sehat ini juga terbukti dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke dan lainnya.

3. Menjaga pola makan

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Pastikan pula Anda mengonsumsi makanan ini secara teratur, yakni dengan mengonsumsinya sedikit-sedikit namun sering.

Siapkan makanan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan serat yang seimbang. Pola makan teratur dan makanan yang bergizi dibutuhkan untuk mengganti energi yang terbuang selama liburan, sehingga tubuh Anda tetap bugar.

Jika Anda suka ngemil, lebih baik sediakan buah-buahan. Hindari konsumsi camilan tidak sehat yang biasanya mengandung gula dan kalori berlebih. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan, dengan mengonsumsi 7–8 gelas air putih dalam sehari.

4. Lakukan hobi

Saat liburan, Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi. Aktivitas ini bisa Anda lakukan sendiri, bersama keluarga atau sanak saudara. Selain menyenangkan, melakukan hobi bersama anggota keluarga lain saat liburan juga turut meningkatkan tingkat keharmonisan, lho!

Perlu diketahui, eratnya hubungan keluarga akan menimbulkan perasaan bahagia. Perasaan ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan menangkal stres.

5. Jaga kebersihan diri

Selama liburan, Anda mungkin akan mengunjungi berbagai tempat umum. Supaya tidak terkena penyakit, Anda wajib menjaga kebersihan diri dengan mandi dua kali sehari.

Di samping itu, Anda juga dianjurkan untuk selalu memperhatikan kebersihan tangan. Caranya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, khususnya sebelum dan sesudah makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah dari toilet, dan setelah menyentuh benda yang kotor.

Menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tercinta memang begitu menyenangkan. Tapi untuk bisa senang, tubuh Anda harus sehat dan bugar. Semoga liburan yang Anda lalui bersama keluarga bisa membuat bahagia sekaligus lebih sehat, ya!

[NB/ RVS]

1 Komentar