Sukses

Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Saat Mudik

Mudik bisa sangat melelahkan, apalagi jika jaraknya cukup jauh. Agar tetap sehat dan bugar saat mudik hingga sampai tujuan, lakukan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Bicara mengenai bulan suci Ramadan dan Lebaran, salah satu hal yang paling dinanti adalah tradisi mudik atau pulang kampung. Terdengar menyenangkan, tapi kenyataannya mudik bisa penuh tantangan dan melelahkan. Jika kurang siap, justru Anda bisa jatuh sakit. Apa sih,  rahasianya agar tetap sehat dan bugar saat mudik?

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar saat mudik sekaligus menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit, berikut ini rahasianya:

1. Istirahat dengan cukup 

Bagi para pemudik, terutama yang akan menempuh perjalanan jarak jauh hingga lintas provinsi, menjaga stamina tubuh dengan beristirahat secara cukup adalah sebuah keharusan. Apalagi jika Anda menyetir mobil atau mengendarai motor, sebaiknya beristirahat ekstra jika perjalanan yang Anda lakukan mencapai 7–8 jam.

Jika Anda melakukan perjalanan jauh, pertimbangkan untuk menginap di tengah perjalanan agar tetap bisa menjaga kondisi tubuh tetap prima. Selain itu, hindari menyetir kendaraan terlalu lama. Sebagai salah satu persiapan mudik, ajak seseorang atau anggota keluarga lain yang juga bisa menyetir sehingga dapat dilakukan secara bergantian.

2. Mengonsumsi makanan yang bergizi 

Meski sedang mudik, prioritaskan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks yang tinggi serat sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

Selain itu, makanan bergizi akan memberikan nutrisi baik agar tubuh tetap sehat dan bugar selama mudik. Siapkan camilan sehat berupa buah dan makanan sehat dan rendah lemak lainnya saat perjalanan mudik. Hindari makanan pinggir jalan yang diragukan kandungan dan kebersihannya, yang justru bisa membuat Anda sakit perut, bahkan diare, saat mudik.

3. Perbanyak minum air putih

Saat mudik, umumnya seseorang justru menghindari banyak air minum karena takut terlalu sering buang air kecil selama perjalanan. Padahal, kurangnya asupan air dapat menyebabkan kurang konsentrasi dan badan lemas akibat kurang cairan. Jangan jadikan malas buang air kecil sebagai alasan. Usahakan untuk selalu berhenti di rest area setiap 2–3 sekali untuk ke toilet sekaligus beristirahat sejenak.

4. Hindari konsumsi obat-obatan yang bikin ngantuk

Mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek mengantuk saat berkendara tak hanya dapat membahayakan nyawa Anda, tapi juga penumpang dan pengendara lainnya di sekitar Anda.

5. Siap sedia obat-obatan

Sebelum memulai perjalanan mudik, jangan lupa untuk membawa obat-obatan sederhana seperti obat antidiare, obat sakit kepala, obat antialergi, obat sakit mag, obat antimuntah dan mual (khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan), termasuk obat-obatan jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti obat diabetes, hipertensi, kolesterol, vertigo, asma, dan lain-lain.

6. Konsumsi suplemen daya tahan tubuh

Ada banyak orang yang pemenuhan nutrisi hariannya tak cukup hanya dari makanan. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen bisa menjadi solusi. Agar tubuh tetap bugar selama mudik, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin lengkap agar daya tahan tubuh terjaga.

Suplemen ini sebaiknya mengandung vitamin, mineral dan kandungan lainnya yang baik utnuk peningkatan daya tahan tubuh. Airborne bisa menjadi andalan karena mengandung kombinasi unik 10 vitamin, mineral, dan herbal, termasuk 1.000 mg vitamin C serta Echinacea, dan ginseng sebagai bahan herbal alami untuk daya tahan tubuh dan stamina.

Suplemen Airborne juga mengandung sumber magnesium, zinc, mangan, dan selenium, yang semua kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina agar tetap sehat dan bugar saat mudik. Mudah didapat, Airborne juga tersedia dalam dua format, yaitu effervescent (dilarutkan dalam air) dan chewable (kunyah atau isap). Sangat praktis, suplemen daya tahan tubuh nomor 1 di Amerika Serikat ini jangan sampai ketinggalan untuk dibawa saat mudik, ya!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar