Sukses

5 Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Jika Anda sering lupa menyikat gigi sebelum tidur, baca tulisan ini supaya gigi tidak telanjur rusak.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah beraktivitas seharian, hal pertama yang Anda inginkan mungkin langsung tidur. Boro-boro menyikat gigi, mengangkat badan untuk pergi ke kamar mandi saja barangkali sudah malas. Anda termasuk demikian? Jika ya, belum terlambat, kok, untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan lebih merawat diri. Ingatlah bahwa gigi yang tidak sehat bisa berujung pada berbagai penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga paru.

Kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari sudah menjadi norma dan ini bukan tanpa sebab. Inilah alasan mengapa menyikat gigi sebelum tidur itu sangat penting:

  1. Rendahnya air liur antibakteri pada malam hari menyebabkan Anda lebih rentan terhadap zat-zat pemicu gigi berlubang dan penyakit gusi. Aktivitas tubuh dalam melakukan self cleansing oleh air liur juga berhenti sehingga bakteri akan aktif melakukan kolonisasi dan menghasilkan asam.
  2. Fluoride dalam pasta gigi dapat mencegah gigi berlubang. Selain itu, saat Anda tidur malam, waktu perlekatan fluoride pada gigi menjadi lebih lama sehingga memengaruhi restrukturisasi pada gigi. Alhasil, gigi Anda pun menjadi lebih kuat.
  3. Tanpa menyikat gigi sebelum tidur, plak pada gigi akan mengeras sehingga terbentuklah karang gigi yang menyebabkan masalah bau mulut serta gusi berdarah.
  4. Zat aktif yang ada pada pasta gigi dan obat kumur dapat mengalami waktu perlekatan yang lebih baik terhadap gusi. Dengan demikian, regenerasi sel pada gusi bisa terjadi lebih baik.
  5. Bakteri berbahaya yang ada pada rongga mulut adalah bakteri anaerob, yaitu bakteri yang berkembang biak tanpa adanya oksigen. Tanpa adanya zat aktif dari pasta gigi, bakteri ini akan mengambil keuntungan dengan berkembang lebih pesat saat Anda tertidur.

Sekarang Anda sudah tahu, kan, bahwa menyikat gigi sebelum tidur malam itu sangat penting? Bahkan para ahli mengatakan bahwa waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah sebelum tidur malam.

Hal ini karena ketika tidur, semua aktivitas tubuh akan menurun, termasuk produksi air liur. Fungsi air liur ini adalah untuk melindungi gigi dari gigi berlubang, mencegah perkembangan bakteri yang tidak terkontrol, membersihkan sisa-sisa makanan, dan sebagainya.

Lalu bayangkan jika Anda tidak menyikat gigi sebelum tidur dan produksi air liur berkurang? Plak lengket yang tertinggal di gigi menjadi tidak bisa dibilas dan bila tertinggal untuk waktu yang lama, maka akan lebih banyak gigi yang menderita akibat kerusakan gigi.

Sementara itu, waktu yang paling tidak disarankan untuk menyikat gigi adalah segera setelah minum atau makan sesuatu yang asam. Misalnya, jus buah, smoothies, cuka, soda, atau wine. Mengonsumsi sesuatu yang asam akan membuat lapisan luar gigi Anda lebih lembut dan menyikat gigi pada saat ini akan merusak permukaan gigi serta membuatnya lebih sensitif. 

Yuk, biasakan diri Anda untuk menyikat gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Selain untuk menyegarkan mulut, kegiatan menyikat gigi juga memicu regenerasi biofilm yang baik pada permukaan gigi sehingga gusi dan gigi menjadi sehat. Pada malam hari, zat aktif yang ada pada pasta gigi juga akan tersimpan baik dalam mulut, sehingga kemungkinan terjadi gigi berlubang dan masalah mulut lainnya sangat kecil.

[RS/ RVS]

2 Komentar

  • Imanuel Saragih

    iya juga sih

  • Fikir lalaziduhu

    jual vinyl untuk kegunaan di rumah sakit. Sangat cocok untuk ruangan OK, LAB, Operasi, Rawat Inap, Persalinan, dll...... Anti darah, anti zat kimi, anti Jual bethadine, anti fungi dll,... Tidak meninggal kan bekas pada lantai. hub 085 28 000 2202 https://jualkarpetlantai.com/