HomeInfo SehatDiabetesMenu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus
Diabetes

Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 20 Mei 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bingung memilih menu sarapan yang sehat untuk penderita diabetes mellitus? Berikut ini tipsnya.

Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus

Perubahan gaya hidup penting bagi seseorang yang mengidap diabetes mellitus, terutama pola makan dan olahraga. Sarapan, merupakan salah satu komponen pola makan yang perlu mendapat perhatian agar bisa mendukung kesehatan penderita diabetes. Meski dianjurkan untuk memperhatikan konsumsi gula dan karbohidrat, sarapan tidak harus menjadi membosankan jika Anda mengetahui tips dan triknya.

Hal yang perlu diperhatikan

Dalam memilih dan menyiapkan sarapan untuk penderita diabetes mellitus, ada beberapa hal yang dapat Anda jadikan acuan agar menu sarapan tetap sehat sekaligus bervariasi. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

● Perbanyak asupan protein

Selain akan menyokong fungsi dan perkembangan berbagai jaringan dan otot, protein juga mengenyangkan lebih lama. Kacang-kacangan dan produk hewani seperti daging dan susu merupakan sumber protein yang baik dan dapat dijadikan pilihan.

● Jangan lupakan serat

Serat dapat menunda lapar sekaligus mencegah lonjakan kadar gula dalam darah. Zat ini juga membantu memelihara kesehatan pencernaan. Anda bisa memperoleh serat dari bahan makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan gandum.

● Waspadai minuman

Tak hanya makanan, minuman juga dapat menjadi salah satu asupan yang tinggi akan gula yang dapat merugikan penderita diabetes. Air putih merupakan pilihan minuman terbaik. Hindari berbagai minuman seperti soda, kopi dan teh manis yang tinggi akan gula tambahan.

● Perhatikan garam

Meski gula yang menjadi perhatian utama, asupan garam juga perlu diperhatikan bagi para penderita diabetes. Pola makan yang tinggi garam dapat mengganggu kesehatan jantung dan meningkatkan tekanan darah. Makanan kemasan merupakan salah satu makanan yang tinggi akan garam, sehingga sebaiknya dihindari dan biasakan makan masakan rumah.

● Cermati porsi

Penderita diabetes mellitus perlu menjaga berat badan sebisa mungkin agar ideal. Menu sarapan sehat sekalipun dapat menyebabkan peningkatan berat badan berlebih yang berbahaya, jika dikonsumsi dalam porsi terlampau besar. Perhitungkan kebutuhan kalori harian dan bagilah dalam beberapa kali makan utama dan camilan dalam sehari.

Berkreasi dengan menu sarapan

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan menyiapkan menu sarapan untuk penderita diabetes mellitus, kini saatnya Anda berkreasi dengan menu. Berikut beberapa menu sarapan sehat yang bisa Anda coba:

● Smoothies

Berbeda dengan jus buah yang manis dengan kandungan gula “siap pakai” dan dapat menyebabkan melonjaknya kadar gula dalam darah, smoothies menawarkan rasa yang sama nikmatnya dengan nutrisi yang lebih kaya untuk menunda lapar.

Padukan sayur sebagai sumber serat dengan alpukat sebagai sumber lemak sehat dan protein. Agar tetap manis, tambahkan potongan pisang atau apel agar smoothies terasa segar.

● Oatmeal

Sangat banyak kreasi oatmeal sehat yang dapat Anda coba. Pada dasarnya, oatmeal dan produk gandum, terutama gandum utuh, baik untuk penderita diabetes dan kebanyakan penyakit metabolik lainnya.

Hal ini karena oatmeal kaya akan serat yang sehat. Oatmeal juga mengandung protein sebagai tambahan nutrisi pada menu sarapan Anda. Anda dapat memadukan bubur oatmeal dengan yoghurt, buah, madu, atau kacang-kacangan.

● Roti panggang dan telur

Sarapan ala Barat ini bisa juga menjadi pilihan untuk sarapan sehat si penderita diabetes. Rebuslah telur dan tambahkan merica untuk perasa. Padukan dengan roti gandum utuh yang dipanggang dan bumbui dengan merica sesuai selera. Sebutir telur rebus mengandung hingga 6–7 gram protein yang baik untuk menu sarapan.

Tak sulit sebenarnya untuk memperbaiki pola makan, tetapi memang membutuhkan kedisiplinan dan semangat untuk tetap mencari tahu informasi dan berkreasi agar prosesnya tidak membosankan. Meski terkesan minor, sarapan sebaiknya tidak dilewatkan penderita diabetes mellitus karena merupakan persiapan energi untuk beraktivitas di pagi hari.

[RS/ RVS]

diabetes mellitusPola MakanmakananDiabetesSarapan

Konsultasi Dokter Terkait