Diet dan Nutrisi

4 Cara Enak dan Sehat Minum Kopi

Bobby Agung Prasetyo, 18 Mei 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minum kopi bisa lebih enak sekaligus menyehatkan jika Anda menerapkan cara-cara berikut ini.

4 Cara Enak dan Sehat Minum Kopi

Sebagian orang sudah tak dapat dipisahkan lagi dari kopi. Begitu bangun tidur, hal pertama yang dicari adalah kopi. Saat kerja, minuman pendampingnya pun kopi, supaya lebih semangat. Namun sayang, tak banyak yang tahu (atau peduli) mengenai cara minum kopi yang baik dan sehat. Akibatnya sejumlah masalah kesehatan pun datang, tanpa disadari.

Ya, kopi memiliki beragam manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan tepat. Salah satu kegunaannya adalah memberikan stimulan kesehatan bagi organ jantung, seperti yang dijelaskan oleh dr. Rio Aditya dari KlikDokter.

“Konsumsi kopi dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung. Hal ini didukung oleh penelitian dari American Heart Association. Di dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa konsumsi kopi antara 1–2 cangkir sehari tidak berbahaya bagi jantung,” ujar dr. Rio.

Selain baik untuk kesehatan jantung, kopi turut memasok dosis antioksidan yang signifikan  dan menangkal penyakit lainnya, termasuk diabetes, Parkinson dan sejumlah kanker. Lalu, bagaimana cara yang tepat agar seluruh kebaikan kopi dapat terasa oleh tubuh?

Dilansir TIME, simak cara sehat minum kopi berikut ini:

1.    Minumlah air putih dahulu sebelum minum kopi

Banyak orang yang memulai hari dengan kopi, bukannya air putih terlebih dahulu. Ini sama sekali tidak dianjurkan. Mengapa? Penelitian menunjukkan bahwa kafein bersifat diuretik alias memicu kehilangan cairan. Jadi biasakan untuk minum air putih terlebih dahulu. Berdasarkan anjuran, Anda mesti minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari agar tak dehidrasi.

2.    Batasi tambahan segala macam pemanis buatan

Penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan seperti gula putih, susu dan krim mampu menaikkan risiko berbagai penyakit. Mulai dari obesitas, penyakit jantung hingga diabetes. Jika Anda penggemar segala bentuk pemanis buatan, cobalah dikurangi saat minum kopi.

3.    Ganti dengan pemanis alami

Salah satu trik ampuh untuk mengurangi asupan pemanis buatan adalah menggantinya dengan yang lebih alami seperti kayu manis, jahe, pala dan cengkeh. Selain menambah rasa dan aroma, bumbu tersebut dapat meningkatkan asupan antioksidan.

4.    Tidur siang sebelum minum kopi

Ketika Anda menikmati secangkir kopi sebelum tidur siang 20–30 menit, Anda bisa jadi akan bangun dengan perasaan yang lebih segar. Lakukan pada siang hari, misalnya saat sedang istirahat dari kerja atau apa pun aktivitas Anda. Sebaiknya, hentikan konsumsi kopi sejak 6 jam sebelum tidur. Biarkan tubuh Anda benar-benar beristirahat dari asupan pembangkit energi apa pun, salah satunya kopi.

Segudang manfaat dan batasan konsumsi kopi

Masih ada lagi kebaikan kopi untuk tubuh Anda. Penelitian di Amerika dan Swedia menemukan bahwa risiko stroke pada kaum lansia yang mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir sehari, dapat berkurang sebesar 20–25 persen.

Studi lain menunjukkan, konsumsi kopi memberikan efek protektif terhadap penyakit Parkinson, diabetes tipe 2, dan penyakit liver, termasuk kanker liver.

Bahkan, sebuah studi di Harvard tahun 2013 memperlihatkan bahwa asupan kopi dapat menurunkan risiko bunuh diri. Konsumsi kopi sebanyak 2–3 cangkir sehari mampu menurunkan risiko bunuh diri sebesar 45 persen. Kafein di dalam kopi diyakini berperan sebagai stimulan yang dapat meningkatkan mood seseorang.

Dari seluruh manfaat kopi yang dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa minuman ini sebenarnya mampu meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur seseorang. Namun, ia harus dikonsumsi secara pas dan tidak boleh berlebihan.

Menurut para ahli, mengonsumsi kafein sebanyak 200–300 mg per hari, atau setara dengan 2–4 gelas kopi per hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa sehat.

Kopi sudah menjadi minuman yang membudaya dan disukai banyak orang. Yang lebih menyenangkan, manfaatnya pun banyak untuk kesehatan tubuh. Nah, keuntungan-keuntungan tersebut akan lebih optimal lagi jika Anda tahu bagaimana cara minum kopi yang baik dan sehat. Jadi, sudah berapa cangkir Anda minum kopi hari ini? 

[RS/ RVS]

kafeinMinum KopikopiStrokeDehidrasi

Konsultasi Dokter Terkait