HomeIbu Dan anakKehamilanSederet Manfaat Berhubungan Intim saat Hamil
Kehamilan

Sederet Manfaat Berhubungan Intim saat Hamil

dr. Dyah Novita Anggraini, 03 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernah berpikir untuk berhubungan intim saat hamil? Jika dilakukan dengan benar, aktivitas tersebut bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan, lho!

Sederet Manfaat Berhubungan Intim saat Hamil

Berhubungan intim  merupakan kebutuhan biologis pasangan suami istri. Bahkan, hal tersebut termasuk sebagai suatu rutinitas yang dapat mempengaruhi dinamika kehidupan rumah tangga.

Saking pentingnya manfaat berhubungan intim bagi suami istri, tindakan tersebut bahkan dapat dilakukan saat kehamilan. Apakah aman? Tentu saja, selama memperhatikan kondisi kesehatan masing-masing pasangan.

Faktanya, bayi di dalam kandungan dilindungi oleh cairan amnion yang terdapat dalam rahim. Dengan demikian, aktivitas seksual tidak akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. 

Berhubungan intim pada masa kehamilan malah bisa memberikan serangkaian manfaat apabila dilakukan dengan benar. Berikut beberapa manfaat seks saat hamil yang bisa Anda rasakan:

1. Meningkatkan Kualitas Orgasme

Saat Anda berhubungan intim, aliran darah yang menuju ke organ-organ reproduksi akan meningkat. Hal tersebut dapat meningkatkan fungsi-fungsi organ yang terlibat. 

Selain itu, berhubungan intim saat hamil juga dapat meningkatkan kualitas orgasme pasangan suami istri. Orgasme dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, yang dapat membuat suasana hati ibu dan janin yang dikandung bahagia serta relaks.

2. Meningkatkan Kebugaran

Berhubungan intim terbukti dapat meningkatkan proses metabolisme. Ketika metabolisme meningkat, maka akan lebih banyak kalori yang dibakar. 

Setiap menit berhubungan intim, terdapat sekitar 5 kalori yang terbakar. Hal ini dapat membantu menjaga kebugaran wanita hamil, yang bobot tubuhnya semakin bertambah dan merasa sulit untuk berolahraga.

3. Memperkuat Ikatan Hubungan Pasangan

Manfaat berhubungan intim saat hamil —atau di saat-saat lainnya— tentu dapat memperkuat ikatan antara suami dan istri. 

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa berhubungan intim juga dapat menurunkan stres bagi pasangan suami istri. Keadaan ini sangat baik untuk menjaga kestabilan mental pasangan yang sedang menantikan kelahiran calon buah hati.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berhubungan intim saat hamil, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Universitas Wilker, Amerika Serikat. 

Penelitian tersebut menemukan, seseorang yang melakukan hubungan intim 1 hingga 2 kali setiap minggu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih optimal dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya. 

Penelitian lain juga membuktikan, berhubungan intim dapat meningkatkan kadar imunoglobulin A yang berperan penting dalam lapisan pertama pertahanan tubuh. 

Artikel Lainnya: 8 Mitos tentang Hamil Muda yang Tak Perlu Dipercaya

5. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Kesulitan tidur merupakan hal yang sering dikeluhkan selama kehamilan. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya perubahan fisik dan psikis selama kehamilan, rasa tidak nyaman karena perut yang membesar, keluhan mual, peningkatan frekuensi buang air kecil, hingga kram pada kaki.

Keluhan-keluhan tersebut dapat dicegah dengan melakukan hubungan intim saat hamil. Pasalnya, orgasme yang terjadi saat berhubungan intim dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon prolaktin. Ini adalah hormon yang dapat membuat seseorang lebih tenang dan relaks. 

Dengan bantuan hormon prolaktin kualitas tidur ibu hamil dapat meningkat.

6. Melancarkan Peredaran Darah 

Saat hamil, kebutuhan darah meningkat karena dibutuhkan juga oleh janin untuk menyalurkan oksigen dan gizi di dalam rahim. 

Berhubungan intim dan mendapatkan orgasme dapat bantu melancarkan peredarah darah di dalam tubuh ibu. 

7. Memperkuat Otot Dasar Panggul 

Siapa sangka, manfaat seks saat hamil ternyata juga bisa bantu memperkuat otot dasar panggul.

Nyatanya, otot dasar panggul menjadi lebih kuat apabila Anda berhubungan intim secara rutin di trimester ketiga kehamilan. Otot dasar panggul yang kuat dapat menurunkan risiko kesulitan saat persalinan. 

8. Menurunkan Tekanan Darah

Hormon endorfin yang dikeluarkan setelah terjadi orgasme dapat membuat tubuh relaks dan tekanan darah cenderung menurun.

Apabila hal tersebut dikombinasikan dengan gaya hidup dan pola makan sehat serta rendah garam, tekanan darah dapat terus terjaga di rentang optimal.

Itu dia beberapa manfaat berhubungan intim saat hamil. Tertarik dengan manfaat-manfaat tersebut? Pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan guna mengetahui kondisi kehamilan. 

Jika perlu, konsultasikan pula mengenai posisi seks yang tepat, aman, dan nyaman agar manfaatnya bisa sepenuhnya dirasakan.

Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui Tanya Dokter apabila Anda ingin tahu lebih detail mengenai manfaat berhubungan intim saat hamil. Jangan lupa unduh aplikasi KlikDokter juga agar tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya.

(NB/JKT)

SeksHamil

Konsultasi Dokter Terkait