Sukses

Panduan Merawat Kulit Kering

Bagi pemilik kulit kering, yuk rawat kulit Anda agar tetap sehat dengan kiat-kiat berikut!

Apakah kulit Anda cenderung kering? Kulit yang kering akan terasa kencang atau tertarik, yang biasanya dapat dirasakan setelah mandi. Kulit pun tampak berkerut, kusam, kasar, terkelupas, hingga terasa gatal dan perih.

Bagi pemilik kulit kering, Anda perlu memperhatikan perawatan kulit yang dilakukan. Bila dilakukan dengan benar, setiap orang dapat memiliki kulit yang sehat. Meskipun Anda memiliki kulit kering sekalipun.

Bagaimana cara merawat dan mengatasi kulit kering yang tepat? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Jangan Mandi Menggunakan Air yang Terlalu Panas

Dalam melakukan perawatan kulit kering, Anda harus memperhatikan suhu yang digunakan saat mandi. Anda memang diperbolehkan untuk mandi dengan air hangat. Namun, pastikan suhunya tidak terlalu jauh dengan suhu tubuh.

Hindari mandi menggunakan air yang terlalu panas. Pasalnya, hal tersebut dapat menghilangkan minyak alami dari kulit.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membatasi waktu mandi agar tidak lebih dari 5 sampai 10 menit.

Artikel Lainnya: Tips Cegah Kulit Kering Saat Perjalanan Panjang dengan Pesawat

1 dari 4 halaman

2. Gunakan Sabun Khusus untuk Kulit Kering

Menggunakan sabun tertentu bisa menjadi cara untuk mengatasi kulit kering. Bila kulit Anda cenderung kering, gunakanlah sabun khusus untuk kulit kering. Biasanya pada sabun tersebut terdapat label moisturizing, atau melembapkan.

Sebaiknya gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi atau pewarna khusus karena dapat mengiritasi kulit.

3. Hindari Sabun dan Detergen yang Dapat Merusak Kulit

Untuk mengatasi kulit kering, cara lain yang tak kalah penting adalah dengan menghindari produk-produk yang dapat merusak kulit.

Perlu diingat, penggunaan sabun dan detergen untuk mencuci pakaian dapat mengiritasi kulit. Sabun antibakteri dan mengandung alkohol juga dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

Artikel Lainnya: Kiat Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering

2 dari 4 halaman

4. Hindari Menggunakan Handuk yang Kasar

Setelah mandi, biasanya tubuh dikeringkan dengan handuk. Nah, bila Anda pemilik kulit kering, hindari menggunakan handuk berbahan kasar karena dapat merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi.

Selain menggunakan handuk berbahan halus, perawatan untuk kulit kering ini juga meliputi cara Anda mengeringkan tubuh. Pastikan Anda menghindari gerakan menggosok. Sebaliknya, tepuk-tepuklah pelan tubuh menggunakan handuk.

5. Pakai Pelembap

Setelah mandi dan mengeringkan tubuh, gunakanlah pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah Anda. Ini dianjurkan, terutama bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering yang hampir bersisik.

Anda bisa memilih pelembap alami yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya. Selain melembapkan, nutrisi tersebut dapat memperbaiki kesehatan kulit.

6. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Keringnya kulit dapat menjadi salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih sekitar 2 liter sehari agar kulit menjadi lembap kembali.

Artikel Lainnya: Mitos dan Fakta tentang Kulit yang Anda Harus Tahu

3 dari 4 halaman

7. Konsumsi Makanan Penuh Nutrisi

Cara mengatasi kulit kering juga bisa dilakukan dari dalam. Hal ini berkaitan dengan asupan nutrisi Anda sehari-hari. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A, vitamin E, omega-3, dan seng.

8. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Bagi pemilik kulit kering, Anda harus lebih memperhatikan pakaian yang digunakan. Hindarilah pakaian yang dapat mengiritasi kulit seperti yang berbahan wol. Pilih bahan pakaian yang nyaman seperti katun.

9. Gunakan Humidifier

Pendingin ruangan dapat membuat kulit Anda lebih mudah kering. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kulit kering jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC?

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan humidifier. Dengan begitu, kelembapan ruangan tempat Anda sering menghabiskan waktu lebih terjaga.

10. Gunakan Krim Antiradang

Bila kulit Anda iritasi dan mengalami peradangan, gunakanlah krim antiradang setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Kulit memiliki banyak fungsi, seperti membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai kuman penyakit, serta memelihara keseimbangan cairan tubuh. Karena itu, Anda dianjurkan untuk sebaik mungkin menjaga kulit agar tetap sehat, terutama jika kulit Anda bermasalah, misalnya kulit kering.

Ada banyak cara untuk mengatasi kulit kering seperti yang sudah disebutkan di atas. Dengan mengikuti panduan tersebut dengan teratur, diharapkan kulit Anda akan kembali sehat.

Konsultasikan masalah kesehatan kulit Anda kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter. Jangan lupa unduh aplikasinya.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar