Sukses

Mengapa Badan Lemas Usai Mimpi Buruk?

Ada beragam kondisi penyebab Anda mengalami mimpi buruk. Lalu, mengapa badan lemas usai mimpi buruk? Simak penjelasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kehilangan orang yang dicintai, terjatuh, atau dikejar-kejar oleh makhluk aneh adalah mimpi buruk yang paling sering menimpa seseorang. Meski terkadang Anda pun tidak terpengaruh dengan mimpi tersebut, biasanya mimpi buruk membuat Anda terbangun dengan kondisi badan lemas. Mengapa ini bisa terjadi?

Penyebab mimpi buruk

Seperti dilansir oleh Daily Mail UK, para ilmuwan pun berusaha mengungkap makna di balik mimpi-mimpi yang mengganggu dan membuat Anda terbangun dalam kepanikan.

Mereka percaya bahwa mimpi buruk secara tidak langsung berhubungan dengan kehidupan nyata. Namun bisa saja mimpi tersebut merupakan cerminan dari emosi atau kekhawatiran Anda menjelang tidur.

Sebuah penelitian di Jerman yang diterbitkan oleh jurnal European Archives of Psychiatry and Clinical Neuroscience dilakukan terhadap lebih dari 2.000 pria dan wanita yang diminta berterus terang soal mimpi buruk yang biasa dialami.

Hasil penelitian dijelaskan oleh Dr. Michael Schredl yang merupakan salah satu peneliti, bahwa laki-laki ternyata cenderung mengalami mimpi buruk tentang kekerasan atau dipecat. Sedangkan, momen berkabung dan pelecehan seksual lebih sering muncul dalam mimpi buruk wanita.

Lebih lanjut, penelitian tersebut juga memaparkan bahwa 1 dari 10 responden mengatakan mengalami mimpi yang menakutkan beberapa kali dalam setahun. Selanjutnya, 1 dari 20 orang merasa terganggu oleh kondisi tersebut, setidaknya sekali dalam dua minggu.

Davina Mackail, seorang ahli mimpi mengatakan bahwa mimpi buruk merupakan respon terhadap sesuatu yang tidak terpecahkan. Biasanya, mimpi akan semakin buruk jika orang yang mengalaminya juga mengalami stres.

Badan terasa lemas setelah mimpi buruk

Cara terbaik untuk mengembalikan tenaga yang terkuras setelah beraktivitas seharian adalah dengan tidur. Meski demikian, beberapa orang masih merasakan keluhan badan lemas saat bagun tidur, terutama setelah mengalami mimpi buruk.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, salah satu penyebab badan lemas saat bangun tidur adalah kualitas tidur yang tidak terjaga dengan baik. “Hal ini karena kualitas tidur yang buruk membuat tubuh dan seluruh organ di dalamnya tidak beristirahat dengan maksimal,” jelasnya.

Jadi, karena Anda mengalami mimpi buruk yang disebabkan oleh stres dan banyaknya hal yang dipikirkan, maka kualitas tidur pun tidak maksimal. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan badan Anda terasa lemas, berkeringat dan bangun dengan napas terengah-engah saat mengalami mimpi buruk.

Untuk menghindari kualitas tidur yang kurang maksimal, dr. There memberikan beberapa tips tidur nyenyak yang dapat Anda terapkan:

1.    Jangan bermain gawai sebelum tidur

Kebiasaan ini dapat membuat otak Anda berpikir lebih keras, hingga akhirnya Anda akan sulit mengantuk.

2.    Jangan makan berat di malam hari menjelang tidur

Makan berat di malam hari membuat tubuh bekerja keras dalam mencerna makanan sepanjang tidur. Akibatnya, sistem pencernaan bekerja lebih berat dan kualitas tidur pun terganggu.

3.    Kurangi konsumsi kafein

Kafein membuat Anda terhindar dari kantuk. Oleh sebab itu, bila Anda mengonsumsi minuman yang mengandung kafein di sore atau malam hari, bisa jadi Anda terjaga sepanjang malam. Keadaan ini akan membuat Anda tidur terlalu larut dan badan terasa lemas di pagi harinya.

4.    Olahraga rutin

Sebuah studi menyatakan bahwa olahraga secara teratur, yakni sebanyak 3-4 kali setiap minggu dapat meningkatkan kualitas tidur, menenangkan diri, meredakan stres, dan membangkitkan suasana hati menjadi lebih positif.

5.    Cerdas mengelola stres

Kondisi inilah yang berkaitan dengan mimpi buruk yang bisa Anda alami. Memikirkan banyak hal di malam hari akan membuat otak Anda terus berputar.

Hal ini menyebabkan suasana hati pun ikut berubah, sehingga terkadang menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk yang membuat kualitas tidur Anda buruk.

Ketika mengalami mimpi buruk, secara otomatis kualitas tidur Anda memang tidak baik. Tak heran bila di esok paginya Anda pun mengalami badan lemas. Jadi, usahakan untuk mengelola stres dengan mengalihkannya lewat kegiatan yang menyenangkan seperti berkumpul dengan teman atau melakukan hobi.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar