Sukses

Kenali Beragam Alergi yang Bikin Wajah Gatal

Gejala alergi bisa bermacam-macam. Salah satu yang tersering adalah wajah gatal.

Klikdokter.com, Jakarta Penyebab pasti dari alergi masih belum diketahui hingga sekarang. Alergi juga hingga kini masih tidak dapat diobati. Namun, pengobatan alergi bertujuan untuk meredakan gejala alergi. Gejala alergi juga bermacam-macam, yang salah satunya adalah wajah gatal yang bisa sangat menjengkelkan.

Alergi biasanya diturunkan dalam keluarga. Namun, bukan berarti sudah pasti Anda terkena alergi jika orang tua Anda memiliki alergi tertentu. Hanya saja kemungkinan Anda terkena akan lebih besar dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat alergi dalam keluarga.

Alergi dapat terjadi kapan saja, muncul pada usia kanak-kanak maupun dewasa. Alergi juga dapat hilang dengan sendirinya. Salah satu pemicu reaksi alergi tersering adalah karena mengonsumsi makanan laut.

Tidak seperti alergi lain yang biasanya sering terjadi saat bayi dan anak-anak, alergi terhadap makanan laut lebih sering muncul saat belasan tahun atau menjelang dewasa. Meski saat masih anak-anak alergi ini tidak didapati, tapi sebanyak 40 persen dari penderita alergi seafood mengaku mereka tidak mengalami masalah mengonsumsinya saat masih anak-anak. Sebanyak 20 persen dari penderita akan tidak mengalami alergi seafood lagi seiring dengan waktu atau bertambahnya usia.

Alergi dapat terjadi ketika suatu benda asing terpapar pada tubuh dan menyebabkan sel imunitas tubuh bereaksi terlalu berlebihan, sehingga muncul gejala alergi. Paparan benda asing tersebut bisa dari makanan, inhalasi, bahkan sentuhan.

Berbagai gejala alergi dapat muncul seperti gangguan pada kulit (gatal, biduran dan eksim), gangguan pada mata (mata berair dan gatal), gangguan pada hidung (hidung berair), gangguan pada saluran napas (asma), dan gangguan pada saluran pencernaan (diare).

Penyebab alergi pada wajah

Wajah gatal merupakan gejala yang sering dari alergi. Berbagai penyebab alergi dari wajah gatal antara lain:

1. Alergi musim

Wajah gatal dapat disebabkan oleh alergi musim atau sering disebut dengan hay fever. Biasanya alergi musim terjadi saat musim menjelang berangin dan dingin. Gejala dapat berupa wajah gatal, mata merah, berair, gatal hingga bengkak. Bahkan alergi juga dapat menjadi konjungtivitis atau peradangan konjungtiva mata jika sudah cukup parah.

2. Binatang

Berbagai macam binatang juga dapat menjadi penyebab wajah gatal. Penyebabnya bukan hanya bulu dari binatang tersebut, tapi juga karena air liur dan sel kulit matinya. Gejala lain alergi binatang selain wajah gatal adalah berupa bersin hingga sesak napas.

3. Dermatitis kontak

Zat alergen lainnya juga dapat menyebabkan wajah gatal. Namun, zat alergen tersebut belum tentu menyebabkan alergi ke orang lain. Zat alergen tersebut dapat berupa sabun, sampo, deterjen, dan lain-lain. Biasanya, zat alergen ini akan menyebabkan alergi di bagian kulit mana pun yang terjadi kontak, tak hanya pada wajah.

4. Makanan

Alergi makanan tertentu sering menyebabkan wajah gatal. Tingkat keparahan dari alergi makanan bervariasi. Mulai dari wajah gatal, gangguan pencernaan, wajah bengkak, hingga sesak napas. Jika sudah menyebabkan bengkak pada wajah, lidah, dan tenggorokan, berarti alergi yang dialami sudah sangat parah dan dapat menyebabkan reaksi anafilaksis. Jika ini terjadi, sebaiknya langsung ke unit gawat darurat untuk segera dilakukan tindakan medis.

5. Obat-obatan

Obat-obatan selain yang diminum dan dioleskan pada wajah juga dapat menyebabkan wajah gatal. Untuk obat minum, biasanya juga menyebabkan gatal pada area tubuh lain seperti tangan, perut, dan kaki. Alergi obat yang parah juga dapat menyebabkan reaksi anafilaksis.

6. Eksim

Eksim juga menyebabkan wajah gatal. Selain itu, gejalanya juga bisa berupa bercak merah dan bersisik. Penyebab pasti dari eksim atau dermatitis atopik ini masih belum diketahui secara pasti. Penderita asma dan alergi musim lebih berisiko mengalami eksim.

Penyebab alergi yang membuat wajah gatal bisa bermacam-macam, yang reaksinya bisa ringan hingga berat. Jika alergi yang Anda alami menyebabkan wajah bengkak dan sesak napas, sebaiknya segera mencari bantuan medis supaya dapat ditangani dengan tepat.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar