Sukses

Atasi Badan Lemas dengan Rutin Olahraga

Bukannya bikin badan lemas semakin parah, olahraga justru dapat menjadi solusinya.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda sering mengalami badan lemas? Ya, beberapa kebiasaan seperti kurang tidur, jarang bergerak atau terlalu sering konsumsi makanan cepat saji memang bisa menyebabkan keadaan tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Badan lemas bisa diatasi dengan aktivitas yang sangat simpel, yaitu olahraga.

Sejak dahulu, olahraga selalu dipercaya sebagai terapi alami yang efektif mencegah dan mengatasi berbagai keluhan kesehatan, salah satunya badan lemas. Ini karena aktivitas positif itu membuat tubuh bergerak aktif, sehingga organ-organ di dalamnya juga bekerja dengan lebih optimal.

Untuk membuat Anda lebih yakin bahwa olahraga dapat membantu mengatasi badan lemas, sebuah penelitian dilakukan. Pada studi ini, para peneliti membandingkan pengaruh kebiasaan setelah bangun tidur terhadap tingkatan energi seseorang.

Peneliti menggunakan orang-orang yang memiliki gangguan tidur sebagai respondennya. Orang-orang tersebut diberikan 2 jenis kegiatan yang harus dilakukan setelah bangun tidur, yaitu minum kopi dengan kandungan kafein 50 mg dan melakukan olahraga ringan selama 10 menit.

Hasil studi menyimpulkan bahwa responden yang melakukan olahraga ringan memiliki tingkat energi yang lebih besar dibandingkan dengan yang hanya minum kopi saja. Dengan adanya energi berlebih di dalam tubuh, keluhan badan lemas bisa turut teratasi.

Tak sekadar mengatasi badan lemas

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur tak hanya mampu mencegah dan mengatasi keluhan badan lemas. Aktivitas positif ini juga membawa manfaat kesehatan berikut:

1. Mengoptimalkan kerja jantung

Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, otot jantung Anda akan terlatih untuk memompa darah dengan lebih optimal. Hasilnya, peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih efektif, sehingga berbagai organ lain bisa berfungsi dengan maksimal.

2. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Sirkulasi darah yang baik membuat suplai darah ke jantung dan otak tidak mengalami hambatan apa pun. Keadaan ini turut menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

3. Me-refresh pikiran

Darah membawa nutrisi dan oksigen, yang sangat diperlukan otak untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Maka setelah berolahraga, pikiran Anda akan terasa lebih segar dan fungsi otak juga meningkat.

4. Mood yang lebih baik

Dengan berjalannya seluruh sistem organ secara optimal karena mendapatkan suplai darah yang baik, akan membuat Anda merasakan sensasi segar dan mood pun meningkat.

5. Panjang umur

Berbagai penelitian telah mengonfirmasi bahwa orang yang berolahraga secara rutin dan teratur cenderung berumur lebih panjang.

Untuk mencegah dan mengatasi badan lemas sekaligus mendapatkan manfaat di atas, Anda dianjurkan untuk berolahraga. Lakukan secara rutin dengan durasi 30 menit per hari, 3 kali dalam seminggu. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya joging, berlari, bersepeda, berjalan, berenang, dan senam. Pastikan olahraga yang dipilih sesuai dengan kondisi tubuh dan minat Anda. Selamat berolahraga!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar