Sukses

Deretan Makanan Penyebab Bau Mulut yang Perlu Dihindari

Bau mulut bisa terjadi akibat banyak faktor, salah satunya makanan yang Anda konsumsi. Apa saja makanan penyebab bau mulut?

Beragamnya jenis makanan yang ada tentu sangat menggoda untuk Anda cicipi, dari mulai makanan yang manis, asin, asam, hingga pedas. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan bau mulut?

Bau mulut tak sedap merupakan hal yang sangat mengganggu, bahkan cukup memalukan dan dapat membuat cemas. Karena itu, Anda perlu mengenali berbagai jenis makanan penyebab bau mulut.

1 dari 2 halaman

Makanan Pemicu Bau Mulut

Tanpa disadari, makanan sehari-hari juga berkontribusi besar terhadap bau mulut Anda. Berikut adalah makanan yang berperan pada terjadinya bau mulut:

1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang sudah dikenal sebagai makanan penyebab bau mulut, terutama saat dimakan mentah. Baik bawang merah atau putih, keduanya memiliki kandungan senyawa belerang cukup tinggi yang akan menimbulkan bau tajam, bahkan setelah menyikat gigi.

Meskipun begitu, kandungan kedua bawang ini sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengatur pola konsumsi bawang sehari-hari dan tidak lupa menjaga kebersihan mulut agar terhindar dari bau mulut.

Artikel Lainnya: 5 Cara Mudah Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang

2. Telur

Makanan ini cukup sering dipilih sebagai menu santap di segala waktu karena praktis dan mudah dibuat. Namun, terlalu banyak mengonsumsi telur dapat merugikan. Karena selain memicu bau mulut tak sedap, kuning telur juga tinggi akan kandungan kolesterol.

3. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang menyebabkan bau mulut akibat mengandung protein tinggi. Mengapa bisa?

Ternyata, ketika seseorang mengonsumsi protein dalam jumlah banyak, tubuh akan memproduksi amonia dan memecahnya selama proses pencernaan. Amonia inilah yang keluar melalui mulut dan menyebabkan bau.

Lalu, serat daging yang terjebak di sela gigi dapat membusuk dan melepaskan gas senyawa sulfur yang dapat menjadi pemicu bau mulut.

4. Susu

Susu mengandung asam amino, yang kemudian akan dibentuk menjadi senyawa sulfur oleh bakteri di dalam mulut. Bisa ditebak bahwa pada beberapa waktu setelahnya, mulut Anda akan terasa lebih bau.

Susu juga merupakan sumber protein, sehingga ketika dicerna dalam tubuh akan menghasilkan zat-zat yang dapat menjadi penyebab bau mulut yang tak sedap.

Artikel Lainnya: Membersihkan Lidah Bisa Atasi Bau Mulut, Benarkah?

5. Tuna

Ikan tuna, terutama yang dikemas dalam kaleng, akan mengalami proses oksidasi dan menghasilkan senyawa asam yang bernama trimethylamine. Senyawa itulah yang membuat tuna menjadi makanan penyebab bau mulut.

6. Kopi

Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein dapat membuat bau mulut yang tak sedap. Ini bisa terjadi karena kopi dapat membuat mulut Anda menjadi kering dan memicu bakteri penyebab bau mulut terus bertumbuh.

Untuk menghindarinya, pastikan Anda banyak mengonsumsi air mineral setelah meminum kopi agar mulut tidak kering dan terhindar dari penumpukan bakteri di dalam mulut.

7. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis makanan yang asam. Seperti yang telah diketahui, bakteri sangat suka dan mudah berkembang biak pada lingkungan yang asam dan ber-pH rendah.

Tidak hanya tomat, makanan lain seperti lemon dan jeruk juga berpotensi menimbulkan bau mulut tak sedap.

Artikel Lainnya: Kenali 11 Penyebab Bau Mulut yang Harus Anda Waspadai

8. Makanan Pedas

Sama halnya dengan bawang, makanan seperti kari atau gulai yang pedas dapat memicu bau mulut. Sebab, makanan pedas juga mengandung beberapa senyawa asam dan belerang yang tinggi.

Senyawa tersebut cenderung lama bertahan di dalam perut saat Anda mengonsumsinya, sehingga bau yang ditimbulkan akan dikeluarkan melalui mulut.

9. Keju

Keju menjadi salah satu makanan penyebab bau mulut. Sama halnya dengan susu, keju juga kaya akan asam amino. Ketika bereaksi dengan bakteri di mulut, keduanya akan menghasilkan senyawa hidrogen sulfida berlebih dan memicu mulut bau.

10. Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji memiliki efek buruk bagi kesehatan Anda, salah satunya menjadi makanan pemicu bau mulut.

Suatu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine menemukan bahwa minyak yang dihasilkan makanan cepat saji dapat meningkatkan asam pada lambung yang merupakan penyumbang utama bau mulut.

Kini, Anda sudah tahu jenis-jenis makanan penyebab bau mulut. Selain itu, ada hal-hal lain yang mencetuskan kondisi ini, seperti kurangnya kebersihan mulut, masalah pada gigi, mulut kering, sampai penyakit tertentu.

Jadi, bukan berarti makanan di atas harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi sama sekali karena makanan seperti bawang, telur, ikan, dan susu juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Untuk menghindari bau mulut tak sedap yang ditimbulkan dari makanan, pastikan Anda rajin menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut dengan rutin kontrol ke dokter gigi, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar