Sukses

Mindfull Eating, Cara Jitu Turunkan Berat Badan

Turunkan berat badan tanpa diet ketat yang penuh derita. Waktunya untuk mencoba mindful eating.

Klikdokter.com, Jakarta Demi bergeser turunnya angka pada timbangan bisa membuat seseorang melakukan berbagai cara. Termasuk mengatur pola makan dengan ketat. Bila tekniknya tepat dan dilakukan dengan baik dan benar, pengaturan pola makan apa pun mestinya membuat tubuh lebih sehat dan langsing menjadi bonusnya. Seperti pola makan mindfull eating ini.

Mindfull eating bukan teknik diet khusus. Pola makan ini terinspirasi dari pola makan para biksu Budha yang makan dengan penuh kesadaran, hati-hati, dan fokus pada makanan serta pada kondisi tubuh saat makan. 

Akui saja bahwa Anda sering kali melalui waktu makan dengan perhatian yang terpecah. Entah itu makan sambil nonton TV, terburu-buru karena harus meeting, sambil ngobrol, atau sambil meneyelesaikan pekerjaan di depan komputer, juga asal makan karena bosan atau stres.

Mindfull eating mengajak Anda untuk makan lebih fokus dan terkontrol. Menurut dr. Vito A. Damay, Sp.JP., MKes, FIHA, FICA., jika metode ini diterapkan, Anda pun akan lebih berhati-hati terhadap pilihan makanan dan menggunakan seluruh indra saat makan.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Inilah hal-hal yang disarankan mindfull eating pada Anda:

  • Makanlah perlahan-lahan. Kunyah dan telan semua makanan dengan baik, tak perlu terburu-buru.
  • Singkirkan sejenak aktivitas lain yang bisa memecah perhatian Anda. Jauhkan telepon genggam atau apa pun yang membuat perhatian terbagi.
  • Dengarkan dengan baik keinginan atau rasa lapar tubuh. Rasakan aktivitas di perut. Bila sudah terasa penuh dan kenyang, maka waktunya Anda berhenti makan.
  • Bedakan antara rasa lapar sesungguhnya dengan pemicu makan yang bukan rasa lapar. Saat Anda ingin makan, coba pikirkan baik-baik, Anda betul-betul lapar atau sekedar mengisi waktu karena iseng.
  • Selaraskan indera perasa dengan memperhatikan warna, aroma, suara, tekstur, dan rasa makanan.
  • Belajarlah untuk mengatasi rasa bersalah atau rasa cemas pada makanan.
  • Makanlah dengan tujuan utama untuk kesehatan dan kesejahteraan diri.
  • Kenali efek makanan pada perasaan dan tubuh Anda. Sebelum makan, coba tanyakan diri Anda: “Apakah cukup sehat bila saya makan?”
  • Hargai semua makanan yang tersaji di depan Anda.

Langkah sederhana itu akan membantu Anda mengganti pola pikir serba otomatis saat makan dengan reaksi-reaksi yang lebih penuh kesadaran serta lebih sehat. Anda memang perlu latihan untuk menjalankan mindfull eating. Karena itu mulailah perlahan-lahan. Cobalah dulu di salah satu jam makan Anda dalam sehari. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan akan bereaksi lebih baik.

Beberapa survei yang dilakukan pada seminar dan pelatihan mindfull eating menunjukkan bahwa berat badan peserta turun rata-rata 4 kg selama pelatihan dan diikuti pada 12 minggu berikutnya.  Ini menunjukkan bahwa persepsi dan perilaku yang lebih baik pada makanan sangat membantu upaya penurunan bobot.

Mindfull eating memang mencegah Anda makan terburu-buru. Dengan begitu, sinyal tubuh Anda bekerja dengan baik untuk memberitahu bahwa perut sudah cukup penuh dan Anda harus stop makan.

Mengubah cara pandang Anda pada makanan juga menyingkirkan emosi-emosi negatif dan menggantinya dengan kesadaran makan dan kontrol diri yang lebih baik. Bila pola makan dan pola pikir macam ini telah tercapai, maka Anda akan lebih berhati-hati saat makan dan saat memilih makanan Anda. Pada gilirannya, berat badan Anda juga akan lebih terkontrol dalam jangka panjang.

Jadi, siap mencoba mindfull eating? Tenang saja, bila memaknai dan melakukannya dengan baik, Anda akan mendapatkan tubuh sehat. Bonusnya, berat badan jadi lebih ideal tanpa Anda harus menyiksa diri.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar