Sukses

Haruskah Mandi Air Dingin di Pagi Hari?

Udara pagi hari membuat banyak orang enggan mandi air dingin. Benarkah air hangat pilihan yang tepat?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, bangun pagi saja sudah memerlukan ‘usaha’ keras. Apalagi saat harus mandi dengan air dingin saat udara pagi juga sama dinginnya dengan air di kamar mandi. Akhirnya, air hangat pun menjadi pilihan yang lebih disukai.

Ternyata, mandi air hangat di pagi hari justru dapat merugikan tubuh dan Anda disarankan untuk mandi air dingin. Ya, Anda tak salah baca. Faktanya, mandi air dingin di pagi hari jauh lebih baik untuk kesehatan. Bagaimana bisa?

Mandi air hangat sebenarnya tak sepenuhnya buruk, apalagi jika Anda melakukannya di malam hari. Air yang hangat dapat membantu mengendurkan otot, meredakan stres, dan membantu mengatasi kesulitan tidur atau insomnia.

Sayangnya, hal ini kurang tepat jika terus-terusan Anda lakukan, khususnya di pagi hari. Kebiasaan mandi air hangat di pagi hari diketahui dapat memicu sakit kepala karena adanya perubahan suhu dari dinginnya udara pagi.

Air hangat dapat mengubah tekanan darah dalam tubuh. Ini termasuk di daerah kepala, yang akhirnya akan memicu timbulnya rasa sakit di kepala dengan puncak sensasi tertusuk tajam di area dahi. Hal ini biasanya berlangsung dalam waktu 30–60 detik setelah tersiram air.

Bagaimana dengan air dingin? Mandi air dingin di pagi hari ternyata dapat memberi manfaat bagi kulit dan pembuluh darah. Selain itu, air yang dingin juga dapat meningkatkan semangat.

Masih ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kebiasaan mandi air dingin di pagi hari. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Sirkulasi darah yang lebih baik

Mandi air dingin lebih mampu meningkatkan sistem sirkulasi darah dibandingkan mandi air hangat. Hal ini penting karena sirkulasi darah yang baik akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit serius –seperti hipertensi dan pengerasan arteri.

Sebagai langkah awal membiasakan diri, Anda bisa memulainya dengan mandi air hangat. Perhatikan suhu air mandi Anda agar tak terlalu tinggi. Selanjutnya akhiri dengan air dingin.

  • Meningkatkan semangat

Penjelasan sederhananya, mandi air dingin di pagi hari dapat membantu ‘membangunkan’ saat Anda masih merasa mengantuk. Saat sudah ‘terbangun’, Anda pun jadi lebih bersemangat saat akan melanjutkan aktivitas.

  • Kulit bersinar

Air hangat cenderung membuat pori-pori kulit melebar. Sebaliknya, mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang berisiko menyumbat pori-pori. Hal ini bisa memicu kehadiran masalah pada kulit, seperti jerawat.

Selain itu, mandi air dingin juga bisa membantu mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

  • Rambut sehat

Seperti halnya pada pori-pori kulit, air dingin juga dapat menutup kutikula pada kulit kepala. Dengan demikian, kotoran pun tak akan menumpuk di kulit kepala.

Jika kebersihan kulit kepala terjaga, maka rambut pun akan lebih kuat dan sehat. Anda akan terhindar dari masalah kerontokan dan rambut terlihat lebih bercahaya.

Bergembiralah jika selama ini Anda sudah terbiasa mandi pagi dengan air dingin. Tapi bila sebaliknya, maka ini saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan Anda. Ingat, tubuh yang sehat tentu akan memudahkan Anda dalam beraktivitas.

0 Komentar

Belum ada komentar