Sukses

Payudara Kendur? Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Payudara kendur dapat diminimalkan dengan penanganan yang tepat. Simak kiatnya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Payudara kendur adalah hal yang tidak diinginkan oleh hampir seluruh kaum wanita. Apalagi, payudara merupakan salah satu aset kecantikan seorang wanita. Payudara yang kencang adalah impian semua wanita, sehingga ketika payudara terasa kendur, wanita menganggapnya sebagai mimpi buruk.

Hal ini diamini oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter. “Kondisi payudara kendur bahkan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Beberapa info yang beredar menyebutkan bahwa penyebab payudara kendur di antaranya adalah penuaan, tidak menggunakan bra, menyusui, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Terjadinya payudara kendur pada wanita dapat dialami oleh berbagai usia, dari remaja hingga lansia. Meski begitu, payudara kendur nyatanya identik dialami oleh wanita yang mengalami menopause atau memasuki usia paruh baya.

Tak pelak, perubahan payudara juga berkaitan dengan konsep gravitasi, dimana ketika payudara semakin membesar, maka semakin tinggi pula kemungkinan ia tertarik ke bawah dari waktu ke waktu. Payudara juga menjadi lebih lembut dan kurang padat setelah menopause, karena produksi estrogen di ovarium yang berkurang.

Anda tidak dapat menghindarkan tubuh dari penuaan, apalagi melawan gravitasi. Tetapi, ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa membantu menjaga payudara Anda.

Berikut ini adalah apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk meminimalisir payudara kendur:

1.    Olahraga

Payudara Anda berada di atas otot pektoralis yang penting untuk kekuatan dan fungsi lengan. Menurut Brian O'Hea, MD, kepala bedah payudara dan onkologi di Stony Brook Medicine, New York, Amerika Serikat, olahraga akan memberikan efek yang bagus untuk payudara, meski tidak secara langsung.

Memperkuat otot pektoralis, bersama dengan otot punggung, bahu, dan inti, dapat membantu mengurangi payudara mengendur dengan meningkatkan postur tubuh secara keseluruhan. Olahraga teratur turut membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal serta tubuh sehat.

2.    Makanan

Tidak ada bukti kuat yang menghubungkan diet dengan payudara. Meski begitu, beberapa ahli kesehatan percaya bahwa makan banyak makanan yang kaya antioksidan, seperti buah dan sayuran, dapat menjaga kulit tetap kenyal serta mengurangi munculnya keriput dari kepala hingga ujung kaki.

Tetap terhidrasi juga merupakan upaya membantu melestarikan elastisitas alami kulit. Selain itu, diet kelewat ekstrem juga tidak baik untuk tubuh, karena dapat memperlambat metabolisme. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang hasilnya tidak proporsional dan berpengaruh pada kekencangan payudara.

3.    Bra

Pemakaian bra masih jadi kontroversi sampai sekarang. Anda mungkin berpikir bahwa bra adalah penopang yang mampu menjaga bentuk ideal payudara, meski ada penelitian yang membantah hal ini. Sebuah studi di Prancis tahun 2013, menunjukkan bahwa memakai bra malah melemahkan jaringan-jaringan kulit payudara.

Meski begitu, memakai bra yang suportif dan pas akan membuat Anda nyaman dan penampilan menjadi lebih menarik. Pilihlah bra sesuai kebutuhan, ukuran serta kenyamanan sambil menjalani aktivitas sehari-hari.

4.    Posisi tidur

Tidur dengan posisi menyamping dapat menyebabkan payudara melorot dari waktu ke waktu. Ini terjadi karena salah satu dari payudara Anda akan menjuntai ke bawah dan lama-kelamaan meregang. Pilihan posisi tidur yang baik adalah tidur telentang.

Payudara kendur pada wanita dapat diminimalkan dengan sederet tips yang telah disampaikan di atas. Tak lupa, hidup sehat seperti menjauhi alkohol dan rokok juga dapat memengaruhi kecantikan serta kesehatan tubuh, khususnya kekencangan payudara Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar