Sukses

Awas, Infeksi Virus Lambung Mengintai Kesehatan Anda

Infeksi virus lambung menjadi penyakit yang merenggut nyawa Chef Harada, koki asal jepang yang populer di Indonesia. Penyakit apa itu?

Klikdokter.com, Jakarta Infeksi virus lambung menjadi penyakit yang ramai dibicarakan khalayak. Ini karena penyakit tersebut diduga menjadi penyebab meninggalnya koki asal Jepang yang populer di Indonesia, Hiromitsu Harada alias Chef Harada, pada Senin (19/3/2018) lalu.

Semasa hidupnya, Chef Harada merupakan salah satu idola bagi pecinta kuliner Tanah Air. Ia pernah tampil dalam sebuah acara memasak di sebuah televisi swasta. Tingkah yang kocak dibalut logat ala bahasa Jepang khas miliknya membuat Chef Harada dikenal masyarakat banyak.

Dilansir dari bintang.com, Ayumi, putri Chef Harada, mengisahkan bahwa sang ayah terserang virus dalam lambung yang membuatnya harus menjalani operasi hingga empat kali dalam sebulan. Gejala yang tampak pada ayahnya adalah perut kembung hingga tubuh kian kurus seiring berjalannya waktu.

Mengenal infeksi virus lambung

Infeksi virus lambung memiliki nama medis gastroenteritis. Mengutip Mayo Clinic, gastroenteritis adalah infeksi pada organ pencernaan seperti lambung dan usus akibat adanya infeksi rotavirus, norovirus, adenovirus, dan astrovirus dalam perut. Penyakit ini biasanya memiliki ciri khas seperti diare, kram perut, mual, muntah, dan demam.

Gastroenteritis sering disebut sebagai flu lambung dan dapat menular dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit ini dapat menular melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi virus tersebut.

Pada tubuh dengan sistem kekebalan yang kuat, gastroenteritis dapat sembuh tanpa komplikasi. Namun, jika penyakit tersebut terjadi pada bayi atau orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, komplikasi berbahaya yang dapat merenggut nyawa kerap tak terhindarkan.

Antisipasi infeksi virus lambung sejak dini

Hingga kini, pengobatan untuk menyembuhkan gastroenteritis masih belum ditemukan. Oleh karena itu, pencegahan menjadi satu-satunya tindakan bisa dilakukan agar penyakit berbahaya tersebut tidak menyerang.

Beberapa tindakan untuk memperkecil risiko infeksi virus lambung atau gastroenteritis, di antaranya:

  • Menghindari makanan, minuman atau air yang mungkin terkontaminasi virus gastroenteritis
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, serta cukup istirahat
  • Vaksinasi rotavirus

Selain hal di atas, menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, menjaga kesehatan saluran cerna dengan saksama juga wajib dilakukan untuk mencegah infeksi virus lambung atau gastroenteritis.

“Menjaga kesehatan saluran pencernaan dapat dilakukan dengan menerapkan pola maka teratur, rutin minum air putih, kunyah makanan dengan baik, perbanyak asupan serat, menghindari rokok, alkohol, makanan asam dan sejenisnya,” ungkapnya.

Mengetahui bahwa infeksi virus lambung atau gastroenteritis merupakan kondisi yang dapat merenggut nyawa, Anda dianjurkan untuk benar-benar memperhatikan kesehatan saluran cerna sejak saat ini. Jika mengalami gejala-gejala yang merujuk pada penyakit ini, segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

[NB/ RVS]

1 Komentar