Sukses

Beda Perawatan Wajah untuk Pria dan Wanita

Tak hanya wanita, pria juga perlu melakukan perawatan wajah. Tentunya, dengan cara yang berbeda. Simak lebih jelasnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi pria bukan berarti tidak perlu melakukan perawatan wajah untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah. Peduli terhadap kesehatan kulit dan wajah juga bukan berarti Anda bukanlah lelaki seutuhnya.

Akhir-akhir ini, para pria mulai sadar pentingnya perawatan wajah. Itulah sebabnya berbagai produk dan jasa perawatan kulit khusus pria semakin banyak beredar dan diminati oleh masyarakat.

Pria dan wanita sama-sama harus merawat wajah, karena kesehatan wajah dan kulit merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang perlu Anda jaga. Selain itu, perawatan wajah penting untuk menunjang penampilan, sehingga Anda tampak lebih bersih, segar, dan bersinar.

Perbedaan perawatan wajah untuk pria dan wanita

Ada beberapa perbedaan prinsip perawatan wajah pada pria dan wanita, karena sifat kulit pria berbeda dengan kulit wanita. Berikut beberapa perbedaannya:

1.    Kulit lebih mudah mengelupas

Kulit pria lebih mudah mengelupas dibandingkan kulit wanita. Itu sebabnya, pria harus lebih sering membersihkan wajah dan dapat menggunakan scrub pembersih wajah lebih sering dibanding wanita. Itu sebabnya, produk perawatan wajah pria biasanya memiliki kosentrasi zat pembersih yang lebih tinggi dibandingkan produk pembersih wajah wanita, sehingga lebih cocok digunakan oleh pria.

2.    Pori-pori

Wajah pria memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini membuat wajah pria lebih mudah timbul jerawat dibandingkan wanita. Inilah mengapa pria dianjurkan mencuci wajah secara teratur, terutama setelah kegiatan aktivitas di luar rumah.

3.    Siklus hormonal

Dibandingkan kulit pria, kulit wanita lebih mudah menghitam (hiperpigmentasi) karena wanita memiliki siklus hormonal yang dapat berpengaruh pada warna kulit. Karena itu, penggunaan obat pencerah wajah tidak terlalu diperlukan oleh pria dibandingkan wanita.

4.    Kadar kolagen

Kulit pria mengandung kadar kolagen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit wanita. Hal ini menyebabkan kulit pria akan tampak lebih awet muda dibandingkan dengan kullit wanita. Oleh karena itu, produk-produk anti-aging jarang ditujukan untuk pria.

5.    Rambut wajah

Perawatan wajah pada pria termasuk juga perawatan rambut wajah seperti kumis dan jenggot, serta cara mencukur atau trimming kumis dan jenggot. Hal ini tentunya berbeda dengan perawatan wajah pada wanita yang tidak memiiliki rambut wajah

Nyatanya, karena perbedaan karakter kulit wajah, wanita dan pria memang memiliki ketentuan berbeda dalam hal perawatan wajah. Berikut ini adalah beberapa kiat perawatan wajah untuk pria:

  • Oleskan pelembut pada wajah yang akan dicukur serta gunakan alat pencukur yang tajam untuk mencegah kulit wajah terkena iritasi. Gunakan juga pelembap wajah setelah bercukur untuk menjegah iritasi dan munculnya bekas bercukur pada kulit wajah.
  • Gunakan tabir surya secara teratur untuk melindungi kulit Anda dari dampak bahaya sinar matahari terhadap kulit.
  • Gunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan masalah kulit yang sedang Anda alami saat ini. Menggunakan produk perawatan wajah pria cukup penting, karena kosentrasi zat aktif pada produk perawatan kulit pria lebih tinggi, sehingga lebih tepat diguanakan untuk perawatan wajah yang optimal.
  • Gunakan pelembap bibir dalam keadaan tertentu, seperti saat melakukan perjalanan jauh dengan pesawat, cuaca yang sangat panas atau justru sangat dingin agar bibir tidak kering.
  • Hindari penggunaan make-up kecuali pada momen-momen tertentu karena pria sering lupa membersihkan wajah dbanding wanita, sehingga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lain seperti jerawat.

Nah, kini Anda telah mengetahui pentingnya perawatan wajah pada pria, perbedaan antara perawatan wajah pada pria dan wanita, serta kiat-kiat perawatan wajah pada wanita. Jadi, lakukanlah perawatan wajah untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Selamat mencoba.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar