Sukses

Cara Merampingkan Perut dengan Gerakan Mirip Pilates

Ingin meratakan perut namun tak banyak waktu luang untuk ikut kelas pilates? Ini cara merampingkan perut yang bisa Anda coba sendiri di rumah!

Salah satu cara merampingkan perut yang terbukti efektif adalah olahraga pilates. Jenis olahraga ini mengandalkan gerakan dan peregangan tubuh. Tidak perlu repot, Anda hanya membutuhkan matras dan bisa dilakukan dengan/tanpa bantuan alat lain seperti dumbell.

Kesederhanaan olahraga pilates membuatnya jadi pilihan banyak orang. Selain mudah, jenis olahraga ini juga memberikan manfaat bagi tubuh. Misalnya, meratakan perut, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan ketahanan dan fleksibilitas otot, hingga meningkatkan kekuatan pikiran dan mental.

Manfaat-manfaat tersebut ada karena gerakan pilates yang melatih otot inti tubuh, seperti otot pinggul, punggung bawah, bokong, paha atas, dan juga perut. Otot inti yang kuat dipercaya membuat postur lebih baik dan kekuatan tubuh meningkat. Alhasil, keseluruhan aspek tubuh juga ikut menjadi lebih baik.

Artikel Lainnya: Pilates, Benarkah Hanya untuk Kaum Wanita?

1 dari 2 halaman

Gerakan Mirip Pilates untuk Merampingkan Perut

Ingin melakukan gerakan pilates namun dengan variasi yang tidak bikin bosan? Berikut ini adalah beberapa gerakan mirip pilates yang dapat dijadikan sebagai cara merampingkan perut Anda:

  • Hundred

Gerakan gerakan untuk meratakan perut yang mirip pilates ini bertujuan untuk mengencangkan otot perut bagian atas, karena mirip gerakan crunch sit-up.

Untuk melakukannya, Anda dapat berbaring dengan lengan di samping tubuh dan telapak tangan menghadap ke lantai. Kemudian, angkat tangan Anda secara tegak lurus seperti ingin menggapai lutut. Pastikan posisi kepala dan dada hanya terangkat sedikit.

Iringi gerakan tersebut dengan mengangkat kedua kaki sedikit lebih tinggi dari perut. Jika terasa berat, Anda bisa tekuk kedua kaki.

Kunci posisi tersebut selama beberapa saat, kemudian gerakan kedua tangan Anda ke atas dan bawah hingga hitungan 50. Setelah itu istirahat dan ulangi sesuai kemampuan dan kondisi tubuh Anda.

  • Leg Raise

Gerakan ini untuk melatih otot paha atas dan perut bagian bawah. Karena melibatkan otot-otot tersebut, gerakan untuk mengecilkan perut yang satu ini terbilang efektif.

Caranya melakukannya pun mudah, Anda hanya perlu berbaring. Kemudian, angkat lurus salah satu kaki hingga membentuk sudut 90 derajat dari lantai. Iringi gerakan tersebut dengan motif lingkaran sebanyak 12 kali, setelah itu turunkan. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki satunya.

Artikel Lainnya: Bolehkah Lansia Olahraga Pilates?

  • Criss Cross

Criss cross juga disebut sebagai gerakan menyilang. Variasi ini merupakan modifikasi dari pilates dan juga sit up untuk melatih otot perut samping, atas, dan paha atas.

Anda dapat memulai gerakan ini dari berbaring, kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala atau leher sehingga siku menjadi menekuk.

Setelah itu, cobalah untuk melakukan gerakan mengangkat tubuh kiri dan kaki kanan guna mempertemukan siku kiri dengan lutut kanan. Kemudian, turunkan dan lakukan bergantian dengan sisi satunya. Lakukan gerakan ini secara simultan seperti sedang mengayuh sepeda.

  • Teaser

Teaser adalah gerakan mirip pilates yang ditujukan untuk melatih otot perut secara menyeluruh. Gerakan untuk mengecilkan perut yang satu ini juga terbilang efektif, asalkan dilakukan secara rutin dan teratur.

Caranya mudah, Anda dapat mulai dengan posisi berbaring dan kedua tangan lurus di samping kepala. Kemudian, gerakan tangan seperti ingin menggapai ujung kaki sambil tubuh sedikit terbangun dan kaki tegak lurus (diangkat).

Gerakan ini mirip sit-up, hanya saja kaki tidak ditahan melainkan ikut lurus diangkat/turunkan.

Mana gerakan meratakan perut yang jadi favorit Anda? Ingatlah untuk melakukannya dengan tepat, secara rutin dan teratur. Jangan lupa iringi dengan penerapan gaya hidup sehat, agar manfaatnya benar-benar optimal.

Jika Anda masih penasaran atau ingin bertanya-tanya mengenai cara merampingkan perut, jangan sungkan untuk ngobrol langsung dengan dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar