Sukses

Perbedaan Antara Totok Aura dan Totok Wajah

Totok wajah maupun totok aura sama-sama bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan wajah. Apa perbedaan keduanya?

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang, khususnya wanita, mendambakan wajah yang sehat, bersinar, dan tampak awet muda. Ada banyak cara untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, dua di antaranya adalah totok wajah dan totok aura. Sama-sama mengandalkan teknik akupresur keduanya merupakan perawatan kecantikan wajah yang punya manfaat dan penggemarnya masing-masing. Lalu, apa perbedaan antara kedua perawatan ini? Sebelum menjawabnya, mari kenali terlebih dulu apa itu totok aura dan totok wajah.

Totok wajah

Merawat kulit yang kencang dan sehat bisa dilakukan dengan totok wajah. Meski tidak menggunakan teknologi canggih, perawatan ini tetap memiliki penggemar setia yang cukup banyak. Totok wajah merupakan bagian dari ilmu totok yang berasal dari warisan pengobatan Tiongkok kuno. Caranya adalah dengan melakukan metode akupresur, yaitu  penekanan dan pemijatan pada area tertentu tubuh yang berguna untuk mengaktifkan anggota tubuh, membuka penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh vena, merangsang simpul dan pusat saraf, serta memperlancar aliran darah.

Menurut Lara Riggio, ahli terapi sekaligus pemilik The Lara Touch Studio, Amerika Serikat, seperti dilansir di laman Mind Body Green, totok wajah dapat menyeimbangkan keadaan emosional dan fisik. Totok wajah sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu oleh bangsawan Cina kuno untuk terlihat awet muda. Totok wajah dapat membebaskan energi atau qi, yang mengalir dalam tubuh dalam saluran tertentu yang disebut meridian. Seperti pembuluh darah yang membawa darah dan nutrisi ke bagian tubuh Anda, meridian membawa energi vital ke organ, otot, dan jaringan-jaringan lain termasuk kulit Anda.

Lara juga mengatakan pemberian tekanan pada titik kunci meridian dapat mengalirkan lebih banyak energi pada wajah, yang dapat meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan otot dan sirkulasi, serta meningkatkan energi secara keseluruhan, kesehatan, dan kesegaran.

Secara teknis, totok wajah dilakukan dengan pemijatan dan penekanan di titik-titik aura wajah seperti pada titik senyum, hidung, pipi, dahi, alis, sekitar mata, dagu, tulang pipi, serta daerah di antara bibir dan hidung. Pemijatan ini akan mengaktifkan peredarah darah di sekitar wajah.

Untuk kecantikan, manfaat totok wajah antara lain:

- Memperlancar sirkulasi darah dan metabolisme tubuh

- Mencegah penuaan dini

- Membentuk kontur wajah

- Mencerahkan wajah

- Membuat wajah tampak lebih segar

Totok aura

Totok aura adalah teknik akupresur sambil menyalurkan tenaga dalam atau prana atau bioenergi ke dalam tubuh. Cara kerja akupresur sama dengan akupunktur, yaitu dengan merangsang titik-titik yang ada pada tubuh, menekannya hingga masuk ke sistem saraf. Jika akupunktur memakai jarum, akupresur hanya mengandalkan gerakan dan tekanan jari, yaitu jenis tekan putar, tekan titik, dan tekan lurus.

Pada totok aura, terapis mendapat pelatihan secara khusus dan intensif, seperti bagaimana cara mengeksplorasi prana atau hawa murni yang kemudian dikombinasikan dengan teknik totok (pijat dan tekan) untuk menelusuri titik akupunktur di tubuh, termasuk wajah. Perpaduan hawa murni dengan totok tersebut berfungsi sebagai pendeteksi titik saraf organ tubuh yang mengalami gangguan. Karena diyakini memiliki daya jelajah stimulasi yang lebih dalam pada simpul saraf, prana mampu membenahi keselarasan sistem tubuh lebih mudah.

Manfaat totok aura wajah antara lain:

-  Mengencangkan wajah

-  Memperlancar aliran darah pada wajah

-  Membuat kulit tampak bersinar dan awet muda

-  Mengurangi dan menghilangkan noda hitam

-  Memperkecil pori-pori

Perbedaan totok wajah dan totok aura

Prinsipnya, perbedaan antara totok aura dan totok wajah hanya terletak pada penggunaan bioenergi prana. Pada totok aura, sisi daya jelajah stimulasi pada simpul saraf, penggunaan bionergi lebih masuk ke dalam, sehingga kemampuan membenahi keselarasan sistem tubuh dapat lebih mudah dicapai. Dengan kata lain, manfaat totok aura diyakini dapat langsung dirasakan pada saat pertama kali terapi dilakukan.

Selain itu, penggunaan tenaga fisik pada totok aura lebih dominan sehingga faktor besar atau kecilnya tenaga terapis sangat menentukan manfaat dalam menghasilkan fase relaksasi. Lebih dari itu, kemungkinan kurang tepatnya dalam melakukan tekanan pada acupoint agak lebih besar, mengingat kondisi tubuh manusia yang masing-masing berbeda.

Baik totok wajah maupun totok aura, keduanya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah jika dilakukan dengan benar di bawah pengawasan terapis yang kompeten. Mana yang lebih baik? Keduanya kembali pada selera masing-masing. Selain dengan melakukan totok, jangan lupa untuk merawat tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi cukup, terhidrasi dengan baik, olahraga secara rutin, serta senantiasa menjaga agar selalu berpikiran positif.

[RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar