Sukses

Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan payudara sakit saat menyusui. Tak perlu panik, ini cara mengatasinya agar ibu dan bayi kembali nyaman.

Salah satu masalah yang dapat dialami oleh ibu menyusui adalah sakit pada payudara. Anda pernah mengalaminya juga? Tenang, Anda tidak sendiri. Studi mencatat bahwa lebih dari 50 persen ibu pernah mengalami payudara nyeri saat menyusui. Lalu, bagaimana cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui?

Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut, agar ibu dan bayi dapat kembali nyaman. 

1 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui

Anda tidak perlu khawatir jika payudara terasa sakit ketika menyusui. Hal ini tergolong wajar, terlebih bagi ibu baru. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi payudara nyeri pada ibu menyusui: 

  1. Kompres Payudara 

Kompres payudara dengan air hangat dan air dingin secara bergantian selama 10-15 menit, sebelum menyusui bayi atau memompa ASI. Hal ini bisa membantu melancarkan ASI dan mengurangi rasa nyeri pada payudara.

  1. Menyusui Secara Teratur 

Di awal kelahiran, si Kecil bisa menyusu hingga dua belas kali sehari, dengan durasi 20-30 menit setiap menyusu. Pastikan Anda tidak melewatkan jam menyusu, karena apabila tidak menyusui, ASI dapat tertahan di kelenjar payudara dalam jangka waktu lama dan menyebabkan payudara bengkak, bahkan infeksi.

Artikel lainnya: Payudara Bengkak Saat Menyusui? Ini Solusinya

Jika memang tidak bisa mengosongkan payudara dengan menyusui, Anda bisa memompa payudara dengan menggunakan alat pompa elektrik maupun manual. Namun jika payudara Anda bengkak dan kemerahan, sebaiknya lakukan pemerahan manual secara perlahan dibandingkan menggunakan pompa elektrik. 

  1. Perbaiki Cara dan Posisi Menyusui 

Saat menyusui, wajah bayi dihadapkan ke payudara ibu. Keluarkan dahulu beberapa tetes ASI untuk melembapkan areola payudara. Usap-usap bibir bayi dengan puting payudara untuk membuka mulutnya lebar-lebar. 

Setelah mulut bayi terbuka lebar, barulah areola payudara masuk ke dalam mulut bayi (areola diarahkan ke langit-langit atas mulut bayi).

  1. Hindari Memecahkan Lenting atau Blister 

Adanya lenting di puting payudara ibu menyusui umumnya disebabkan oleh sumbatan saluran ASI. Lenting ini menimbulkan nyeri seperti disayat saat sedang menyusui. 

Meski demikian, sebisa mungkin proses menyusui harus tetap dilakukan. Karena jika dihentikan, akan menyebabkan payudara bengkak dan berlanjut menjadi infeksi. Anda juga tidak boleh memecahkan lenting ini karena bisa memicu infeksi sekunder.

Artikel lainnya: Ini Dia Posisi Menyusui yang Baik dan Benar

  1. Oleskan ASI ke Puting Payudara 

Setelah selesai menyusui, oleskanlah ASI ke puting payudara. Jangan langsung mengenakan bra. Biarkan payudara terbuka dahulu selama 10-15 menit agar ASI mengering dan terserap dengan baik. 

ASI akan membantu mempercepat penyembuhan puting payudara yang lecet atau luka. Selain itu, ASI juga mengandung antibakteri alami. Oleh sebab itu, cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui yang satu ini patut dicoba. 

  1. Gunakan Krim Lanolin

Anda bisa menggunakan krim lanolin untuk mempercepat penyembuhan puting payudara lecet. Krim ini dapat diperoleh di apotek secara bebas, dan umumnya aman jika tertelan oleh bayi saat menyusu.

  1. Minum Obat Antinyeri

Sakit yang tak tertahankan bisa disiasati dengan minum obat antinyeri, seperti paracetamol. Obat paracetamol aman digunakan selama masa menyusui.

  1. Lakukan Pijatan Ringan 

Lakukan pijatan ringan pada payudara dengan menggunakan baby oil atau minyak khusus pijat payudara. Pijatan ringan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran ASI yang berada di kelenjar payudara. 

Anda bisa memijat dengan gerakan memutar dari dalam ke arah luar dengan menggunakan tiga jari. Lakukan pemijatan ini setidaknya 2-3 kali dalam sehari.

Artikel lainnya: Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur Secara Alami

  1. Bersihkan Puting Payudara

Bersihkan puting payudara Anda setidaknya dua kali dalam sehari. Anda tidak perlu menggunakan sabun mandi untuk membersihkannya. Cukup dibersihkan dengan air mengalir atau air hangat dan biarkan kering. 

Membersihkan puting dengan sabun justru akan membuat area ini menjadi lebih kering dan mudah iritasi. 

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui lainnya adalah dengan mengenakan pakaian yang nyaman. 

Hindari kaus dan pakaian dalam (BH) yang ketat karena dapat membuat payudara semakin tertekan. Pilihlah BH yang khusus untuk menyusui karena lebih sesuai dengan bentuk payudara ibu. 

  1. Pakai Breast Pad

Cobalah pakai breast pad sebagai pelindung puting payudara agar tidak mudah bergesekan dengan pakaian dalam secara langsung. Gesekan yang terjadi terus-menerus bisa membuat puting terluka. 

Selain itu, breast pad berfungsi untuk menyerap kelebihan ASI dan menjaga puting tetap kering. 

Artikel lainnya: Bangun Ikatan Emosional dengan Bayi Melalui ASI Eksklusif

  1. Konsultasi ke Dokter Anak atau Konselor Laktasi

Jika keluhan masih belum membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter anak atau konselor laktasi. Bawalah juga bayi Anda karena perlu dilakukan pemeriksaan untuk melihat adanya tongue-tie atau lip-tie. Jika ada kondisi ini, tentunya perlu dilakukan tindakan.

Begitu pula jika muncul selaput putih baik di puting maupun rongga mulut bayi, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan. Selaput putih ini biasanya menunjukkan infeksi jamur yang membutuhkan pengobatan antijamur.

Keluhan bengkak dan kemerahan pada payudara yang disertai demam, juga tak boleh disepelekan. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya infeksi payudara, yang harus diatasi dengan antibiotik. Semua jenis antibiotik hanya bisa diberikan dengan resep dan petunjuk dokter. 

Bila infeksi tak segera diatasi, dapat terjadi abses payudara (tertumpuknya nanah di payudara) yang membutuhkan tindakan pembedahan untuk mengatasinya.

Jadi, bila payudara terasa nyeri saat menyusui, janganlah panik! Anda perlu mengenali penyebabnya agar bisa melakukan penanganan yang sesuai. 

Bila keluhan payudara sakit masih belum membaik setelah diobati di rumah, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau konselor laktasi. Anda juga dapat berbicara dengan dokter kami melalui layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar