Sukses

Segudang Manfaat Jatuh Cinta untuk Kesehatan Anda

Jatuh cinta tak hanya membuat hati berbunga-bunga. Anda juga bisa merasakan banyak manfaat kesehatan sebagai efek positif jatuh cinta.

Merasakan cinta adalah hak setiap manusia. Itulah sebabnya, setiap orang bisa merasakan cinta di mana saja, kapan saja, dan pada siapa saja yang dianggap pantas.

Jatuh cinta adalah awal mula terbentuknya ikatan antara dua orang. Jika keduanya saling mendukung dan bersikap positif satu sama lain, manfaat jatuh cinta yang dirasakan bisa sangat signifikan.

Berbicara tentang manfaat jatuh cinta memang selalu menyenangkan. Tak hanya bikin hati berbunga-bunga, berikut ini adalah manfaat jatuh cinta menurut pandangan medis:

1 dari 4 halaman

1. Menurunkan Rasa Cemas

Manfaat jatuh cinta yang pertama adalah penurunan rasa cemas. Hal tersebut bisa terjadi karena jatuh cinta dapat mempengaruhi aktivitas di otak yang berhubungan zat dopamin. 

Dopamin merupakan senyawa yang tugasnya memicu perasaan senang dan bahagia, seperti saat sedang penghargaan. 

2. Meredakan Stres

Manfaat jatuh cinta dapat meredakan stres. Pasalnya, sensasi yang dirasakan saat jatuh cinta turut memicu fungsi hormon dopamin, vasopresin, serotonin, kortisol, dan testosteron.

Hal tersebut dapat menyebabkan perasaan bahagia di saat mengalami peristiwa-peristiwa baik, sekaligus meredakan stres pada kedua belah pihak.

3. Sistem Kekebalan Tubuh yangLebih Baik

Berkat penurunan kadar stres, cemas, dan risiko depresi, jatuh cinta dapat bantu mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Dengan adanya manfaat jatuh cinta yang satu ini, Anda akan terhindar dari risiko terkena penyakit infeksi seperti flu.

Artikel Lainnya: Cepat Cinta Apakah Benar Cepat Benci, Ini Kata Psikolog

2 dari 4 halaman

4. Mengoptimalkan Kesehatan Jantung

Orang yang menikah memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah dibandingkan yang tidak menikah atau telah bercerai. 

Hal ini diduga berkat kinerja saraf otonom yang lebih optimal saat seseorang sedang jatuh cinta.

Selain itu, jatuh cinta juga membuat saraf simpatis bekerja lebih optimal sehingga respons tubuh terhadap stres lebih minimal. Hal ini pada akhirnya dapat menurunkan frekuensi denyut nadi dan tekanan darah.

5. Mempercepat Perbaikan Jaringan Tubuh

Percintaan yang dilandasi perasaan positif dan saling mendukung satu sama lain dapat membantu mengoptimalkan fungsi tubuh untuk beregenerasi.

Oleh karena itu, luka yang terdapat di tubuh juga lebih cepat sembuh pada orang-orang yang sedang jatuh cinta dan memiliki hubungan yang baik.

6. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, jatuh cinta juga memiliki manfaat positif untuk kesehatan paru-paru. 

Seseorang yang menikah memiliki risiko 13 persen lebih rendah untuk mengalami infeksi paru, seperti pneumonia

7. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat jatuh cinta selanjutnya adalah menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini bisa didapat berkat hubungan baik yang terjadi di antara kedua belah pihak.

Nyatanya, seseorang yang memiliki relasi positif dengan orang di sekitarnya dapat memiliki manfaat positif serupa dengan orang yang telah menikah. 

Artikel Lainnya: Mengapa Jatuh Cinta Bikin Kita Jadi Bodoh? Ini Kata Peneliti!

3 dari 4 halaman

8. Membantu Meredakan Rasa Sakit

Jatuh cinta ternyata dapat mengontrol rasa sakit. Hal ini didukung dengan hasil pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) otak.

Disebutkan, seseorang yang menikah memiliki risiko lebih rendah mengalami sakit kepala dan sakit punggung. Manfaat jatuh cinta yang satu ini bisa dirasakan karena otak dapat mengontrol rasa nyeri.

Itulah deretan manfaat jatuh cinta untuk kesehatan. Tertarik merasakan manfaat-manfaat tersebut? 

Jatuh cintalah pada orang yang tepat. Jalani hari dengan saling mendukung satu sama lain, agar tercipta hubungan yang positif.

Masih penasaran dengan manfaat jatuh cinta bagi kesehatan? Silakan ajukan pertanyaan pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar